Musim Liburan, WHOOSH Kolaborasi dengan 6 Tempat Wisata di Bandung

Musim Liburan, WHOOSH Kolaborasi dengan 6 Tempat Wisata di Bandung
info gambar utama

Kehadiran Kereta Cepat Jakarta—Bandung atau WHOOSH menimbulkan dampak positif bagi sektor pariwisata di kawasan Bandung Raya, Jawa Barat. Kunjungan wisatawan dilaporkan semakin meningkat.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengungkapkan, setidaknya ada 6 destinasi wisata di Bandung yang telah bekerja sama dengan Kereta Cepat WHOOSH. Bentuk kerja sama itu berupa layanan bus shuttle gratis hingga karcis masuk gratis khusus untuk pemegang tiket kereta cepat WHOOSH.

Keenam destinasi wisata tersebut antara lain: Dusun Bambu, Farmhouse Lembang, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau, dan Tepi Kota Healing.

Eva bilang, peningkatan kunjungan pariwisata dan ekonomi memang menjadi salah satu tujuan kehadiran WHOOSH. Kereta cepat itu, kata dia, dirancang bukan hanya sebagai moda transportasi, tapi juga penggerak roda perekonomian masyarakat.

“Lewat kerja sama yang dilakukan dengan berbagai pelaku pariwisata, kami ingin memberikan nilai tambah dan meningkatkan layanan untuk penumpang sekaligus ambil bagian dalam upaya meningkatkan perekonomian lokal,” ungkapnya melalui keterangan tertulis, Minggu (26/11/2023).

Sederet Pencapaian WHOOSH yang Dipamerkan di Forum Perkeretaapian Dunia

Setelah lebih dari satu bulan kolaborasi terlaksana, Eva mengeklaim keenam tempat wisata itu mengalami peningkatan jumlah kunjungan. Di Dusun Bambu, misalnya, pertambahan pengunjung mencapai 4.500 orang.

Begitu pula yang terjadi di Floating Market Lembang, Farm House Lembang, The Great Asia-Afrika, Tepi danau, dan Tepi Kota Healing. Jumlah penumpang kereta cepat WHOOSH yang memanfaatkan promo wisata ke 5 destinasi tersebut melesat hingga lima kali lipat. Data yang dipaparkan Eva menunjukkan penumpang WHOOSH yang turun di enam destinasi wisata tersebut selama November 2023 berjumlah 10 ribu orang. Angka itu melonjak drastis dari bulan sebelumnya yang hanya 2 ribu orang.

Sementara itu, hingga 25 November 2023, Kereta Cepat WHOOSH sudah melayani 549 ribu penumpang dengan okupansi antara 80—99 persen pada setiap rangkaian yang beroperasi.

“Banyak masyarakat yang sengaja naik WHOOSH di akhir pekan untuk berlibur berkat promo yang kami sediakan. Kerja sama dengan tempat wisata ini akan kami coba perluas, sehingga nilai tambah yang didapatkan penumpang lebih banyak,” tambahnya.

Eva kemudian mengatakan bahwa pihaknya bakal menambah perjalanan Kereta Cepat WHOOSH pada Desember nanti demi mengakomodasi tingginya permintaan penumpang,. Jadwal kereta cepat WHOOSH bertambah menjadi 40 perjalanan pada hari kerja dan 48 perjalanan di akhir pekan dengan tarif mulai dari Rp200.000.

Dengan tarif tersebut, penumpang tetap bisa menggunakan promo yang telah berlalu, termasuk gratis menggunakan KA Feeder Kereta Cepat.

“Kami bersyukur karena Kereta Cepat WHOOSH mulai menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. Hal ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” tutup Eva.

Kereta Cepat WHOOSH Angkut 490.000 Orang hingga November 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini