Indonesia Tourism Fund Segera Diluncurkan untuk Gelaran Event Berkelas Dunia

Indonesia Tourism Fund Segera Diluncurkan untuk Gelaran Event Berkelas Dunia
info gambar utama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan mandat kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk membuat Indonesia Tourism Fund (ITF) tahun 2024 mendatang.

Indonesian Tourism Fund tidak akan menjadi lembaga baru, melainkan berada di bawah Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Pemerintah menargetkan pada 2024 dana yang dihimpun bisa mencapai Rp 2 triliun.

Nantinya dana yang dihimpun akan mendukung penyelenggaraan berbagai acara, baik nasional maupun internasional. Kemenparekraf dalam hal ini akan menyusun calendar of event guna memetakan acara-acara tertentu yang bisa didukung Indonesia Tourism Fund.

Branding Indonesia di dunia

Dikutip dari setkab.go.id, Sabtu (9/12/2023), Menparekraf Sandiaga menjelaskan bahwa dana ITF juga akan dialokasikan untuk mendukung event promosi pariwisata sekaligus nation branding atau peningkatan citra Indonesia di mata dunia.

“Secara hati-hati akan dipilih event-event berkualitas dunia yang akan meningkatkan perekonomian lokal maupun nasional sehingga pemerintah memberikan daya saing yang meningkat dari segi bidding untuk beberapa event besar,” kata Sandiaga.

Pihaknya mencontohkan gelaran MotoGP pada Oktober 2023 sebagai acara yang berhasil meningkatkan perekonomian di atas Rp 8 triliun. Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi tempat pelaksanaan, dinilai menyumbang pergerakan bisnis terbesar di bulan tersebut.

Bank Dunia Janji beri RI Cuan Rp465 Miliar untuk Pariwisata

Rp 2 T untuk promosi pariwisata

Sementara itu, Menteri Ad Interim Kemaritiman dan Investasi (Marves) Erick Thohir mengungkapkan pada tahun pertama, dana sebesar Rp 2 triliun yang dikelola oleh ITF akan ditujukan untuk promosi pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Adapun kelima destinasi pariwisata super prioritas tersebut, di antaranya Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. Pengelolaan dana Indonesia Tourism Fund ini juga akan dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan.

Dengan kata lain, pemerintah akan mengucurkan dana untuk ITF pada awal pembentukannya. Industri maupun wisatawan tidak akan dibebankan biaya apapun mengingat kontribusi sektor pariwisata yang begitu besar untuk negara.

MICE The Golo Mori Diresmikan, Jadi Magnet Baru Pariwisata Indonesia Timur

Referensi:

CNBC Indonesia. Jokowi Mau Buat Lembaga Baru, Kelola Triliunan Dukung Wisata. https://www.cnbcindonesia.com/news/20231204124658-4-494354/jokowi-mau-buat-lembaga-baru-kelola-triliunan-dukung-wisata.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini