Bukan Lagi 14 Maret 1933, Hari Jadi Persib adalah 5 Januari 1919

Bukan Lagi 14 Maret 1933, Hari Jadi Persib adalah 5 Januari 1919
info gambar utama

Persib Bandung telah mengubah hari jadinya menjadi 5 Januari 1919.

Selama ini, Persib dan para penggemarnya alias bobotoh biasa merayakan hari ulang tahun klub setiap tanggal 14 Maret. Namun mulai sekarang, hal itu tidak kan terjadi lagi karena Maung Bandung resmi mengubah hari jadinya.

Awalnya, hari jadi Persib adalah 14 Maret 1933, Namun pihak klub resmi mengubahnya menjadi 5 Januari 1919. Pengumuman mengenai perubahan itu disampaikan oleh CEO PT Persib Bandung Bermartabat Glenn T. Sugita setelah menerima hasil penelitian dari Tim Peneliti Hari Jadi Persib yang diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Kunto Sofianto, Ph.D di Graha Persib, Minggu (17/12/2023).

Perlu diketahui, penelitian mengenai hari jadi Persib dilakukan oleh sejumlah sejarawan, yakni Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman Sunarya, M.A, Iqbal Reza Satria, S.H., M.I.P. dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA. Lewat pengamatan atas berbagai sumber sejarah, disimpulkan bahwa anggapan bahwa 14 Maret 1933 adalah hari jadi Persib merupakan hal yang ahistoris.

"Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnalis dan bobotoh Persib karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi Persib pada tanggal 14 Maret 1933," ujar Prof. Kunto seperti diwartakan laman resmi Persib.

Selain soal tidak adanya bukti otentik yang memadai untuk mendukung argumen bahwa hari jadi Persib adalah 14 Maret 1933, ada pula hal lain yang jadi pendorong penelitian sejarah ini, yakni fakta bahwa Persib adalah salah satu klub pendiri PSSI.

Seperti diketahui, PSSI didirikan pada tahun 1930 oleh sejumlah perserikatan alias bond sepak bola, salah satunya adalah Persib yang saat itu bernama Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond (BIVB). Oleh karena itu, tidak masuk akal apabila Persib baru lahir pada 1933.

“Dalam perspektif historis, tanggal 14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai hari jadi PERSIB, tidak berdasarkan fakta sejarah (ahistoris) apabila dikaitkan dengan peran BIVB dalam proses pendirian PSSI pada tanggal 19 April 1930," jelasnya.

Perjalanan Radja Nainggolan: Dari AS Roma, Inter Milan, hingga ke Sepak Bola Indonesia

Mengapa 5 Januari 1919?

Dari penelitian, ditemukan lima tanggal penting terkait dengan sejarah pendirian Persib. Selain 5 Januari 1919, empat tanggal lainnya adalah h 11 Juli 1914, 19 Mei 1923, 22 Oktober 1928 dan 18 Maret 1934.

Dari kelima tanggal penting tersebut, para peneliti sepakat bahwa 5 Januari 1919 paling tepat disebut sebagai hari jadi Persib karena didukung oleh fakta sejarah yang kuat. Pada tanggal tersebut, terjadi momen di mana 13 klub pribumi seperti KBS, BB (Bintang Bandoeng), STER (Steeds trappen en rennen), Diana (Doe is alles niet achteruit), Zwaluw, BIVC, BVC, KVC, VVC, Visser, NVC, Brom dan Pasar Ketjil untuk mendirikan sebuah bond atau perserikatan bernama Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond.

Momen tersebut diberitakan oleh surat kabar Kaoem Moeda edisi 7 Januari 1919. BIVB juga diketahui punya susunan kepengurusan yang dipimpin Soetan Baginda M. Djamil sebagai presiden bond dan Soegeng sebagai wakilnya.

"Setelah melewati langkah-langkah ilmiah yang lumayan panjang, termasuk uji publik melalui Focus Group Discussion (FGD) secara terbuka, kami berkeyakinan untuk menyimpulkan bahwa tanggal 5 Januari 1919 bisa dijadikan sebagai hari jadi Persib," papar Prof. Kunto.

Justin Hubner, Pemain Wolverhampton yang Jadi Kekuatan Baru Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini