Gunung Telomoyo Jawa Tengah, Satu-Satunya Gunung yang Bisa Didaki Menggunakan Kendaraan

Gunung Telomoyo Jawa Tengah, Satu-Satunya Gunung yang Bisa Didaki Menggunakan Kendaraan
info gambar utama

Gunung Telomoyo Jawa Tengah menjadi gunung yang unik. Sebab, hanya dengan ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut (mdpl), puncak Gunung Telomoyo dapat didaki menggunakan kendaraan. Tetapi jangan salah, pemandangan yang disuguhkan tidak kalah menakjubkan dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya.

Berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang Jawa Tengah, Gunung Telomoyo menyuguhkan deretan pemandangan gunung menawan di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut di antaranya Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, dan Gunung Merbabu.

Selain pemandangan gunung, dari puncak Gunung Telomoyo, para pengunjung juga dapat melihat pemandangan Rawa Pening yang berada di Ambarawa.

Batas akhir atau puncak Gunung Telomoyo ditandai dengan adanya stasiun Telkom dan landasan paralayang yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung.

Gunung Telomoyo merupakan gunung api yang berbentuk strato. Meski demikian, catatan menunjukkan gunung tersebut belum pernah mengalami erupsi.

Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup, Perkara Perubahan Pengelolaan?

Destinasi Wisata Gunung Telomoyo

Daya tarik utama Gunung Telomoyo ialah keberadaan gunung-gunung di Jawa Tengah yang tampak jelas jika dilihat dari Puncak Gunung Telomoyo. Selain itu, lautan awan juga sering dicari para pengunjung saat musim kemarau, terutama pada pagi dan sore hari.

Di sekitar kawasan Gunung Telomoyo juga terdapat destinasi wisata lain, misalnya Awang-Awang Sky View dan beberapa air terjun yang mengelilingi gunung, Inggil Café Telomoyo, hingga Kampung Pinus Keditan.

Dilansir dari Detik.com, pengelola pariwisata bahkan menyediakan paket wisata 3 gunung berupa Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Telomoyo yang bisa didapat hanya dengan Rp1 jutaan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga tiket untuk memasuki kawasan Gunung Telomoyo cukup murah, yakni Rp15 ribu. Harga tersebut berlaku untuk hari kerja (weekdays) maupun akhir pekan (weekend). Bahkan, bagi pengunjung yang ingin berkemah di Gunung Telomoyo juga hanya dikenakan Rp15 ribu saat memasuki loker masuk.

“Harga tiket masuk Gunung Telomoyo sekarang weekdays dan weekend atau hari libur sama, Rp 15.000,” jelas Edi Sutrisno, pengelola wisata Gunung Telomoyo via Dalangan, Kamis (20/7/2023), dilansir dari Kompas.com.

Yang lebih menarik, puncak Gunung Telomoyo selalu dibuka 24 jam sehingga wisatawan dapat berkunjung kapan pun.

Puncak Segoro, Puncak Tebing yang Indah di Gunung Kidul

Rute Menuju Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo terletak di Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Telomoyo memiliki 2 titik pendakian yang cukup populer yakni Via Dalangan dan Via Pagergedong.

Jika Gunung Telomoyo ditempuh dari pusat kota Magelang, Kawan GNFI akan melewati rute vie Dalangan. Perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 33 kilometer untuk mencapai titik pendakian.

Jika Kawan GNFI dari arah Kota Semarang, Kawan bisa melewati rute via Pagergedong dengan jarak sekitar 59 kilometer dari pusat Kota Semarang. Perjalanan akan membutuhkan waktu 1,5 jam.

Bagi Kawan yang menggunakan sepeda motor, Kawan akan dapat mendaki puncak Gunung Telomoyo menggunakan motor pribadi. Akan tetapi, Kawan perlu berhati-hati mengingat medan untuk mencapai Gunung Telomoyo cukup curam.

Sementara itu, jika Kawan GNFI menggunakan transportasi umum atau mobil, Kawan harus memarkirkan kendaraan di area parkir. Di sana, Kawan akan disediakan penyewaan kendaraan sepeda motor atau mobil jeep.

“Kenapa mobil tidak diperbolehkan naik. Itu semata demi keselamatan pengunjung, karena untuk menuju ke puncak Telomoyo, jalannya sempit dan berliku tanjakan tajam dan turun curam, sehingga membahayakan bagi wisatawan. Maka pengelola menyediakan armada Jeep sebagai angkutan ke puncak, termasuk sopirnya yang sudah terlatih dengan kondisi jalan," tambah Edi Sutrisno pegiat pariwisata di Kabupaten Magelang sekaligus Direktur Utama Objek Wisata Ketep Pass, Selasa (9/8/2022), dikutip dari Magelangkab.

Harga sewa motor mulai dari Rp100 ribu rupiah, sedangkan harga sewa mobil jeep dan termasuk sopir mulai dari Rp400 ribu rupiah.

Pendaki Muda 17 Tahun, Khansa Syahlaa akan Taklukkan Seven Summit Gunung Aconcagua

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini