Inflasi November 2023 Terkendali di Angka 0,38 Persen

Inflasi November 2023 Terkendali di Angka 0,38 Persen
info gambar utama

Pada bulan November 2023, tingkat inflasi tetap terjaga dalam kisaran sasaran 3,0±1%. Menurut data Badan Pusat Statistik, inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) mencapai 0,38% (mtm), dengan tingkat inflasi tahunan sebesar 2,86% (yoy).

Mengacu dari angka tersebut ini, Bank Indonesia memprediksi inflasi akan tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3,0±1% pada tahun 2023 dan 2,5%±1% pada tahun 2024.

Selanjutnya, terjadi peningkatan inflasi pada kelompok volatile food yang mencatatkan inflasi sebesar 1,72% (mtm) pada November 2023, mengalami kenaikan dari tingkat inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 0,21% (mtm). Peningkatan inflasi pada kelompok volatile food ini terutama disumbang oleh kenaikan harga komoditas seperti aneka cabai, bawang merah, dan beras.

Pekan Ini, Modal Asing Masuk Indonesia Sebesar Rp15,92 Triliun

Peningkatan inflasi lebih lanjut dapat ditekan oleh adanya deflasi pada daging ayam ras dan berbagai jenis ikan. Dalam periode tahunan, kelompok volatile food mengalami inflasi sebesar 7,59% (yoy), mengalami peningkatan dari tingkat inflasi bulan sebelumnya yang mencapai 5,54% (yoy).

Sementara itu, tercatat penurunan inflasi pada kelompok administered prices. Pada November 2023, kelompok administered prices mengalami inflasi sebesar 0,08% (mtm), menurun dari tingkat inflasi pada bulan sebelumnya yang mencapai 0,46% (mtm).

Perkembangan ini dipengaruhi oleh adanya deflasi pada bensin, yang merupakan hasil dari penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi.

Dalam periode tahunan, inflasi pada kelompok administered prices mencapai 2,07% (yoy), mengalami penurunan dari tingkat inflasi pada bulan sebelumnya yang mencapai 2,12% (yoy).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, menyatakan stabilitas inflasi yang terjaga tidak terlepas dari sinergi berbagai pihak dan konsistensi kebijakan moneter.

“Ini merupakan hasil dari konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah (Pusat dan Daerah) dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) melalui penguatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah,” ujarnya dikutip dari keterangan tertulis.

Jadi Uang Terbaik di Dunia, Rupiah Mustahil Bisa Dipalsukan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini