Mari Menjelajahi Implikasi dari Kemajuan Teknologi dan Komunikasi Di Indonesia!

Mari Menjelajahi Implikasi dari Kemajuan Teknologi dan Komunikasi Di Indonesia!
info gambar utama

Perkembangan TIK di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi pemakaian smartphone maupun internet. Perkembangan TIK sendiri memiliki dampak negatif dan positif tergantung dengan penggunanya itu sendiri. Kurangnya kemampuan dalam literasi digital membuat masyarakat kesulitan dalam memilah konten-konten positif di era digital ini, di mana banyak informasi negatif atau tidak akurat tersebar luas di dunia maya.

Pada era ini e-commerce menjadi salah satu bukti dari berkembangnya TIK di Indonesia. E-commerce merupakan platform untuk berbelanja online. Platform tersebut memudahkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan tanpa harus keluar mencari barang di toko offline dan memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli secara online atau daring.

Kita juga harus berhati hati dalam penggunaan platform e-commerce ini dikarenakan tidak sedikit juga penjual yang berniat jahat untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menipu para pembelinya.

Perkembangan teknologi juga sangat bermanfaat dalam konteks pendidikan. Para pelajar sudah bisa mendapatkan informasi pembelajaran secara online dari internet atau platform–platform tertentu. Teknologi memungkinkan para pelajar untuk mengalami pembelajaran secara tidak langsung, memberikan pengalaman baru bagi mereka.

Dengan mengintegrasikan teknologi dalam tugas mereka, siswa dapat merasakan proses belajar yang lebih maju dan inovatif, sebuah pengalaman yang mungkin belum mereka alami beberapa tahun yang lalu.

Revolusi perkembangan teknologi di Indonesia

Sejarah TIK di Indonesia mulai dari kehadiran Radio pada tahun 1925. Kehadiran Radio menghadirkan banyak stasiun radio yang menyiarkan informasi di Indonesia. Setelah Radio, 40 tahun kemudian hadirlah televisi sebagai teknologi digital ke-2 sebagai alat untuk menyiarkan informasi di Indonesia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Onno W. Purbo dalam bukunya mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi, perkembangan jaringan di Indonesia diawali sekitar tahun 1990-an. Pada saat itu, jaringan lebih dikenal sebagai Paguyuban Network.

Era digital yang dimulai menjelang akhir abad ke-20 menghadirkan perubahan besar dalam teknologi dengan munculnya internet sebagai revolusi utama termasuk smartphone dan kecerdasan buatan lainnya. Perkembangan teknologi digital tersebut telah mengubah kehidupan kita dimasa kini.

Di era 2000-an, internet mulai mengalami pertumbuhan sebagai platform jejaring sosial. Pada era tersebut Mark Zuckerberg mulai membangun Facebook. Tujuan awal ia menciptakan platform tersebut adalah untuk menguhubungkan seluruh mahasiswa di Harvard University. Seiring berjalannya waktu, internet makin berkembang. Lalu tumbuhlah banyak media sosial lain seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya.

Pengaruh dari Kemajuan Teknologi dan Komunikasi Di Indonesia

Dampak negatif

  • Terjadinya Intoleransi di Indonesia

Intoleransi muncul ketika seseorang memandang perbedaan sebagai sesuatu yang asing dan dianggap sebagai hal yang tidak biasa, hal tersebut dapat mengikis kesatuan atau dapat menciptakan kerusuhan antarperbedaan tersebut. Makna dari toleran-intoleran adalah suatu ‘perbuatan’, bukan sekadar pemikiran atau suatu peraturan.

  • Perilaku Antisosial

Sifat antisosial sebenarnya merujuk pada seseorang yang lebih mengutakamakan kesendirian, tetapi cenderung mengabaikan hak-hak individu lainnya. Dengan terus berkembangnya teknologi di indonesia yang makin memudahkan orang untuk mengerjakan sesuatu dapat membuat orang menjadi mengalami ‘gangguan kepribadian antisosial’. Sebab, mereka lebih memilih untuk sendirian dengan teknologi yang ada daripada berinteraksi dengan orang lain.

  • Kriminalitas

Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia dapat menimbulkan kejahatan yang dimulai dengan ‘kecerdasan buatan’. Semakin mudahnya tindak kejahatan dalam melakukan tindakan kriminalitas, di mana sekarang banyak sekali terjadi kejahatan penipuan dari komunikasi telepon seluler. Kejahatan dengan telepon kerap kali terjadi dengan cara pelaku melepon korban dengan iming-iming menyebutkan nama salah satu anggota keluarga untuk dikuras hartanya.

  • Kebocoran Data Pribadi

Dengan perkembangan teknologi yang ada semakin memudahkan pelaku kejahatan untuk meretas data pribadi pengguna internet. Hal tersebut sangat berbahaya kalau diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dampak Positif

  • Kemudahan dalam Berkomunikasi

Teknologi yang semakin maju menciptakan sebuah platform untuk berkomunikasi jarak jauh. Komunikasi jarak jauh sangat dibutuhkan oleh orang – orang perantauan.

  • Pengembangan Diri

Dengan kemajuan teknologi yang ada membuat kita bisa mengembangkan diri dengan cara apapun. Kita bisa mengenalkan self branding di media sosial agar kita bisa lebih dikenal orang sebagai seseorang dengan kepribadian yang berbeda dengan yang lainnya.

  • Kemudahan dalam Bertransaksi

Transaksi jual beli kini lebih mudah dengan terciptanya e-commerce. Ketika membutuhkan sesuatu kita hannya perlu pesan antar via handphone tanpa harus transaksi langsung dengan penjual atau pembeli. Dengan berkembangnya e-commerce di Indonedia membuat ekonomi di Indonesia semakin meningkat karna bisa melakukan pemasaran hingga internasional juga.

  • Pembelajaran Daring atau Online

Berkembangnya teknologi membuat para peserta didik jadi mudah untuk mengakses pembelajaran secara online. Guru atau dosen bisa memberikan tugas via online tanpa harus bertemu tatap muka dengan peserta didik. Para peserta didik pun bisa menambah ilmunya dengan mencari informasi tambahan di internet.

Perkembangan Teknologi dan Komunikasi harus kita manfaatkan dengan sebaik mungkin. Perkembangan tersebut memang diciptakan untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas, untuk berbelanja, belajar, menambah ilmu, serta untuk membantu mencari jati diri kita atau bakat kita. Dengan terciptanya teknologi baru bisa membantu kita dalam beraktivitas sehari-hari.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EO
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini