Bromo Masuk 3 Besar Taman Nasional Terindah di Dunia

Bromo Masuk 3 Besar Taman Nasional Terindah di Dunia
info gambar utama

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dinobatkan sebagai Taman Nasional Terindah nomor tiga di Dunia tahun 2023. Predikat itu diberikan oleh Bounce—platform layanan penyimpanan bagasi asal San Fransisco, Amerika Serikat—dalam artikel berjudul “The world’s most beautiful national parks” yang dirilis pada 14 November lalu.

Bromo Tengger Semeru menduduki kelompok 3 besar bersama TN Kurger dari Afrika Selatan, dan ençóis Maranhenses di Brazil yang menempati posisi teratas.

"Alhamdulillah, Selain Kawah Ijen yang Juni 2023 lalu ditetapkan sebagai Unesco Global Park, Jawa Timur juga punya Bromo yang keindahannya diakui dunia," ucap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (2/12/2023).

Mengenal Ular Endemik Bromo yang Kembali Ditemukan Pasca Hilang 40 Tahun

Tim Bounce melakukan penilaian dengan mengamati jumlah unggahan Instagram, penayangan TikTok, ulasan online, dan penelusuran Google sepanjang Oktober 2022—September 2023. Dalam artikel tersebut, Bounce memberi nilai keindahan Bromo sebesar 7,89 dari 10.

TNBRS yang dianggap sebagai rumah bagi gunung berapi aktif memperoleh poin tinggi di media sosial. Taman ini menempati posisi teratas di TikTok dengan 1 miliar penayangan dan posisi kedua untuk unggahan Instagram. Menurut hasil survei tim Bounce, Bromo telah diunggah sebanyak 934.532 kali.

Bounce menilai TNBRS banyak dilihat di TikTok berkat lanskapnya yang beragam. Itu termasuk air terjun, kawah, dan lautan pasir. Taman ini memiliki banyak pura, sehingga memberikan wisatawan banyak kesempatan untuk menikmati sejarah budaya di daerah tersebut.

Menurut Khofifah, TNBTS menyajikan pemandangan unik. Setiap sudutnya begitu memesona dan mampu membius siapa saja yang berkunjung. Dia pun menjelaskan, di sana terdapat banyak gunung yang indah, di antaranya: Gunung Bromo, Batok, Watangan, Widodaren, dan Kursi.

Kasodo, Mendengar Bisikan Bromo Kala Menyepi dari Hingar Dunia

Tak hanya itu, kecantikan TNBTS kian berseri karena dihiasi hamparan sabana, lautan pasir, serta bukit-bukit yang membentuk dinding Kaldera Tengger. Di sisi selatan, ada Gunung Semeru dengan puncak Mahameru.

"Selain keindahan alam, kawasan Bromo yang didiami Suku Tengger juga menjanjikan wisata budaya yang tidak kalah menariknya. Di sana ada berbagai kearifan lokal budaya yang unik dan masih menjaga tradisi leluhur," ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Kemudian, Bounce mencatat Bromo Tengger Semeru termasuk yang paling banyak diulas dan menempati posisi kedua dengan skor rata-rata 4,8 dari 5. Namun, Bounce menyebut taman nasional ini tidak begitu unggul dalam pencarian di Google. Ia berada di luar 10 besar dengan 63.500 pencarian saja untuk "Bromo Tengger Semeru" selama 12 bulan terakhir.

"Yang belum pernah ke Bromo, ayo datang dan nikmati kepingan surga ini. Seumur hidup paling tidak harus pernah datang ke Bromo," tutup Khofifah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini