Mencicipi Ikan Payo, Kuliner Unik yang Buat Awet Muda Warga Adat Miduana

Mencicipi Ikan Payo, Kuliner Unik yang Buat Awet Muda Warga Adat Miduana
info gambar utama

Kampung Adat Miduana, Cianjur, Jawa Barat bukan hanya kaya dengan budaya dan tradisinya. Kampung adat ini juga mempunyai makanan khas yang bagi orang luar tidak lazim yaitu ikan payo.

Dinukil dari Detik, Dewan Adat Kampung Mudiana, Rustiman menjelaskan banyak makanan yang berada di tanah kelahirannya itu sama dengan daerah lain di Jawa Barat. Tetapi ada juga olahan makanan yang tak ditemukan di daerah lain, salah satunya ikan payo.

“Ikan ini yang mungkin hanya oleh warga kampung di sini diolah jadi makanan, karena bagi orang luar tidak lazim untuk diolah jadi makanan atau dikonsumsi,” ujar Rustiman.

Ikan Kodok Maluku Daya Tarik Wisata Ambon yang Terancam Punah

Rustiman menjelaskan ikan payo adalah ikan yang menyerupai kecebong, tetapi ukurannya lebih besar sebesar jempol orang dewasa. Hewan ini hidup menempel di bebatuan di sungai yang mengalir.

“Bentuknya seperti kecebong. Tapi hidupnya di sungai yang berarus cukup deras. Dari bentuknya mungkin dianggap menjijikan, tapi bagi warga sini (Kampung Miduana), ikan payo itu favorit, bisa digoreng kering atau dijadikan gula,” ucapnya.

Buat awet muda?

Kuliner ikan payo ini konon memberikan khasiat awet muda kepada masyarakat Kampung Adat Miduana. Hal ini disampaikan oleh Ketua Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia (YLKI) Wina Rezky Agustina, selaku pendamping warga.

“Meskipun belum didukung penelitian yang memadai, mengkonsumsi ikan payo yang hanya ada di Sungai Cipandak Miduana dipercaya warga bisa membuat awet muda dan panjang umur,” jelasnya yang dimuat Tribune.

Belasan orang di kampung adat ini terlihat masih segar bugar walau usia mereka sudah lebih dari 100 tahun. Mereka bisa melakukan aktivitas sehari-hari termasuk pergi ke kebun untuk memetik sayur mayur.

Ikan Kodok Maluku Daya Tarik Wisata Ambon yang Terancam Punah

Contohnya adalah Nenek Sahria, meski pandangannya sedikit lamur, tetapi tatapannya masih jeli bila ada warga yang mendatangi rumahnya. Meski usianya sudah 125 tahun, dia masih kuat untuk berladang dan mencari ikan payo.

“Untuk mata masih tajam dan awas, pendengaran masih normal, setiap hari dibawa senang ditambah olahraga jalan kaki ke kebun atau ke sungai untuk menangkap ikan payo. Kalau sakit tidak pernah minum obat kimia, cukup dengan jamu kampung dan obat alami lainnya,” kata Aki Uyet yang dimuat Antara,

Resep rahasia

Sesepuh adat Miduana, Abah Yayat mengatakan pola hidup dan makan dari hasil alam menjadi rahasia awet muda. Setiap hari ikan payo yang memiliki kepala besar mirip kecebong dapa


Walau belum didukung dengan hasil penelitian, ikan payo dipercaya dapat membuat warga umur panjang dan awet muda. Mereka sudah terbiasa menjadikan ikan payo sebagai resep makanan sehari-hari.

Jenis-Jenis Ikan yang Dilindungi di Indonesia (Bagian 2)

Karena keunikan ini, banyak wisatawan yang datang untuk merasakan hidup bersama warga kampung adat. Termasuk bila penasaran mengkonsumsi makanan sehat yang disediakan hasil pertanian.

“Termasuk ikan payo yang ditangkap sendiri dari sungai sebagai lauknya,” ucapnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini