Indonesia Punya Badarawuhi, Arab Punya Ular Falak

Indonesia Punya Badarawuhi, Arab Punya Ular Falak
info gambar utama

Indonesia dan Arab sama-sama punya makhluk mitologi berwujud ular, di antaranya adalah Badarawuhi dan Ular Falak.

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Pepatah itu menggambarkan bagaimana dua tempat bisa punya budaya yang berbeda, termasuk dalam hal mitos.

Indonesia dan Arab pun demikian. Soal mitos, keduanya ternyata sama-sama mengenal makhluk mitologi berupa ular kendati wujud dan cerita yang menyertainya tentu berbeda.

Mengenal Ular Endemik Bromo yang Kembali Ditemukan Pasca Hilang 40 Tahun

Antara Badarawuhi dan Ular Falak

Di berbagai tempat di Indonesia, terdapat kisah mengenai siluman ular atau ular penunggu suatu tempat. Salah satu yang paling terkenal adalah Badarawuhi.

Badarawauhi adalah siluman ular yang mitosnya dikenal oleh masyarakat Jawa. Badaruwuhi digambarkan sebagai sesosok penari bertubuh ular dengan ciri khas adanya selendang di tubuhnya. Siluman ini hidup untuk menyenangkan para makhluk halus yang menjaga hutan di salah satu wilayah di Jawa Timur.

Sosok Badarawuhi menjadi dikenal luas saat cerita KKN di Desa Penari viral sejak tahun 2019. Kisah horor yang kemudian diangkat ke layar lebar itu berisi pengalaman sejumlah mahasiswa saat melakoni kuliah kerja nyata (KKN).

Selain Badarawuhi, contoh makhluk mitologi berwujud ular lainnya yang juga terkenal di Indonesia adalah Nyi Blorong. Konon, ia adalah perempuan cantik bertubuh ular yang sekaligus merupakan panglima terkuat sang penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul.

Sementara itu, Ular Falak adalah makhluk mitologi dari Arab yang tak bisa dilepaskan dari kisah Behemoth atau Bahamut. Adapun Bahamut sendiri juga berwujud hewan, tepatnya ikan berkepala kerbau yang berukuran raksasa.

Dyah Agustine dalam Mythical Creatures of Asia mencatat bahwa konon Bahamut bertugas menopang bumi. Di bawah tubuhnya, terdapat lautan kosmik, lalu di bawahnya lagi ada tempat bersemayamnya Ular Falak.

Ada pula yang menyebut tempat di mana Ular Falak berada adalah neraka terdalam. Di sana, Ular Falak berdiam dan baru akan menampakkan diri pada hari kiamat untuk memangsa orang-orang yang berdosa.

Ular Falak digambarkan sebagai makhluk yang kekuatannya sangat dahsyat, juga mampu menelan seisi alam semesta. Bahkan saking dahsyatnya, hanya Tuhan yang mampu mengalahkannya.

Dari mana Ular Falak berasal? Menurut Middle East Eye, gambaran mengenai makhluk tersebut kemungkinan terinspirasi dari ular piton magma asal Afrika. Ular tersebut memiliki tubuh yang berwarna merah gelap seperti bara yang menyala-nyala. Ular piton magma kerap bersembunyi dengan mengubur tubuhnya di dalam tanah dan baru keluar saat menangkap mangsanya.

Legenda Amuk Ular Naga dalam Fenomena Semburan Kawah Oro Oro Kesongo Blora

Referensi:

  • Agustine, D. (2016). Mythical Creatures of Asia. Cypress Ruby.
  • Bane, T. (2016). Encyclopedia of Beast and Monster in Myth, Legend, and Folklore. McFarland & Company.
  • https://www.middleeasteye.net/discover/middle-east-mythical-beasts-where-find-them



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini