Unleashing leadership and Problem Solving Skills with Youth Today x Join AIESEC in UNJ

Unleashing leadership and Problem Solving Skills with Youth Today x Join AIESEC in UNJ
info gambar utama

Pada 16 September 2023, AIESEC in Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan Youth Today x Join AIESEC 2023. Kembali dengan mengangkat tema baru yaitu “Ignite Leader Inside You(th)”. Tujuan utama dari webinar ini adalah untuk mengedukasi pentingnya leadership skills dan juga bagaimana mereka dapat mengembangkan problem solving skills dalam grup FGD (Focus Group Discussion) dengan projek ABS x ILO.

Apa itu Youth Today?

Tidak dapat dipungkiri lagi, leadership skills merupakan salah satu kemampuan yang patut dimiliki oleh kalangan muda. Berkorespondensi dengan nilai organisasi, AIESEC in Indonesia mengadakan acara inisiatif untuk meningkatkan pengetahuan kalangan muda khususnya mengenai leadership skills.

Peran AIESEC dalam mengembangkan keterampilan tersebut dan dampak positif yang dapat dicapai. Webinar Youth Today berisikan sesi-sesi inspiratif dari berbagai narasumber dan sesi interaktif seperti diskusi dan game session sebagai wadah bagi peserta untuk saling berbagi dan memperluas relasi.

Ignite Leader Inside You(th)

Diadakan secara daring melalui platform Zoom Meeting, webinar ini berfokus untuk meningkatkan kemampuan leadership pada kalangan muda, khususnya mahasiswa aktif Universitas Negeri Jakarta dan pentingnya untuk mengasah keterampilan tersebut untuk masa depan yang lebih baik. AIESEC in UNJ mengundang 3 pembicara inspiratif dengan pengalaman dan keahlian yang berbeda untuk menginspirasi peserta melalui sesi.

Di sini, pengalaman-pengalaman pribadi dalam menemukan dan mengembangkan leadership skills dibagikan dan dikemas dengan menarik dan informatif. Selain untuk membagikan pentingnya keterampilan kepemimpinan, webinar ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai organisasi, nilai, visi, dan misi yang dipegang organisasi.

Sesi-Sesi dari Pembicara Inspiratif

AIESEC in UNJ menghadirkan 3 pembicara yang telah membantu mensukseskan webinar ini dengan memberikan sesi-sesi yang dikemas secara berbeda. Sesi pertama dibawakan oleh Az Zahra Sahirah atau yang lebih akrab dipanggil Hira, saat ini menjabat sebagai Local Committee Vice President of Finance, Governance & Legality AIESEC in UNJ 23/24.

Berjudul “Story Of Us”, Hira memberikan informasi mengenai organisasi AIESEC, AIESEC in UNJ, dan tujuan perkembangan AIESEC untuk masa depan. Selain itu, Hira membagikan pengalaman pribadi dan proses perkembangan diri untuk sampai di posisinya saat ini.

Sesi kedua dibawakan oleh salah satu alumni AIESEC in UNJ, Novan Yonatan Seilatu yang sekarang bekerja di Unilever sebagai AASM Trainee Customer Development.

Authenticity is what gives us freedom to be ourselves and be comfortable with who we are, and it’s also what gives us access to connecting with other people in a meaningful and genuine way,” ujar Novan pada sesi Embrace The Authenticity.

Sesi yang dibawakan mengajak kalangan muda untuk menerima dan percaya akan jati diri masing-masing dengan terus mengembangkan kemampuan diri. Kemudian, bagaimana AIESEC sebagai organisasi telah membantu Novan untuk melakukan hal yang sama.

Sesi ketiga yang dibawakan oleh Saphira Putri Yudiah berjudul “LEAD With Us” membicarakan tentang working environment, dan budaya yang diterapkan dalam organisasi. Bagaimana culture dan values yang diterapkan di dalam organisasi merupakan peran penting dalam menciptakan lingkungan yang dapat membantu perkembangan diri anggota organisasi.

Saphira juga memberikan informasi menarik mengenai fakta dan mitos yang banyak didengar mengenai AIESEC.

Sesi FGD ABS x ILO untuk Problem Solving Skills

Selain sesi pembicara, AIESEC in UNJ juga mengadakan sesi interaktif yaitu FGD (focus group discussion), perwujudan dari projek kolaborasi ABS (School of Entrepreneurship and BusinessAIESEC) dengan ILO (International Labour Organization).

Projek ABS x ILO menyediakan wadah bagi peserta untuk mengasah kemampuan problem solving, teamwork, critical thinking, dan juga untuk berdiskusi, bertukar pikiran dengan kalangan muda lainnya.

Youth Today x Join AIESEC in UNJ 2023

AIESEC in UNJ telah berhasil melaksanakan webinar dengan 600+ peserta, berkat antusiasme semua pihak yang terlibat untuk kegiatan ini. Kesenangan peserta dapat dilihat dari feedback positif yang diberikan, salah satunya adalah Muhammad Raihan Ramadhan yang menuliskan pada satisfaction survey, “Cuz its so fun and meaningful, i got so much new skills about problem solving today!”

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini