Penumpang Whoosh Capai 1 Juta Orang setelah 2 Bulan Beroperasi

Penumpang Whoosh Capai 1 Juta Orang setelah 2 Bulan Beroperasi
info gambar utama

Total penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh mencapai 1.028.216 setelah dua bulan beroperasi. Angka tersebut terhitung sejak pertama kali beroperasi secara komersial pada 17 Oktober 2023 hingga 25 Desember.

PT KCIC mencatat, jumlah penumpang harian tertinggi mencapai 21.500 penumpang per hari termasuk pada momen libur akhir tahun. Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyebut, pencapaian ini menunjukkan permintaan masyarakat yang tinggi terhadap transportasi umum modern dan andal di Indonesia

“KCIC berterima kasih kepada seluruh penumpang Whoosh dan ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Dwiyana dalam keterangan resmi, Selasa (26/12/2023).

Musim Liburan, WHOOSH Kolaborasi dengan 6 Tempat Wisata di Bandung

Berdasarkan survei PT KCIC, 48 persen penumpang Kereta Cepat Whoosh awalnya pengguna mobil pribadi. Kehadiran Whoosh pun diklaim berhasil membantu program pemerintah dalam mengalihkan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi umum yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Dwiyana berujar bahwa capaian 1 juta penumpang ini juga menjadi bukti kereta cepat Whoosh dipercaya masyarakat dan menjadi moda transportasi pilihan untuk perjalanan Jakarta—Bandung.

“Dengan tersedianya fasilitas yang baik dan layanan yang efisien, masyarakat semakin memilih transportasi umum seperti Whoosh, sehingga berkontribusi terhadap berkurangnya ketergantungan pada mobil pribadi,” ucapnya.

Sejak pertama kali beroperasi hingga menjelang pergantian tahun, operasional Kereta Cepat Whoosh berjalan lancar dan tidak ada kecelakaan alias zero accident. Dwiyana mengatakan bahwa para petugas juga telah menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dengan baik agar kualitas pelayanan kepada penumpang bisa terjaga.

“KCIC berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman penumpang Whoosh, baik di stasiun maupun selama dalam perjalanan. Berbagai masukan penumpang selalu menjadi evaluasi bagi kami untuk melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap layanan Kereta Cepat Whoosh,” tutup Dwiyana.

Sederet Pencapaian WHOOSH yang Dipamerkan di Forum Perkeretaapian Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini