Pendaftaran IISMA Kembali Dibuka, Ini 5 Manfaat Mendaftar

Pendaftaran IISMA Kembali Dibuka, Ini 5 Manfaat Mendaftar
info gambar utama

Indonesian Internasional Student Mobility Awards (IISMA) adalah program beasiswa pertukaran pelajar yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Melalui program IISMA, mahasiswa Indonesia dapat belajar selama satu semester pada universitas terkemuka di luar negeri. Program ini adalah bagian dari kebijakan Kampus Merdeka yang mendorong karier mahasiswa.

Terdapat tiga jalur seleksi IISMA 2024 yang dapat diikuti oleh mahasiswa sarjana maupun vokasi.

  1. Seleksi Reguler

Melalui seleksi ini, awardee akan didanai secara penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

  1. Seleksi Afirmatif

Seleksi ini ditujukan bagi mahasiswa yang berasal dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah), atau mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Awardee pun akan didanai secara penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

  1. Seleksi Pendanaan Bersama

Seleksi ini memiliki skema pendanaan parsial, sehingga dana akan ditanggung oleh mahasiswa dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Program IISMA diciptakan untuk menyambut masyarakat global yang semakin terkoneksi dan perkembangan sistem pengetahuan. Tuntutan untuk menjadi masyarakat global semakin besar agar SDM Indonesia dapat terus bersaing. Kemendikbudristek pun ingin menciptakan generasi pemimpin bangsa yang memiliki pengalaman luas dan mengenal orang dari beragam latar belakang akademis, budaya, dan ras. Lewat program IISMA, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan Kawan GNFI.

Baca juga: Tersedia Ribuan Kuota, Pendaftaran IISMA 2024 Dibuka sampai Kapan?

Keuntungan Mengikuti IISMA

  1. Dukungan Biaya

Beasiswa program IISMA mencakup biaya pendaftaran dan kuliah; PCR, karantina, dan asuransi kesehatan; tunjangan hidup dan tempat tinggal tiap bulan; Tiket pesawat ekonomi dan visa; serta dana darurat. Beasiswa itu akan diberikan melalui sistem reimburse, atau dibagikan setelah awardee memenuhi segala persyaratan dan ketentuan program. Dengan begitu, Kawan GNFI tidak perlu bingung cara memenuhi kebutuhan selama berada di negara tujuan.

  1. Konversi 20 SKS

Walaupun dilaksanakan selama satu semester, Kawan GNFI tidak perlu khawatir terlambat lulus. Pasalnya, 3-4 mata kuliah yang diambil di universitas tujuan selama program IISMA dapat dikonversi menjadi 20 SKS.

  1. Studi Berkualitas dan multidisiplin

Awardee IISMA dapat mengikuti kelas pada universitas ternama di 30 negara. Beberapa di antaranya adalah Yale University, Keio University, dan Osaka University. Mata kuliah yang Kawan GNFI pilih juga tidak harus berkaitan dengan jurusan di universitas asal. Kawan GNFI pun dapat mengembangkan minat masing-masing.

Mahasiswa vokasi juga dapat mengikuti program industrial exposure dalam bentuk magang, kunjungan perusahaan, proyek, maupun lainnya. Kawan GNFI pun tidak hanya dapat mengikuti kelas, tetapi juga secara langsung mempraktikkan pengetahuan.

  1. Jaringan Global dan Pemahaman Lintas Budaya

Selama satu semester di universitas tujuan, awardee dapat membangun jejaring dengan mahasiswa, dosen, maupun masyarakat lokal. Jaringan internasional itu dapat menjadi bekal dalam mengembangkan karir. Keterampilan lintas budaya juga semakin diasah karena Kawan GNFI akan berinteraksi dan beradaptasi di negara tujuan.

  1. IISMA Alumni Club (IISMA-AC)

Lulusan program IISMA juga dapat mengikuti IISMA Alumni Club (IISMA-AC). Lewat organisasi ini, Kawan GNFI dapat berjejaring dengan alumni IISMA lainnya dan terus mengembangkan diri untuk menjadi pemimpin muda Indonesia. Program yang dilaksanakan oleh organisasi ini yaitu mentoring, networking, dan kunjungan perusahaan.

Program IISMA juga memberi daya saing yang kuat bagi para awardee. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati mengatakan seperti yang dilansir dari laman Kemdikbud, “Data menunjukkan lulusan program flagship kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), termasuk IISMA terbukti lebih cepat mendapatkan pekerjaan dan dengan gaji pertama yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak mengikuti MBKM.”

Baca juga: Bersiap, IISMA 2024 Akan Segera Dibuka dengan Penambahan Kuota

Pendaftaran IISMA 2024 dibuka pada tanggal 23 Januari 2024 hingga 14 Februari 2024. Pendaftarannya pun sangat mudah. Kawan GNFI hanya perlu membuka website resmi IISMA pada https://iisma.kemdikbud.go.id dan membuat akun. Sebelum mendaftar, pastikan Kawan GNFI memenuhi persyaratan yang berlaku dan menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Sumber:

  • https://puslapdik.kemdikbud.go.id/mahasiswa-penerima-kip-kuliah-ikut-iisma-2024-lewat-jalur-afirmasi/
  • https://iisma.kemdikbud.go.id/

  • https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/lebih-dari-1-700-peserta-ikuti-sosialisasi-program-iisma-2024/
  • https://lac.telkomuniversity.ac.id/iisma-beasiswa-pemerintah-indonesia-untuk-studi-di-luar-negeri/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini