Jamu Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda dalam Sidang UNESCO

Jamu Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda dalam Sidang UNESCO
info gambar utama

Budaya Sehat Jamu resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) dunia dari Indonesia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Keputusan itu diumumkan dalam sesi ke-18 Sidang Komite Antarpemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda atau disingkat 18.COM di Botswana, Rabu (6/12/2023) pukul 09.30 pagi waktu setempat.

Penetapan jamu sebagai WBTB berjalan lancar tanpa bantahan atau tanggapan apapun dari komite ataupun delegasi negara lain yang hadir. Melalui sidang tersebut, jamu terdaftar dengan nama Jamu Wellness Culture.

“Ada permintaan lain? Saya lihat tidak ada. Baik, rancangan keputusan 18.COM 8.B.3.3. diterima. Selamat Indonesia,” kata Mustaq Moorad, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Prancis sekaligus Ketua Delegasi Tetap 18.COM.

Mengunjungi Jamu Ginggang, Sentra Jamu Legendaris di Kota Yogyakarta

Dalam sidang tersebut, video kelompok pedagang jamu Desa Wonolopo di Semarang, Jawa Tengah, ditampilkan sebagai representasi komunitas jamu di Indonesia.

“Jamu mewakili hubungan yang bermakna dan harmonis antara manusia dan alam. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami seperti biji, bunga, dan buah, yang tumbuh di sekitar kita,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Makarim secara virtual.

Nadiem meyakini bahwa penetapan jamu sebagai WBTB akan memperkuat upaya Indonesia untuk melindungi sekaligus mengembangkan jamu sebagai warisan alam juga budaya, serta berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan global.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Penilai Gulnara Aitpaeva menyampaikan, proses nominasi jamu memperlihatkan keterlibatan masyarakat yang kuat. Hal itu ditunjukkan melalui data kualitatif dan kuantitatif yang tercantum dalam berkas nominasi. Selain itu, elemen yang terkandung dalam jamu juga meningkatkan kesadaran tentang hubungan antara warisan budaya takbenda dengan kesehatan. Jamu, kata dia, telah berperan dalam melawan pandemi Covid-19.

Jamu Herbal, Kekayaan Alam Indonesia yang Bikin Arab Saudi Tertarik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini