Bank Dunia Janji Beri RI Cuan Rp465 Miliar untuk Pariwisata

Bank Dunia Janji Beri RI Cuan Rp465 Miliar untuk Pariwisata
info gambar utama

Bank Dunia dikabarkan sepakat untuk mengucurkan dana 30 juta dolar AS atau sekitar Rp465 miliar sebagai upaya mendukung kelanjutan program Kampanye Sadar Wisata (KSW) yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dilansir dari Antara, Senin (27/11), Kemenparekraf juga akan menyiapkan dana pendukung untuk kelanjutan program KSW hingga 2024 mendatang. Sejauh ini, Kemenparekraf masih memperhitungkan anggaran untuk program tersebut.

Adapun penggunaan dana yang terkumpul itu nantinya akan dialokasikan untuk mendukung desa-desa wisata yang membutuhkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan penguatan kelembagaan di tengah masyarakat.

Diimbangi tata kelola

Kemenparekraf juga akan memastikan penggunaan dana tersebut turut diimbangi dengan tata kelola yang baik. Pihaknya terus mematangkan perencanaan program KSW agar dapat terlaksana dengan baik, tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

“Akan kami pastikan agar semuanya dengan tata kelola yang baik dan melibatkan semua pihak. Bukan hanya perencanaan, tapi juga penggunaan dan audit agar dana ini bisa secara akuntabel digunakan untuk kesejahteraan rakyat secara total,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Lampaui Target, Nilai Devisa Pariwisata RI Capai 6 Miliar Dolar AS

Penghargaan desa wisata

Pada program Kampanye Sadar Wisata 5.0, Kemenparekraf memberikan penghargaan kepala desa atau kampung wisata terbaik. Hal ini bertujuan untuk melecut semangat kepala desa wisata agar meningkatkan kinerja mereka.

Penghargaan ini terdiri dari lima kategori dengan total 19 pemenang. Pemerintah berharap agar penghargaan ini dapat memotivasi desa untuk mengembangkan dan mempromosikan produk-produk wisata andalannya.

“Jadi ini langkah konkret yang pemerintah bisa lakukan. Mudah-mudahan ini akan membuka peluang usaha, penciptaan lapangan kerja, dan memperkuat perekonomian kita,” ujar Sandiaga.

Indonesia Gandeng Jepang Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan

Referensi:

Antara. Sandiaga Sebut Bank Dunia Beri Rp465 Miliar untuk KSW 2024. https://www.antaranews.com/berita/3842268/sandiaga-sebut-bank-dunia-setuju-beri-rp465-miliar-untuk-ksw-2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini