Besok Ada Balap Mobil Porsche di Mandalika, Masyarakat Bisa Nonton Gratis

Besok Ada Balap Mobil Porsche di Mandalika, Masyarakat Bisa Nonton Gratis
info gambar utama

Ajang balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 bakal digelar di Pertamina Mandalika International Circuit mulai besok, 8—10 Desember. Masyarakat bisa menyaksikan pertandingan ini secara gratis di Grandstand A.

Di samping itu, untuk mendapatkan pengalaman yang lebih eksklusif, pengunjung bisa menonton balapan di paddock—area kerja mekanik tim balap dan administrasi sirkuit—yang sangat dekat dengan jalur balap. Namun, akses ke paddock dikenakan tarif mulai dari Rp300.000 dan sudah termasuk pajak.

Ajang balap mobil pertama di Indonesia ini terlaksana berkat kerja sama Mandalika Grand Prix Assosiation (MGPA) dengan Superstars Motor Sport dan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Kendaraan yang siap mengaspal dalam laga kali ini berjenis Porsche 911 GT3 Cup.

Menurut Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono, Porsche Sprint Challenge Indonesia menjadi starting point untuk mengembangkan event and atraction ajang balap roda empat di Mandalika. Dia optimis, semakin banyak event yang dilaksanakan, akan menambah nilai jual kawasan di mata calon investor dan wisatawan.

“Ajang ini merupakan salah satu upaya kami sebagai traffic puller agar pariwisata di KEK Mandalika terus berkembang,” ungkap Maya saat konferensi pers di Kantor InJourney, Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023).

7 Investor Baru Siap Garap KEK Mandalika, Kucurkan Dana Rp1,5 Triliun

Pendapat serupa diungkapkan juga oleh Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Warokka. Dia menyatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk menjadikan The Mandalika sebagai event bertaraf internasional yang unggul. Kehadiran Porsche Sprint Challenge Indonesia disebutnya sebagai langkah konkret menuju visi tersebut.

“Kami yakin dengan adanya event-event prestiseseperti Porsche Sprint Challenge ini tak hanya akan memperkuat posisi sirkuit kami sebagai destinasi sport tourism yang menarik, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi dan masyarakat lokal di sekitarnya,” papar Troy.

Lisensi dan hak operasi Porsche Sprint Challenge Indonesia dipegang oleh Supersport Motorsport, perusahaan motor sport yang berbasis di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selama musim 2023, balapan ini akan digelar sebanyak tiga kali di Pertamina Mandalika International Circuit dengan jadwal antara lain: 8—10 Desember 2023, 12—14 Januari 2024, dan 26—28 Januari 2024.

Setiap putaran balap terdiri dari Sprint Race dengan durasi 30 menit dan Endurance Race selama 45 menit. Sebanyak 10 mobil balap Porsche 911 GT3 Cup siap berlaga pada musim perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Hitungan Sementara: Perputaran Uang MotoGP Mandalika 2023 Capai Rp914 Miliar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini