Menikmati Damainya Alam di Curug Pangeran

Menikmati Damainya Alam di Curug Pangeran
info gambar utama

Curug Pangeran menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup dikenal dan dikunjungi para pecinta alam. Pasalnya, curug satu ini dikelilingi hutan tropis yang sangat asri, subur dan damai dengan pemandangan air terjun yang sangat gagah dan aliran airnya yang tenang dan memukau.

Kawan yang menyukai alam dengan trekking yang cukup menantang, Curug Pangeran bisa menjadi salah satu tempat untuk petualangan seru kamu! Nah, sebelum kesana intip informasi mengenai wisata air terjun yang berada di Bogor satu ini.

Lokasi Curug Pangeran

curug pangeran bogor
info gambar

Beralamat di Jl. Curug Pangeran Kp. Pasir Reungit Rt. 04 Rw. 09 Gunung Sari, Pamijahan, Bogor Jawa Barat. Di mana wisata alam ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Untuk sampai ke lokasi Curug Pangeran, Kawan akan menikmati suasana hutan yang sangat damai dengan aliran air yang tenang. Untuk perjalanannya memang cukup menantang dengan jalanan yang cukup bergelombang.

Kawan akan harus trekking sejauh 150 meter dari area parkir untuk bisa sampai ke Curug Pangeran. Disarankan, jika berkunjung ke sini saat cuaca cerah. Jika hujan dan petir, sebaiknya segera naik.

Daya Tarik Curug Pangeran

curug pangeran bogor
info gambar

Air yang jatuh cukup deras dari ketinggian tebing sekitar enam meter hingga tujuh meter, membuat yang berkunjung ke tempat ini takjub dengan keindahannya. Ditambah adanya bebatuan besar yang terdapat di sekitar air terjun yang memberikan keindahan alam yang asri.

Airnya yang jernih dan tenang memberikan pantulan cahaya yang kebiruan pada air, membuat siapa saja bergerak untuk segera bermain air. Namun, tetap waspada saat berenang jangan mendekati pusaran air yang tepat berada di bawah curug karena menurut warga setempat kedalamannya bisa mencapai enam meter.

Kawan bisa berenang di sekitaran curug yaitu bagian tepi kolam dengan kedalaman sekitar dua meter hingga tiga meter. Pihak pengelola juga sudah memberikan penanda atau tali pembatas, namun tetap berhati-hati saat sedang berenang jangan sampai berada di bawah curug.

Kawan juga bisa berswa foto dengan latar air terjun yang penuh dengan tumbuhan pakis layaknya membingkai Curug Pangeran. Pemandangan ini sangat memesona dan asri.

Tiket masuk Curug Pangeran

berkemah di curug pangeran
info gambar

Sebelum menuju Curug Pangeran, Kawan diharuskan untuk membayar dua tiket yaitu:

  • Tiket masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun sebesar Rp35.000 untuk 2 orang
  • Tiket masuk Curug Pangeran sebesar Rp10.000 untuk perorang

Bukan hanya itu, bagi Kawan yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan parkir yaitu:

  • Motor dikenakan biaya Rp5.000
  • Mobil dikenakan biaya Rp10.000

Bagi Kawan yang ingin menginap, di sini tersedia camping ground dengan jarak yang dekat dari Curug Pangeran. Selain itu, fasilitas di Curug Pangeran sudah memadai seperti parkir yang luas, saung, toilet, kamar bilas, warung, hingga mushola.

Rute menuju ke curug pangeran

hiking di curug pangeran
info gambar

Jika menggunakan mobil, Kawan bisa keluar dari gerbang tol Lingkar Luar Bogor menuju Taman Yasmin lalu lurus melewati Terminal Bubulak menuju ke arah kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), jalan terus hingga pertigaan Cibatok.

Ambil lajur kiri hingga bertemu jalan yang menanjak, ikuti jalan terus hingga sekitar 15 kilometer dan sampai di lokasi Curug Pangeran. Nantinya juga Kawan akan menemukan petunjuk arah saat mendekati tempat wisata ini.

Tertarik untuk mengunjungi Curug Pangeran sebagai tempat liburan yang nyaman dan tenang? Semoga bisa menjadi inspirasi.

Sumber artikel:

- ekabo.bogorkab.go.id
- kumparan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini