Keunikan Curug Panjang Bogor yang Harus Dikunjungi

Keunikan Curug Panjang Bogor yang Harus Dikunjungi
info gambar utama

Curug Panjang Bogor, menjadi salah satu destinasi alam yang menawarkan keunikan air terjunnya yang terjaga dengan baik. Tak seperti curug lainnya, air terjun ini memiliki bentuk tidak vertikal namun membentuk slope atau miring seperti seluncuran yang memanjang hingga 25 meter.

Curug Panjang Bogor ini juga menawarkan keindahan hutan alam dan pohon pinus yang menjulang. Siapapun yang kesini pasti akan terpukau akan anugerah Tuhan satu ini. Nah, bagi Kawan yang ingin berlibur kesini, simak beberapa informasi berikut.

Sejarah nama Curug Panjang

Curug Panjang | instagram/curug_panjang_official
info gambar

Sesuai dengan namanya, Curug Panjang mengaliri airnya secara memanjang bak seluncuran hingga 25 meter dengan air terjun yang miring. Curug ini memiliki debit air yang cukup deras berwarna kebiru-biruan. Pasti kebayang betapa sejuknya di sini Kawan.

Konon katanya, Curug Panjang merupakan sebuah tempat yang bisa menuju ke dunia lain. Katanya ada beberapa pintu untuk memasuki sebuah kerajaan yang menjadi tempat berkumpulnya raja-raja dari seluruh Nusantara.

Masyarakat sekitar percaya, bahwa setiap orang yang mengunjungi curug ini akan diawasi. Untuk itu dianjurkan bagi Kawan yang sedang berkunjung untuk selalu berlaku sopan dan menghormati sesama serta tetap berhati-hati.

Lokasi Curug Panjang

Lokasi Curug Panjang | instagram/curug_panjang_official
info gambar

Curug Panjang terletak di kawasan wisata seluas 30 hektar di Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Menurut warga sekitar, aliran air Curug Panjang berasal dari Sungai Paseban. Di mana sungai ini membentuk empat buah curug yaitu:

  • Curug Cibulao
  • Curug Barong
  • Curug Bunde
  • Curug Panjang

Nah, dari keempat curug ini Curug Panjang memiliki keunikan yaitu berlereng miring dan panjang. Curug ini juga merupakan salah satu hulu Sungai Ciesek yaitu bagian dari hulu Sungai Ciliwung.

Keindahan Curug Panjang

Keindahan Curug Panjang | instagram/curug_panjang_official
info gambar

Pesona keindahan alam Curug Panjang ini dapat Kawan rasakan saat masuk ke kawasan ini. Di mana Kawan akan disuguhi kawasan hutan pinus dengan jalanan bebatuan hingga sampai ke curug.

Terbayang kesejukan tempat ini, udaranya yang bersih membuat kita seakan tenang untuk melepas penat. Sesampainya di curug, Kawan kembali disuguhkan dengan aliran sungai dengan air yang sangat jernih dan bersih. Terlebih saat melihat Curug Panjang yang airnya mengalir hingga ke kolam dengan warna yang kebiru-biruan.

Bagi Kawan yang memutuskan untuk berkemah di sini, jangan lewatkan untuk melihat Taman Kunang-Kunang. Ribuan serangga yang aktif di malam hari bisa Kawan nikmati antara pukul 19.30–22.00 WIB saar suhu berkisar antara 17–20 derajat Celcius dan cuaca sedang tidak hujan

Kegiatan yang dilakukan di Curug Panjang

Kegiatan Curug Panjang | instagram/curug_panjang_official
info gambar

Memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang, namun bagi Kawan yang hendak berenang disarankan untuk tetap berhati-hati. Menurut pihak pengelola, kolam ini memiliki kedalaman lebih dari 6 meter. Selain itu, arus airnya juga cukup deras.

Selain berenang, kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah camping, outbond/gathering, jungle tracking, body rafting, river tracking, bermain air, melompat dari atas batu ke pusaran air (wajib memakai pengaman/pelampung), spot selfie, healing, dan refreshing di tengah hutan

Harga tiket masuk Curug Panjang

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan Curug Panjang, pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu yaitu sebesar Rp15.000 per orang. Tentu biaya ini cukup terjangkau, untuk menikmati keindahan alam satu ini.

Selain itu, berbagai fasilitas yang juga lengkap tersedia di sini seperti kamar mandi, mushola, tempat parkir dan lainnya.

Tertarik untuk mengunjungi Curug Panjang? Disarankan untuk berkunjung di pagi hari ya, agar Kawan dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan di sini.

Baca juga : 7 Destinasi Curug di Bogor untuk Liburan di Akhir Pekan

Sumber artikel

  • bogorkab.go.id
  • perhutani.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini