7 Oleh-Oleh Khas Batam Kekinian yang Tahan Lama

7 Oleh-Oleh Khas Batam Kekinian yang Tahan Lama
info gambar utama

Batam, sebuah pulau yang terletak di wilayah Kepulauan Riau Indonesia yang tidak hanya terkenal dengan pesona alamnya yang memukau. Akan tetapi, pulau Batam ini juga menyimpan segudang oleh-oleh khas yang menarik.

Bagi Kawan yang sedang berkunjung ke pulau ini, membawa pulang oleh oleh khas Batam tentunya menjadi suatu hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berikut adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Batam yang kekinian dan tahan lama sehingga bisa dibawa pulang untuk orang-orang terkasih di rumah.

Miniatur Jembatan Barelang

Perlu Kawan ketahui bahwa Jembatan Barelang sendiri menjadi ikon Kota Batam. Dengan begitu, miniatur jembatan ini cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat dibawa pulang nantinya. Untuk kisaran harganya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau, Kawan bisa membawa pulang miniatur Jembatan Barelang mulai dari Rp50.000 hingga Rp150.000.

Batik Gonggong Batam

Salah satu keunikan dari batik ini tak lain yaitu disertai dengan motif hewan-hewan laut seperti gonggong, kerang, dan bintang laut yang mencerminkan kekayaan alam Kepulauan Riau. Bagi Kawan yang masih asing dengan gonggong. Gonggong merupakan sejenis siput laut yang menjadi salah satu ikon kuliner di Batam sehingga hewan yang satu ini kerap dijadikan inspirasi oleh-oleh khas Batam seperti pada batik Gonggong.

Untuk masalah harga, Kawan bisa mendapatkan batik Gonggong Batam mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000 tergantung pada jenis dan ukurannya.

Pernak-pernik Gonggong

Sesuai dengan namanya, beberapa pernak-pernik ini memang terbuat dari cangkang gonggong. Mulai dari gantungan kunci, bingkai foto, hingga hiasan dinding yang tahan lama dan mudah dibawa pulang. Kawan bisa mendapatkan beberapa pernak-pernik ini di berbagai toko souvenir dan pusat oleh-oleh Batam dengan harga mulai dari Rp20.000 hingga Rp100.000.

Luti Gendang

Tidak seperti roti goreng yang pada umumnya memiliki isian manis, Luti Gendang ini merupakan roti goreng isi ikan suwir dan cabai yang mampu memberikan kenikmatan tersendiri. Supaya tidak penasaran dengan rasanya, Kawan bisa membelinya dengan kisaran harga Rp 3.000 per buah. Jika ingin membawanya pulang, Kawan bisa membelinya per kemasan dengan harga Rp 80.000 yang berisi 25 buah.

Otak-otak

Kawan pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan seafood yang satu ini karena sudah sering dijual di berbagai tempat. Satu hal yang menarik dari camilan khas dari pulau ini tak lain yaitu dibakar dalam daun kelapa, sehingga memiliki rasa lembut dan pedas. Jika ingin membeli oleh-oleh khas Batam yang satu ini, Kawan bisa mendapatkannya di area pesisir, destinasi wisata, maupun mal di Batam dengan harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp30.000 per bungkus.

Kaos T-Obenk

Tidak hanya terkenal dengan camilan khasnya, Batam juga populer dengan brand kaos lokalnya yang mempunyai motif lucu dan beragam. Supaya mendapat kenangan tak terlupakan dari pulau Batam, Kawan bisa membeli kaos T-Obenk ini dengan harga mulai dari Rp60.000 hingga Rp150.000 tergantung bahan dan motif.

Bingka Nayadam

Jika ingin membeli sesuatu yang khas dan tradisional dari pulau Batam, Kawan bisa mendapatkan kue Bingka Nayadam dengan berbagai varian rasa. Dapatkan kue yang unik ini dengan harga mulai dari Rp150.000 hingga Rp300.000 di daerah Nayadam maupun toko oleh-oleh di seluruh wilayah Batam.

Mengunjungi pulau Batam bukan hanya tentang menikmati keindahan alamnya, tetapi juga merasakan keunikan dan kelezatan oleh-oleh khasnya. Dengan pilihan oleh oleh khas Batam yang unik dan beragam, perjalanan Anda di pulau ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Untuk itu, jangan lupa untuk membawa pulang sedikit potongan Batam dalam bentuk oleh-oleh sebagai kenang-kenangan, ya Kawan!

Sumber :
https://mamikos.com/info/oleh-oleh-khas-batam-dan-harganya-gnr/?halaman=3
https://www.msn.com/id-id/berita/other/5-rekomendasi-oleh-oleh-khas-batam-wajib-beli-saat-di-kepri-luti-gendang-otak-otak-batik-batam/ar-AA181ByQ
https://travel.kompas.com/read/2021/11/02/080800227/5-oleh-oleh-khas-batam-ada-batik-gonggong-
https://www.detik.com/sumut/wisata/d-6893583/10-oleh-oleh-khas-batam-kuliner-kerajinan-dan-barang-branded

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini