Monk Mode, Tingkatkan Kualitas Hidup di 2024

Monk Mode, Tingkatkan Kualitas Hidup di 2024
info gambar utama

Di awal tahun 2024, banyak dari Kawan memandang masa depan dengan semangat baru. Meninggalkan kebiasaan buruk yang terjadi selama tahun lalu, dan membangun kebiasaan yang lebih baik untuk tahun sekarang.

Resolusi menjadi jembatan untuk merubah hidup menjadi lebih baik. Baik itu menetapkan karier, meningkatkan kesehatan, ataupun membangun habit yang bisa membuat kamu meningkatkan kualitas hidup.

Dari sekian banyak kebiasaan baik yang bisa kamu terapkan di 2024 ini, ada salah satu kebiasaan yang bisa meningkatkan kualitas hidup kamu, lho! Yaitu Monk Mode, penasaran apa itu Monk Mode? Yuk, simak langsung artikel berikut ini!

Baca juga: Proyeksi Tren Ekonomi Kreatif untuk Tahun 2024, Apa Saja?

Apa itu Monk Mode?

Melansir dari freedom.to, pada dasarnya, Monk Mode merupakan praktik yang disengaja untuk fokus yang intens, disiplin diri, dan sedikit isolasi untuk memelopori produktivitas dan pengembangan pribadi seseorang. Berasal dari rutinitas ketat para biksu, yang mendedikasikan sebagian besar hari-hari mereka untuk praktik meditasi dan pengejaran otak dalam keterasingan, mode ini sekarang tidak hanya untuk penghuni biara-biara terpencil.

Mungkin Kawan bisa bayangkan mengunci semua gangguan, menyelimuti diri kamu dalam kepompong produktivitas yang tenang, dan muncul dengan sayap-sayap tujuan yang telah tercapai. Itulah Monk Mode secara singkat!

Dengan akarnya yang berasal dari praktik spiritual, tujuan di sini bukan hanya tentang mencentang kotak centang pada daftar tugas Kawan. Tidak, ini tentang pertumbuhan spiritual dan pribadi, memanfaatkan fokus yang sangat tajam untuk mengukir impian, dan menciptakan kehidupan yang lebih selaras dengan esensi sejatimu.

Inti dari Monk Mode adalah tentang membenamkan diri, hampir secara spiritual, ke dalam gua-gua kreativitas, pengetahuan, dan peningkatan diri. Selain itu istilah "monk mode" telah mendapatkan popularitas di platform media sosial, terutama TikTok, dengan para pengguna yang berbagi tips tentang cara terbaik untuk mencapai puncak produktivitas.

Mode biksu-terinspirasi dari gaya hidup disiplin para biksu-mengacu pada periode fokus yang intens dan tanpa gangguan untuk mengoptimalkan produktivitas. Mode ini melibatkan fokus yang berlebihan pada satu tugas dan menyingkirkan semua gangguan.

Hampir 45% pekerja teknologi mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu empat jam atau kurang dalam kondisi fokus, hanya berkonsentrasi pada tugas-tugas yang memiliki prioritas tinggi, menurut survei bulan Mei di Blind. Pola pikir ini adalah cara yang efektif untuk menghindari kelelahan karena mengerjakan terlalu banyak tugas dalam satu waktu.

Baca juga: Apa itu Sasimo? Bahasa Gaul yang Sedang Tren Belakangan Ini

Cara Masuk ke Monk Mode

Ketika masuk ke mode monk, temukan waktu di hari ketika Kamu melakukan pekerjaan terbaik dan blokir waktu tersebut di kalendermu. Mengutip dari Forbes.com, dalam studi Microsoft tahun 2023, analisis keyboard mengamati fenomena "triple-peak" sepanjang hari kerja, di mana produktivitas melonjak sekitar pukul 11.00, 15.00, dan sekali lagi pada pukul 22.00, lapor Wall Street Journal.

Penting untuk mengkomunikasikan batasan ini dengan manajer dan kolega Kawan GNFI untuk memberitahu mereka bahwa kamu akan bekerja di luar jam kerja pada waktu-waktu tersebut. Selama masa fokus bekerja, Kawan GNFI harus membuang multitasking yang biasa Kamu lakukan. Hentikan semua hal yang tidak penting, seperti email, video meeting, panggilan telepon, SMS, penggunaan aplikasi, menggulir media sosial tanpa berpikir, dan menjelajahi internet untuk penjualan.

Untuk memastikan lebih sedikit gangguan, carilah ruang kerja yang tenang. Kawan bisa datang ke kantor lebih awal, lembur, atau memanfaatkan opsi kerja jarak jauh dari perusahaan. Untuk menghindari gangguan suara bising, cobalah menggunakan headphone peredam bising.

Terakhir, memiliki ruang kerja yang rapi dan bebas dari kekacauan akan membuatmu lebih berkonsentrasi dan tetap teratur, menghemat waktu dan mengoptimalkan produktivitas.

Sumber referensi:

  • https://www.forbes.com/sites/jackkelly/2023/10/19/how-to-be-highly-productive-by-going-into-monk-mode/?sh=6971e8983843
  • https://freedom.to/blog/going-monk-mode-how-to-use-the-practice-to-live-and-work-your-best/#:~:text=Monk%20Mode%20is%2C%20in%20essence,one's%20productivity%20and%20personal%20development.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini