Pesona Curug Nangka yang Elok di Tengah Hutan Pinus

Pesona Curug Nangka yang Elok di Tengah Hutan Pinus
info gambar utama

Curug Nangka merupakan salah satu objek wisata air terjun yang berada di kaki Gunung Salak tepatnya di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Tempat wisata ini menjadi salah satu wisata alam favorit untuk dikunjungi bersama keluarga, karena perjalanan untuk sampai ke sini cukup baik walau berada di tengah hutan.

Lalu, kenapa wisata ini bernama Curug Nangka ya? Yuk, simak selengkapnya mengenai wisata alam satu ini.

Sejarah Curug Nangka

curug nangka di bogor
info gambar

Berada di ketinggian 750 mdpl, Curug Nangka yang sangat indah ini dikelilingi pohon pinus yang menjulang tinggi. Tentu kebayang hawa udaranya yang sejuk, yaitu berkisar 22 hingga 24 derajat Celcius.

Curug Nangka memiliki sejarah dari banyaknya pepohonan nangka yang tumbuh di sekitar air terjun, yang katanya dahulu di dekat air terjun terdapat pohon nangka yang buahnya tidak pernah habis. Dari cerita ini menyebar dan para pendahulu lalu menamakan air terjun ini dengan sebutan Curug Nangka.

Curug ini cocok dikunjungi bagi Kawan yang menginginkan suasana yang tenang, untuk melepas rasa penat setelah sibuk bekerja. Berani coba?

Lokasi Curug Nangka

curug nangka halimun salak
info gambar

Curug Nangka merupakan bagian dari RPTN wilayah Gunung Salak II, SPTN Wilayah II Bogor. Secara administratif pemerintahan, wilayah wisata air terjun ini termasuk ke dalam Desa Sukajadi dan Gunung Malang, Kecamatan Ciapus Kabupaten Bogor.

Kawan bisa mencapai lokasi ini melalui Ciapus, dengan perjalanan sekitar 45 menit untuk sampai ke sini baik menggunakan motor ataupun mobil. Tenang, beberapa petunjuk arah cukup lengkap di sepanjang perjalanan ke Curug Nangka dengan jalanan yang relatif baik.

Kegiatan yang bisa dilakukan

air terjun curug nangka halimun salak
info gambar

Selain menikmati pemandangan alam yang sangat memesona serta keindahan air terjun yang menjulang, ada beberapa kegiatan yang bisa Kawan lakukan di sini seperti:

  • Mengabadikan foto

Beberapa spot foto di curug wisata ini bisa menjadi momen yang dapat Kawan abadikan loh! Terlebih kawasan ini dari gerbang masuk hingga area berkemah ditumbuhi banyak pohon Pinus Merkusii.

Jika beruntung, Kawan juga bisa mengabadikan beberapa satwa yang hidup di sini, seperti Surili (Presbytis comata), Monyet ekor panjang (Macaca fasicularis), Owa jawa (Hylobathes moloch), Lutung (Trachypithecus auratus) dan berbagai burung.

  • Berenang

Perlu diketahui nih Kawan, lokasi ini terdapat 3 air terjun sebagai objek wisata yaitu, Curug Nangka, Curug Kaung, dan Curug Daun yang merupakan rangkaian aliran air mulai dari Curug Kaung di lokasi paling atas dengan ketinggian sekitar 17 meter. Sementara, bagian tengah adalah Curug Daun yang merupakan curug mini dengan tinggi hanya sekitar 2 meter.

Terakhir adalah Curug Nangka yang berada di bagian paling bawah dengan ketinggian yang hampir sama dengan Curug Kaung. Pada bagian bawah, air terjun terdapat cekungan air yang bisa dipakai untuk mandi ataupun berenang. Selain itu, beberapa bagian sungai pun terdapat kolam-kolam yang juga biasa digunakan oleh pengunjung untuk berwisata.

  • Berpiknik

Membawa perbekalan dari rumah dan menyantapnya di suasana alam yang lepas juga bisa menjadi salah satu kegiatan seru di sini! Tapi tenang, bagi Kawan yang tidak sempat membawa makanan di sekitaran Curug Nangka terdapat warung sederhana dengan makanan yang bisa disantap.

Ingat! Jangan tinggalkan sampah di sekitar tempat berpiknik ya, bawalah sampahmu pulang atau buang pada tempat yang telah disediakan oleh pengelola. Tetap sayangi alam.

  • Glamping

Ingin menikmati suasana alam hingga keesokan harinya? Kawan bisa menginap dengan memasang tenda di area camping ground atau menginap di penginapan dan villa sekitar kawasan wisata. Curug Nangka juga menyediakan fasilitas glamping yang dilengkapi dengan shower dan toilet.

Fasilitas Curug Nangka

Untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung ke Curug Nangka, beberapa fasilitas yang sudah disediakan pihak pengelola adalah:

  • Pos jaga
  • Tempat parkir
  • Gardu Pandang
  • Tempat duduk
  • Toilet
  • Pusat Informasi
  • Tempat sampah
  • Warung

HTM Curug Nangka

HTM Curug nangka
info gambar

Berikut rincian tiket masuk ke kawasan Curug Nangka hanya sebesar:

  • Pembayaran loket pertama Rp7.500
  • Pembayaran loket kedua Rp15.000
  • Tiket untuk wisatawan asing Rp 150.000
  • Parkir: Motor Rp2.000 dan Mobil Rp5.000
  • Tarif kemping bagi pelajar adalah Rp 22.500 per malam dan wisatawan mancanegara Rp105.000 per malam.

Bagaimana Kawan? Berminat untuk mengunjungi Curug Nangka liburan kali ini? Semoga menginspirasi ya.

Baca juga : 7 Destinasi Curug di Bogor untuk Liburan di Akhir Pekan

Sumber artikel

  • halimunsalak.org
  • bobobox.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini