3 Rekomendasi Wisata Gua yang Menakjubkan di Blitar

3 Rekomendasi Wisata Gua yang Menakjubkan di Blitar
info gambar utama

Blitar selain memiliki segudang bentangan alam yang dapat dikunjungi wisatawan. Salah satu wisata alam yang masih asri dapat dapat Kawan jelajahi ialah Gua. Ya, fenomena sebuah lubang yang berada di bawah tanah serta tidak dapat memuat cahaya matahari ini adalah wisata unggulan di daerah Blitar.

Rata – rata Gua berada di daerah selatan kabupaten dan juga masih asri dimana sanagat direkomendasikan untuk Kawan kunjungi, juga lokasi Gua hampir mendekati daerah pantai. Simak beberapa rekomendasi gua yang dapat Kawan datangi di artikel ini!

1. Gua Umbul Tuk

Wisata alam satu ini merupakan destinasi favorit orang-orang yang mempunyai adrenalin tinggi dan suka tantangan. Memiliki Panjang yang dapat dijelajahi sepanjang 1,3 Km dan ketinggian rata – rata 3 meter.

Disepanjang perjalanan nanti kawan akan melihat stalagmite dan stalaktit dimana jika dipukul akan menibulkan suara tersendiri. Di dalam gua juga terdapat aliran air dengan kedalam 3 meter, dianjurkan jika ingin mengunjungi wisata gua harus menggunakan tour guide guna menghindari titik – titik rawan di dalam gua.

Letak Gua Umbul Tuk berada di daerah Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

2. Gua Kedungrombang

Selanjutnya yaitu Gua Kedungrombang. Belum lama ini pemerintah Desa Serang meintis destinasi baru yang berada di lingkup Desa Wisata Serang. Pemandangan bawah tanah yang cenderung kering tidak basah seperti Gua Umbul Tuk menjadi salah satu rekomendasi pengunjung jika tidak mau kebasahan saat menjelajahi Gua.

Karena sudah dirintis oleh pemerintah desa beberapa tahun kebelakang, sehingga tempat dan jalan sudah sangat baik. Salah satunya jika kawan berkunjung melalui pintu masuk disuguhkan pegangan tangan dalan akses jalan yang sudah dicor guna kenyamanan pengunjung. Masuk ke dalam gua terdapat berbagai lampu warna warni guna penerangan saat berjalan, selain itu sebagai penerangan saat mengabadikan momen saat berkunjung.

Dengan kedalaman 150 km saja dan ujung yang langsung menembus hutan, sehingga angin yang ada dalam sejuk, meskipun beberapa binatang berada di dalamnya seperti kelelelawar. Selain itu terdapat batu besar yang konton sebagai tempat Sudanco Supriyadi bersemedi di dalamnya.

Gua Kedungrombang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggung Rejo, Kabupaten Blitar. Tidak jauh dari pantai serang.

3. Gua Jedog

Gua Jedong tidak sepopuler seperti gua di atas, tetapi pemandangan alam yang disuguhkan gua jedog tidak kalah bagus dari lainnya. Nuansa alam dapat dilihat secara melalui depan mulut dari gua jedog yang ditumbuhi oleh beringin menjulang tinggi dan bertumbuh besar sampai keluar masuk gua. Menjadi keunikan tersendiri bagi Gua Jedog.

Melalui pokdarwis melakukan berbagai upaya terbaik agar menjadi destinasi desa wisata budaya di kota blitar. Meliputi memperbaiki akses jalan menuju dan saat berada di dalam gua serta penambahan gazebo – gazebo didepan gua yang berfungsi untuk tempat santai para pengunjung. Maka dari itu, yuk Kawan, berkunjung di salah satu gua yang berada di Blitar ini!

Gua Jedong berada di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Berjarak 10 Km dari pusat kota Blitar.

Banyaknya wisata alam khususnya Gua di daerah blitar, dapat Kawan jadikan wishlist untuk berkunjung, entah nanti berkunjung di lain tempat. Namun, rekomendasi ke 3 destinasi gua ini patut Kawan kunjungi untuk membantu para warga meningatkan potensi desa khususnya di bidang wisata yang semakin maju. Yuk, berkunjung di Blitar. Kota kecil berjuta keindahan alam.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini