Cara Memainkan Angklung dan Bagaimana Cara Angklung Menghasilkan Bunyi

Cara Memainkan Angklung dan Bagaimana Cara Angklung Menghasilkan Bunyi
info gambar utama

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang masih eksis saat ini. Bahkan, sudah ada perayaan khusus untuk alat musik ini yang lazim diperingati setiap tanggal 16 November. Angklung pun juga sudah masuk ke dalam Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO.

Tidak ada sumber pasti kapan angklung pertama kali dimainkan. Namun, beberapa ahli berspekulasi bahwa angklung sudah ada jauh sebelum ajaran Hindu masuk ke Indonesia. Sumber lain juga menyatakan bahwa angklung sudah ada sejak masa Kerajaan Sunda berdiri (sekitar abad ke-12 sampai abad ke-16).

Cara Memainkan Angklung

Berbagai cara dalam memainkan alat musik angklung
info gambar

Angklung harus dimainkan oleh banyak orang supaya bisa menghasilkan nada yang harmonis. Cara memainkan angklung sendiri bisa dilakukan dalam berbagai teknik. Setidaknya ada 3 teknik yang dipakai sebagai cara memainkan angklung, yaitu:

  • Teknik Cetok/Sentak. Teknik ini dilakukan dengan cara menarik tabung dasar angklung secara cepat menggunakan jari. Teknik ini akan membuat angklung mengeluarkan bunyi yang terdengar satu kali saja.
  • Teknik Getar/Kurulung. Ini merupakan teknik yang sering dilakukan oleh para pemula. Untuk melakukannya, Kawan memegang angklung dengan satu tangan, sedangkan tangan lainnya digunakan untuk menggetarkan angklung sampai angklungnya mengeluarkan bunyi.
  • Teknik Tangkep. Teknik ini kurang lebih sama dengan Teknik Getar/Kurulung. Bedanya, Kawan harus menahan salah satu tabung bambu pada angklung dengan salah satu tangan Kawan. Hal itu dilakukan supaya tabung bambu yang ditahan tidak ikut bergetar.
Baca juga :Asal Daerah Angklung dan Sejarahnya

Bagaimana Cara Angklung Menghasilkan Bunyi?

Bagaimana Cara Angklung Menghasilkan Bunyi?
info gambar

Sederhananya, cara supaya Kawan bisa membuat angklung menghasilkan bunyi adalah dengan menggoyangkan angklung itu sendiri. Saat digoyangkan, pipa bambu pada badan angklung akan mengalami benturan sehingga menimbulkan bunyi yang bergetar dalam susunan 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran angklung. Baik angklung berukuran besar maupun kecil.

Untuk bisa melakukannya, Kawan harus melakukan sejumlah persiapan, yaitu:

  • Atur Posisi Angklung

Pemosisian angklung harus diperhatikan jika Kawan ingin angklung bisa menghasilkan bunyi. Posisikan angklung tegak lurus dengan tabung bambu angklung paling tinggi di sebelah kanan Kawan, sedangkan tabung yang kecil diletakkan di sebelah kiri.

  • Atur Posisi Tangan Kawan

Tangan memegang peranan penting dalam membantu angklung menghasilkan bunyi. Pastikan posisi tangan Kawan dalam memegang angklung sudah tepat.

Adapun posisi tersebut adalah dengan menggunakan tangan kiri untuk memegang simpul atas pada angklung. Sedangkan tangan kanan Kawan harus digunakan untuk memegang bagian bawah angklung. Usahakan kedua tangan Kawan tetap lurus selama memegang bagian-bagian angklung itu.

  • Getarkan Angklung

Persiapan inilah yang menjadi pemicu munculnya bunyi pada angklung. Supaya getaran yang Kawan hasilkan menimbulkan bunyi, Kawan harus menggetarkan angklungnya hanya dengan tangan kanan saja. Adapun tangan kiri bertugas untuk memegang angklung.

Kawan tidak harus menggunakan seluruh bagian tangan kanan Kawan untuk menggetarkan angklung. Kawan cukup menggunakan pergelangan tangan kanan saja, lalu getarkan angklungnya secara cepat sampai angklung menghasilkan bunyi.

Baca juga :Prosedur Membuat Angklung

Ansambel, Cara Menghasilkan Bunyi Angklung yang Lebih Kaya

Ansambel, cara angklung menghasilkan bunyi yang lebih kaya
info gambar

Supaya bunyi angklung semakin kaya, angklung sebaiknya dimainkan bersama alat musik lain dalam format ansambel. Adapun beberapa contoh ansambel itu adalah:

  • Klasik Padaeng. Ansambel yang diperkenalkan oleh Daeng Soetigna ini terdiri atas angklung melodi, angklung akompanimen, dan bas betot.
  • Arumba. Ansambel ini cukup megah karena alat musik yang digunakan cukup banyak. Alat-alat musik itu adalah satu unit angklung melodi yang digantung sehingga bisa dimainkan oleh hanya satu orang saja; satu unit bas jejer yang dijejer supaya bisa dimainkan satu orang; gambang bambu melodi; gambang bambu pendamping; dan gendang.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Angklung/

https://www.renon.denpasarkota.go.id/public/uploads/download/download_223011011136_manual-book-inovasi-sitiying-cara-bermain-angklung.pdf

https://www.gramedia.com/literasi/alat-musik-angklung/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini