Mantap! Perusahaan RI Sukses Ekspor Plastik Daur Ulang ke Eropa

Mantap! Perusahaan RI Sukses Ekspor Plastik Daur Ulang ke Eropa
info gambar utama

Perusahaan daur ulang botol plastik asal Indonesia, PT Amandina Bumi Nusantara (Amandina) berhasil mengekspor resin PET atau Polyethylene Terephthalate daur ulang ke Eropa. Capaian ini menjadi salah satu bukti keberhasilan ekonomi sirkular di Indonesia.

PT Amandina memproses botol plastik PET pascakonsumsi menjadi resin Recycled PET yang bisa dimanfaatkan untuk kemasan makanan dan minuman (food-contact approved). Adapun proses daur ulang ini telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Amandina berhasil memenuhi Standar Nasional Indonesia untuk sistem manajemen kualitas, meraih standar ISO 9001, serta membuktikan bahwa kualitas produk daur ulang yang diproduksi oleh Amandina mampu diterima oleh pasar Eropa,” kata Managing Director Amandina, Suharji Gasal yang dimuat Bisnis.com.

Circular Ekonomi dengan Kertas Daur Ulang, Cerminan Kebiasaan Ibu

Mengurangi limbah plastik

Industri daur ulang merupakan langkah penting untuk mengurangi limbah plastik. Sejauh ini, tungkat daur ulang (recycle rate) sampah plastik di Indonesia baru menyentuh 7 persen, dengan plastik jenis PET mencapai 75 persen tingkat daur ulang.

Sementara itu, World Bank melaporkan di tahun 2021, Indonesia menghasilkan sampah plastik sekitar 7,8 juta ton setiap tahun. Sebanyak 4,9 juta ton sampah plastik ini tidak mampu dikelola sheingga menjadi limbah yang merusak lingkungan.

Oleh karena itu, penguatan industri daur ulang perlu dilakukan melalui konektivitas dan integrasi antara stakeholder sampah plastik dari hulu ke hilir, misalnya dari bank sampah ke pabrik daur ulang.

Pemasokan bahan baku di PT Amandina sendiri berasal dari Yayasan Mahija Parahita Nusantara melalui 30 mitra pengumpul botol bekas di seluruh Indonesia. Pabrik daur ulang ini telah mampu memproses 31.500 ton botol PET bekas atau setara dengan 1,5 miliar botol setiap tahunnya.

Inilah Pentingnya Memilah Sampah Sebelum Proses Daur Ulang

Referensi:

Bisnis.com. Top! Perusahaan RI Sukses Ekspor Plastik Daur Ulang ke Eropa. https://ekonomi.bisnis.com/read/20240113/12/1731987/top-perusahaan-ri-sukses-ekspor-plastik-daur-ulang-ke-eropa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini