Uniknya Warung Kerek, Antar Makanan Pakai Tali dan Ember dari Kejauhan

Uniknya Warung Kerek, Antar Makanan Pakai Tali dan Ember dari Kejauhan
info gambar utama

Warung kerek di Kampung Kebalen VII, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan terbilang sangat unik. Pasalnya, warung yang berlokasi di tepi Kali Mampang ini memanfaatkan ember yang dikerek menggunakan tapi untuk mengantarkan makanan.

Meski jauh dari kata mewah, tak sedikit pekerja di kawasan elit itu yang mempercayakan urusan perut ke warung ini. Mereka cukup meneriakkan pesanan dari kejauhan, dan makanan akan segera datang lewat tali tambang yang panjangnya sekitar 4 meter.

Sekilas, tidak ada yang berbeda dari warung kerek dengan warung makan lainnya. Dari luar bangunan, terlihat etalase makanan yang diletakkan menghadap ke arah kali. Terlihat juga rentengan berbagai jenis minuman serbuk dan kopi di sisi-sisi warung.

Awal mula kemunculan warung kerek

Bersumber dari Kompas.com, warung kerek pertama kali dibuat sekitar tiga tahun silam, tepatnya saat jembatan penghubung dua wilayah itu dihancurkan bersamaan proyek pengerukan kali.

Salah satu pencetus warung kerek, Dartini mengaku masakannya laris diserbu konsumen setiap hari, meski cara bertransaksi yang tak dekat dengan pembeli. Ia menjual nasi rames dengan berbagai macam lauk, hingga kopi dan minuman dingin.

Bukan di jam makan siang, warung kerek ternyata lebih ramai di pagi hari. Mulai dari pekerja proyek hingga karyawan hotel sudah mengantre di tepi sungai sejak pukul 05.00 pagi.

Baca juga Warung Tegal Diupayakan Agar Bisa Mendunia

Menarik perhatian pejabat

Karena keunikannya, warung kerek di Mampang Prapatan menarik perhatian banyak orang, salah satunya dari kalangan pejabat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno disebut pernah menjadi pelanggan.

Soal omzet, pemilik warung kerek bisa mendulang pendapatan hingga Rp2 juta per hari. Pendapatan ini sempat menurun saat pandemi COVID-19. Mereka berharap agar warung unik ini terus menjadi daya tarik masyarakat.

Keberadaan warung kerek di tengah perkantoran ini tentu sangat membantu perekonomian masyarakat pinggiran. Bagaimana, tertarik untuk mencoba makanan di warung kerek?

Baca juga Legenda Warung Mak Beng, Ahlinya Olahan Ikan dan Sambal Terasi di Bali

Referensi:

Kompas.com. Uniknya Warung Kerek di Jaksel, Bermodal Ember dan Tali Angkut Makanan Seberangi Sungai. https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/21/12083571/uniknya-warung-kerek-di-jaksel-bermodal-ember-dan-tali-untuk-angkut?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini