Perayaan Natal Nasional 2023 Libatkan 30 Ribu Umat Kristiani, Meriah dan "Memorable"

Perayaan Natal Nasional 2023 Libatkan 30 Ribu Umat Kristiani, Meriah dan "Memorable"
info gambar utama

Kementerian Agama (Kemenag) RI berencana melibatkan 30 ribu umat kristiani dalam Perayaan Natal Nasional yang akan digelar pada 27 Desember 2023 di Surabaya, Jawa Timur. Perayaan hari besar ini diharapkan menjadi momen yang bisa diingat sepanjang masa.

Dalam rapat koordinasi persiapan Natal Nasional 2023 (1/12), Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berharap agar Natal Nasional tahun ini berjalan dengan baik dan dapat dikenang oleh bangsa Indonesia secara umum, bukan hanya oleh umat Kristiani.

Bersamaan dengan itu, Menag Yaqut menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi sebagai Ketua Umum Perayaan Natal Nasional 2023 berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) yang telah diterbitkan sebelumnya.

Perdamaian di tahun politik

Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Kantor Waligereja Indonesia (KWI) telah menetapkan tema Natal Nasional 2023, yaitu “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi (Lukas 2:14)” dengan harapan memantik semangat perdamain di tengah tahun politik.

Menag Yaqut juga mendorong keterlibatan seluruh umat beragama dalam perayaan natal nasional tahun ini. Misalnya, organisasi masyarakat seperti Banser atau Kodam dapat terlibat dalam pengamanan prosesi perayaan natal selain dari aparat keamanan.

“Ini menarik untuk bisa kita tunjukkan kepada publik dan dunia bahwa umat Kristiani di Indonesia ini sangat terbuka bagi perbedaan, latar belakang, dan kebhinekaan yang sudah menjadi takdir bagi Indonesia,” kata Menag.

Lebaran dan Natal di Indonesia Pernah Beriringan 2 Kali, Kapan Saja?

Tunjukkan pluralitas dan kebhinekaan

Sejalan dengan Menag, Menkominfo Budi Arie Setiadi juga berharap agar perayaan Natal Nasional 2023 menjadi momentum untuk dapat menunjukkan pluralitas dan kebhinekaan Indonesia. Pihaknya akan terus berkoordinasi agar penyelenggaraan natal berlangsung meriah dan memorable.

“Kita berharap, perayaan Natal Nasional bisa memorable, dapat memberikan warna dan pesan bahwa Indonesia begitu pluralis, begitu bhineka sesuai dengan takdir Indonesia.” kata Menkominfo Budi.

Sebagai informasi, kata “natal” berasal dari bahasa Portugis yang berarti kelahiran. Setiap tanggal 25 Desember, Umat Kristen akan memperingati hari ini sebagai hari kelahiran Yesus Kristus. Keberadaan pohon Natal beserta pernak-perniknya merupakan ikon Natal yang berasal dari kebudayaan Eropa.

Tiket Kereta Natal dan Tahun Baru 2024 Bisa Dibeli dari Sekarang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini