The Sanur, Destinasi Kesehatan Kelas Dunia Pertama di Indonesia

The Sanur, Destinasi Kesehatan Kelas Dunia Pertama di Indonesia
info gambar utama

PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau Injourney menghadirkan destinasi medis dan kesehatan berkelas dunia pertama di Indonesia, yaitu The Sanur. Dalam situs resminya, The Sanur memasang slogan World Class Medical and Wellness Destination.

“Dengan adanya The Sanur ini, Indonesia akan memiliki pusat layanan kesehatan kelas dunia melalui konsep medical and wellness tourism,” kata Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, saat peresmian Bali Beach Convention (BBC) dan groundbreaking Alster Lake Clinic, di The Sanur, Selasa (30/1/2024).

The Sanur terletak di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Denpasar, Bali. Luas areanya mencapai 41,6 hektare (Ha). Berbagai center of excellence dari seluruh dunia akan beroperasi di kompleks ini. Beberapa di antaranya: Bali International Hospital, cell therapy, aesthetic and plastic surgery, fertility treatments, eye care, organ transplants, dan hair transplants clinic.

Bugar Jiwa Raga di Pantai Sanur

Bukan itu saja, The Sanur punya banyak fasilitas lain, seperti akomodasi hotel bintang 5 dengan 457 kamar, Ethnomedicinal Botanical Garden, area komersial, sentra UMKM, dan restoran. Di sana, juga terdapat Bali Beach Conventian, sebuah fasilitas konferensi berstandar internasional.

“KEK Sanur dapat menjadi model bagi pengembangan KEK di wilayah lain di Indonesia dalam menciptakan ekosistem pariwisata kesehatan terintegrasi, sehingga dapat menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,” ungkap Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Erick menyebut, pengembangan BBC mengembalikan visi awal Sanur sebagai pusat destinasi pariwisata Meeting, Incentives, Conference, and Exhibitions (MICE). BBC, kata dia, menjadi salah satu pusat konvensi terbesar di Bali. Kapasitasnya mencapai 5.000 orang dan menawarkan pemandangan indah karena menghadap ke pantai.

Mendorong Bisnis Spa di Bali: Tidak Sekadar Hiburan, Tapi Juga Kearifan Lokal

The Sanur menjadi kompleks kesehatan terintegrasi pertama di Indonesia dengan konsep wellness, green, dan fully accessible. The Sanur mengintegrasikan sektor kesehatan dengan pariwisata demi memberikan layanan kesehatan yang inklusif. Kompleks ini dilengkapi command center—kendali operasional terpusat teknologi terkini, lalu pengolahan air dan pengelolaan sampah di seluruh kawasan terkontrol.

KEK Sanur ditetapkan Presiden RI Joko Widodo pada 1 November 2022 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2022. Pemerintah ingin memanfaatkan potensi kawasan Sanur sebagai destinasi pariwisata kesehatan dan menjadikan Bali sebagai landmark dalam peningkatan serta diversifikasi perekonomian Indonesia.

The Sanur menjadi tonggak sejarah bagi wisata berkelanjutan bertaraf internasional. Destinasi baru ini diharapkan pemerintah dapat mendorong kebangkitan ekosistem pariwisata dan perekonomian di Indonesia. Setelah beroperasi penuh, The Sanur ditargetkan dapat menyerap 43 ribu tenaga kerja. Sementara itu, pemerintah mengharapkan KEK Sanur mampu menambah perolehan devisa hingga 1,28 miliar dolar AS pada 2045.

3 Wisata Menarik di Pulau Serangan, Surga Masa Depan Pariwisata Bali

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini