Sosok Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Si Doel yang Diabadikan oleh Google

Sosok Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Si Doel yang Diabadikan oleh Google
info gambar utama

Aminah Cendrakasih yang terkenal sebagai Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan menjadi tema Google Doodle pada hari, Senin (29/1). Pemasangan Aminah dalam bentuk ilustrasi ini untuk mengenang kelahiran sosok artis yang ke-86 tahun.

Google memakai ilustrasi foto Aminah sebagai Mak Nyak dalam serial Si Doel, yakni menggunakan gaya kerudung khas karakter tersebut. Ilustrasi itu ditempatkan di tengah gambar sebuah televisi yang dimiliki keluarga Doel.

Sosok Aminah lahir dengan nama lengkap Siti Aminah Cendrakasih pada 29 Januari 1938 di Magelang. Dirinya memulai karir sebagai artis sejak 1955 dengan menjadi model setelah lulus dari Sekolah Kepandaian Putri Magelang.

Restorasi Film Tahun 1952 Karya Sutradara Perempuan Pertama Indonesia Sudah Selesai

Kiprahnya dalam industri film mulai dikenal usai membintangi film Serampang 12 pada 1956 dan Asrama Dara pada 1958. Aminah juga sempat membintangi film legendaris Habis Gelap Terbitlah Terang yang tayang pada 1959.

Pada tahun yang sama, Aminah menikah dengan Idris Permana. Tetapi, sang suami meninggal lebih dulu pada 1986. Selama berkarir sejak 1955, hingga 1989 tidak kurang dari 101 judul film telah Aminah bintangi.

Abadi karena Si Doel

Nama Aminah melambung tinggi setelah berperan sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolah. Sinetron yang disutradarai Rano Karno itu populer di era-90 an dan merupakan salah satu serial legendaris di Indonesia.

Dirinya ketika itu beradu akting dengan alm Benyamin Sueb. Ketika itu aktris dan aktor gaek ini bermain sebagai pasangan suami istri. Dalam sinetron produksi Karnos Film itu, Aminah berperan sebagai Lela, ibu Si Doel.

Sinetron yang berlatar belakang keluarga Betawi ini mendapat banyak pujian dari masyarakat. Selain Aminah dan Benyamin, Si Doel Anak Sekolah juga melibatkan banyak artis kawakan seperti Mandra, alm Basuki, dan Nasir.

Film Autobiography Wakili Indonesia di Ajang Piala Oscar 2024

Di sinetron itu, Aminah juga mulai dikenal dengan sebutan Mak Nyak, panggilan yang kerap dilontarkan oleh alm komedian Basuki yang berperan sebagai Mas Karyo. Kesuksesan Si Doel Anak Sekolah bertahan hingga lebih dari lima tahun lamanya.

Pengabdiannya dalam dunia seni membawa Aminah mendapat penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992. Dia juga mendapat penghargaan Pengabdian Seumur Hidup Terpuji dari Festival Film Bandung pada tahun 2012.

Sakit Glaukoma

Pada masa tuanya, Aminah harus berjuang melawan penyakit glaukoma yang dideritanya selama 13 tahun. Hal ini menyebabkan kebutaan pada kedua matanya. Dia juga mengalami kesulitan ekonomi di masa tuanya.

Tetapi semangat Aminah Cendrakasih dalam berakting sebagai Mak Nyak tak pudar meski tak bisa membaca naskah. Pada 2018, dia membuktikan diri masih bisa berakting dalam film Si Doel The Movie walau hanya dalam kondisi berbaring.

Beromantika ke Bioskop Indra, Tongkrongan Sosialita Kini Lapak PKL Malioboro

Pada 21 Desember 2022 malam, Aminah Cendrakasih meninggal dunia di rumah dukanya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten pada usia 84 tahun. Dirinya dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta.

Prosesi pemakaman itu berlangsung secara khidmat setelah menjalani serangkaian prosesi di rumah duka. Selain keluarga dan kerabat, pemakaman Mak Nyak juga dihadiri para penggemar dan dari kalangan artis.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini