Daun Kelor: Tumbuhan Herbal Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Melawan Kanker

Daun Kelor: Tumbuhan Herbal Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Melawan Kanker
info gambar utama

Dalam bahasa latin kelor juga dikenal dengan sebutan Moringa oleifera, merupakan tanaman tropis yang dapat dengan mudah dikenali melalui ukuran kecil dari daunnya. Selain itu, pohon kelor juga dapat tumbuh dengan mudah di tanah yang kurang subur. Sejak lama, kelor telah dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional, penggunaan dalam jamu, dan juga dalam upacara yang memiliki unsur mistis.

Faktanya, daun kelor memiliki banyak zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pohon kelor dinobatkan sebagai pohon ajaib oleh organisasi WHO karena keberadaan daun kelor yang memiliki manfaat yang signifikan.

Terdapat lebih dari 1.300 riset, tulisan, dan dokumen yang telah menguraikan tentang manfaat dan kemampuan penyembuhan penyakit yang signifikan dari tumbuhan kelor. Hal ini sangat penting dalam menghadapi wabah penyakit dan tantangan kekurangan gizi.

Melancarkan Produksi ASI

Daun kelor memiliki manfaat yang baik bagi ibu yang sedang menyusui. Tersedia senyawa dalam ekstrak daun kelor yang terbukti dapat meningkatkan produksi air susu ibu. Maka, jika produksi ASI sedikit, ibu yang menyusui dapat menggunakan herbal ini sebagai alternatif.

Menurut hasil sebuah studi klinis, konsumsi daun kelor pada ibu menyusui dinilai aman bagi bayi yang disusui. Namun, studi ini masih dalam skala kecil, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kemampuan untuk mengatur tingkat glukosa dalam darah serta meningkatkan produksi dan fungsi insulin. Keuntungan dari daun kelor ini bermanfaat dalam pencegahan diabetes dan juga resistensi insulin, yakni kondisi di mana sel-sel tubuh menjadi kurang efektif dalam menyerap glukosa dalam darah.

Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan adalah senyawa kimia yang melawan radikal bebas di dalam tubuh. Stres oksidatif dapat terjadi akibat tingginya kadar radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Sejumlah senyawa antioksidan tumbuhan telah menemukan di daun Moringa oleifera, juga dikenal sebagai kelor.

Selain vitamin C dan beta-karoten, daun kelor memiliki kandungan Quercetin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat daun kelor untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif dipengaruhi oleh aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Ini juga telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang menguntungkan.

Kandungan vitamin E dan C yang tinggi melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, meningkatkan kinerja otak. Hal ini juga dapat mengembalikan keseimbangan neurotransmitter seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin di dalam otak, yang memiliki peran penting dalam mengatur memori, suasana hati, fungsi organ, serta respons terhadap situasi yang menimbulkan stres maupun kenikmatan. Selain itu, hal ini juga berkontribusi pada kesehatan mental, seperti dalam kasus depresi dan psikosis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak daun kelor juga bisa digunakan untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh dan tekanan darah. Kedua manfaat daun kelor ini tentunya baik untuk kesehatan dan fungsi jantung.

Khasiat daun kelor bagi kesehatan jantung juga datang dari zat anti-radang dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Zat-zat tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko oksidasi, yang merupakan penyebab utama gangguan pada jantung. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sejauh mana daun kelor efektif dalam mencegah gangguan pada jantung.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat mengagumkan lain dari daun kelor adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan kulit. Di masa kini, semakin banyak produk perawatan wajah dan kulit yang menggunakan tanaman herbal sebagai bahan utama. Misalnya, losion, pelembab, sabun badan, masker wajah, dan sabun cuci muka.

Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa daun kelor mengandung asam oleat yang memiliki kemampuan melembabkan kulit. Tidak hanya itu, ekstrak daun kelor juga memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ekstrak daun kelor diduga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Keuntungan dari daun kelor tersebut terkait dengan kehadiran senyawa antioksidan di dalamnya yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Itulah berbagai manfaat daun kelor yang sudah lama dikenal baik untuk kesehatan. Meski begitu, sebagian besar khasiatnya masih perlu diteliti lebih lanjut agar efektivitasnya pada manusia dapat dipastikan.

Sumber:

  • https://www.halodoc.com/artikel/13-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan
  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/837/mengenal-berbagai-manfaat-kelor
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-daun-kelor/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini