Ini Tujuh Program Bank Mandiri untuk Kembangkan UMKM hingga Pendidikan

Ini Tujuh Program Bank Mandiri untuk Kembangkan UMKM hingga Pendidikan
info gambar utama

Bank Mandiri sebagai mitra pemerintah dan agen perubahan telah melakukan serangkaian upaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Menginjak usia ke-25 yang jatuh pada 2 Oktober 2023, Bank Mandiri terus berkomitmen menghadirkan dampak positif bagi masyarakat.

Untuk fokus pemberdayaan UMKM sebagai penggerak ekonomi lokal, komitmen itu direalisasikan lewat berbagai inisiatif program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Program pengembangan yang fokus UMKM ini menginisiasi berbagai program yang mempunyai dampak besar, apa saja:

Bank BCA Dinobatkan Jadi Brand Bank Paling Kuat di Dunia Tahun 2020
  1. Wirausaha Muda Mandiri (WMM)
Wirausaha Muda Mandiri/Bank Mandiri
info gambar

Wirausaha Muda Mandiri (WMM) merupakan program CSR utama Bank Mandiri yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menumbuh kembangkan kewirausahaan di Indonesia khususnya di kalangan generasi muda.

Program yang telah dilakukan sejak tahun 2007 bertujuan membentuk komunitas wirausaha muda, yang terus bersinergi di dalam program Bank Mandiri dan Pemerintah. Sehingga sukses menjadi role model bagi para generasi muda di Indonesia yang baru ingin terjun ke dunia wirausaha.

Mengusung tagline Berani Jadi Mandiri, Program WMM diharapkan dapat terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas program sehingga dapat berperan langsung sebagai jembatan penghubung ide-ide kreatif yang terukur yang kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat dan lingkungan.

Menghadirkan konsep baru yaitu WMM Fest sebagai puncak acara Wirausaha Muda Mandiri. Dalam pelaksanaannya, jumlah peserta pendaftaran WMM mencapai kurang lebih 5000 peserta baik dari peserta Business Plan maupun Business Eksisting dimana selain adanya acara awarding WMM 2023, akan diselenggarakan juga kegiatan expo yang menampilkan produk unggulan dari alumni WMM yang berasal dari berbagai macam kota di seluruh Indonesia.

  1. Rumah BUMN (RB) Bank Mandiri
UMKM Center/Dok: Bank Mandiri
info gambar

Rumah BUMN (RB) merupakan wujud pengkayaan dari program Rumah Kreatif BUMN (RKB) dengan tujuan utamanya adalah peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM sehingga dapat terwujud UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas.

Sasaran yang dicapai adalah untuk meningkatkan UMKM agar naik kelas serta menghasilkan produk dan desain packaging yang unggul dan berkualitas sehingga dapat bersaing baik di skala nasional maupun internasional. Rumah BUMN memiliki fungsi antara lain: Pengembangan UMKM, Satuan Tugas Bencana tingkat provinsi, Co-Working Space, Basecamp Millenials, Pemberian KUR/KUM.

Bank Mandiri mendapat amanah dari Kementerian BUMN untuk mendirikan Rumah BUMN sejak tahun 2017. Pada tahun 2023, Bank Mandiri telah mendirikan 23 Rumah BUMN di beberapa titik lokasi seperti Kabupaten Kampar (Provinsi Riau) sampai Bintuni (Provinsi Papua Barat) serta kota-kota besar lainnya yaitu Jakarta, Bogor, Medan, Semarang dan Surabaya.

Bank Mandiri telah beberapa kali mengadakan kegiatan bagi para UMKM binaannya berupa Rumah BUMN Entepreneur Week yang bertujuan untuk memberikan dukungan UMKM di tengah pandemi. Selain itu, Rumah BUMN juga menyelenggarakan kegiatan Perempuan berNYALI (Perempuan Bergerak Nyata Untuk lingkungan) yaitu kegiatan penukaran sampah non-organik dengan 1 paket sembako yang juga bekerjasama dengan Culture Squad di beberapa titik Rumah BUMN.

Terdapat beberapa kegiatan yang telah dilakukan selama tahun 2023, antara lain kegiatan akselerasi dalam hal pengembangan bukan hanya kepada UMKM namun juga kepada fasilitator Rumah BUMN berupa pelatihan sertifikasi coaching dan inkubasi kepada UMKM (uRBan Festival). Dalam uRBan Festival tersebut terdapat 15 finalis UMKM binaan Rumah BUMN yang terpilih setelah melewati kurasi di acara uRBan Festival, 3 pemenang memperebutkan hadiah berupa bantuan alat produksi untuk menunjang usahanya.

Capaian 25 Tahun Mandiri, Wujudkan Komitmen Lingkungan dan Menuju Masa Depan Perbankan RI
  1. Mandiri Sahabatku
Mandiri Sahabatku/Dok: Bank Mandiri
info gambar

Mandiri Sahabatku merupakan rangkaian kegiatan pelatihan kewirausahaan kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011.

Sasaran yang dituju adalah para PMI dan diharapkan sekembalinya mereka ke tanah air, sudah memiliki bekal kewirausahaan sehingga dapat menjadi pengusaha yang mandiri. Pelatihan kewirausahaan yang diberikan bukan hanya kepada para PMI namun juga kepada keluarga PMI.

Pelatihan kepada para PMI dilakukan secara offline maupun online dengan mengumpulkan para PMI dari beberapa negara seperti: HongKong, Singapura, Malaysia serta UAE. Selain pelatihan offline dan online diadakan juga Program Bapak Asuh yang bersinergi dengan para alumni Wirausaha Muda (WMM) maupun Rumah BUMN untuk memberikan mentoring dan pelatihan berkelanjutan kepada para PMI maupun keluarga yang terpilih.

  1. Mandiri Entrepreneur Expo
Mandiri Entrepreneur Expo/Bank Mandiri
info gambar

Mandiri Entrepreneur Expo merupakan kegiatan kolaborasi kewirausahaan dengan pesertanya antara lain Finalis uRBan Festival yang merupakan UMKM binaan Rumah BUMN maupun Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Junior dengan pesertanya adalah Siswa Sekolah Dasar dengan 3 kategori yaitu: Siswa SDN Perkotaan, Pedesaan dan 3T serta Madrasah Ibtidaiyah.

Sasaran kegiatan Mandiri Entrepreneur Expo ini adalah untuk meningkatkan jiwa Entrepreneur sejak usia dini dan diharapkan dapat menghasilkan entrepreneur yang unggul dan berkualitas.

Pada kegiatan tersebut diharapkan para peserta dapat menghasilkan produk yang unggul dan berkualitas. 3 pemenang uRBan Festival memperebutkan hadiah berupa bantuan alat produksi untuk menunjang usahanya dan 3 pemenang WMM Junior memperebutkan hadiah berupa uang tunai.

Pertama di Indonesia, Transfer Uang antar 118 Negara Kini Bisa Gratis dan Anti Ribet
  1. Peningkatan Infrastruktur UMKM
UMKM Center/Bank Mandiri
info gambar

Program yang bertujuan memperluas akses pasar UMKM dengan melakukan pembangunan tempat promosi UMKM di area publik seperti gelanggang olahraga, cagar budaya atau lokasi publik yang strategis.

Sasaran program ini adalah para UMKM lokal yang memiliki produk unggulan dan banyak diminati oleh masyarakat, serta memiliki dampak ekonomi seperti UMKM dengan basis padat karya.

Pencapaian telah dilaksanakan di beberapa lokasi antara lain adalah Pembangunan Pusat UMKM di Kawasan WIsata Religi Masjid Endan Andansih Purwakarta, Pembangunan Pusat UMKM di Kawasan Parkir Timur Gelora Bung Karno, dan Pembangunan Pusat UMKM di Kawasan Cagar Budaya Menara Siger Bakauheni Lampung.

  1. Mandiri Edukasi
Mandiri Edukasi/Bank Mandiri
info gambar

Mandiri Edukasi Merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar kepada para pengajar di sekolah serta memberikan pembekalan kepada para siswa sekolah Dasar bagi Mandiri Edukasi 101.

Sasaran Mandiri Edukasi 101 yaitu pengembangan Sekolah Rintisan Pendidikan Karakter di 32 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Indonesia

Pencapaian Mandiri Edukasi yaitu Melakukan pelatihan dan pendampingan Pendidikan Karakter untuk meningkatkan kapasitas SDM Pendidikan dan peran serta Orang Tua siswa dalam meningkatkan pendidikan karakter berwawasan kesehatan di 32 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dengan 260 titik di Indonesia dengan total 60.000 siswa

  1. Waste to Energy
Waste to energi/Bank Mandiri
info gambar

Program Waste to Energy adalah kegiatan pengelolaan sampah yang dilakukan untuk meningkatkan value dari pemanfaatan sampah organik menjadi Energi/ Waste to Energy (WTE) dengan mengembangkan Sentra Kelola Sampah (SEKOLA) sebagai pusat pengembangan dan Pelatihan Pengelolaan Sampah di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pasanggaran, Banyuwangi - Jawa Timur.

Sasaran Program ini adalah mensosialisasikan implementasi pengelolaan sampah khususnya di wilayah Dusun Pancer di Kota Banyuwangi, Indonesia, untuk meningkatkan pemanfaatan sampah organik menjadi Energi/ Waste to Energy (WTE) juga Mengembangkan program pengembangan masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya keberlanjutan penanganan sampah domestik di Desa Sumberagung.

Sejak Maret 2022 hingga Maret 2023 pencapaian yang dihasilkan oleh Program WTE adalah sebagai berikut:

1.Instalasi 1 Unit BSF yang mampu mengelola lebih dari 15.700 Kg Sampah Organik

2.Instalasi 10 Biogas yang mampu mengelola lebih dari 11.400 Kg Sampah Organik

3.Lebih dari 250.000 Kg Sampah yang terkelola dengan jenis dari Sampah Organik, Residu dan Anorganik.

4.Lebih dari 235.000 Metric Kg CO2e

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini