Pesona Curug Bidadari yang Memukau untuk Dikunjungi

Pesona Curug Bidadari yang Memukau untuk Dikunjungi
info gambar utama

Curug Bidadari adalah salah satu curug yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pesona alam ini dikelola oleh Sentul Paradise Park, yang menghadirkan gabungan konsep wisata yang indah antara air terjun dan tempat rekreasi keluarga. Wah, kebayang seru dan indah nih Kawan.

Bagi Kawan yang ingin berkunjung ke sini, simak dulu info mengenai keelokan Curug Bidadari pada penjelasan berikut:

Lokasi Curug Bidadari

pesona curug bidadari bogor
info gambar

Tidak jauh dari Kota Bogor, Curug Bidadari berada di Jalan Sentul Paradise Park, Desa Bojongkoneng, Gunung Geulis Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasi curug cukup jauh dari kemacetan, sehingga Kawan bisa menikmati perjalanan tanpa lelah hingga sampai ke tempat wisata alam satu ini.

Curug ini berada di area perbukitan dengan pemandangan yang asri, selama diperjalanan Kawan akan disuguhkan dengan panorama hijaunya perbukitan serta pemukiman elit dan villa yang megah.

Daya Tarik Curug Bidadari

beningnya air curug bidadari
info gambar

Memiliki ketinggian sekitar 40 hingga 75 meter dengan lebar air terjun mencapai 7 meter, menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Curug Bidadari. Dulunya, air terjun ini memiliki nama Curug Bojong Koneng sesuai dengan nama desa asalnya.

Perlu diketahui, bahwa air terjun ini cukup deras namun kedalaman kolamnya setinggi dada orang dewasa. Meski cukup aman, Kawan dihimbau untuk tetap berhati-hati saat hendak berenang.

Selain itu, Curug Bidadari memiliki pantulan pelangi yang terdapat di curug nya. Dari sanalah muncul mitos bahwa air terjun ini merupakan tempat mandinya para bidadari, yang mana pelangi inilah menjadi “jembatan” tempat turunnya sang bidadari ke kolam curug.

Kepercayaan semakin meluas, ditambah warga setempat juga sering mendengar suara perempuan tertawa namun saat didekati suara itu hilang. Sehingga dari nama Curug Bojong Koneng, diganti menjadi nama Curug Bidadari.

Percaya ataupun tidak akan mitos yang berkembang ini, namun pesona kecantikan Curug Bidadari memang membuat siapa saja ingin berkunjung untuk berwisata.

Salah satu curug di Bogor ini semakin cantik dengan adanya sebuah batu besar yang menutupi air terjun yang dibelah dua oleh pengelola sebagai jalan menuju ke air terjun serta terdapat kolam besar dangkal yang mengelilingi batu besar tersebut. Nah, kawan bisa mengajak anak-anak untik bermain air dengan menggunakan ban atau perahu mini.

Ada juga jembatan kayu untuk melintasi kolam besar ini dan menuju area kolam air terjun. Tak perlu khawatir, area sekitar air terjun juga sudah dimodifikasi dengan pemberian batu-batuan di dasar kolam dan di sekitar aliran air sehingga bisa dipijak dengan aman. Suasananya cukup untuk menambah galeri di foto Kawan bukan?

Fasilitas di Curug Bidadari

curug bidadari di bogor
info gambar

Pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang bisa Kawan gunakan, seperti

  • Lahan parkir
  • Kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa
  • Flying fox
  • Saung (berbayar Rp60.000/2 jam)
  • Toilet dan kamar mandi bilas
  • Warung

HTM dan jam operasionalnya

Untuk biaya masuk ke Curug Bidadari cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp25.000 per orang. Biaya ini belum termasuk parkir kendaraan dan wahana yang ingin dinikmati.

Namun sayang, karena Curug Bidadari cukup dikenal dan menjadi objek wisata alam Bogor yang mudah dijangkau ternyata di sini masih banyak pungli atau pungutan liar yang menghampiri para wisatawan. Untuk itu, bagi Kawan yang hendak berlibur kesini ada baiknya untuk berhati-hati terhadap orang-orang yang tak bertanggung jawab ini.

Untuk jam operasional Curug Bidadari dibuka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Ingin berkunjung ke Curug Bidadari bersama keluarga? Pastikan untuk selalu mencari informasi yang akurat mengenai tiket, jam dan hal lainnya sebelum Kawan datang kesini ya.

Sumber:

bogorkab.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini