8 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Lombok dari Cemilan Hingga Cinderamata

8 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Lombok dari Cemilan Hingga Cinderamata
info gambar utama

Lombok merupakan sebuah pulau indah di Nusa Tenggara Barat yang telah lama menjadi destinasi wisata populer. Dengan keindahan alamnya yang mempesona, pantai pasirnya yang begitu putih, air terjun yang menawan, dan gunung Rinjani yang megah, Lombok telah menarik banyak wisatawan.

Tidak hanya keindahan alamnya saja yang memikat, Lombok juga memiliki keunikan budaya dan kuliner yang patut dijelajahi. Untuk itu, saat berkunjung ke pulau ini, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Lombok sebagai kenang-kenangan yang istimewa.

Tidak sedikit orang yang ingin berlibur ke pulau Lombok karena selain wisata alamnya yang begitu menawan, oleh-olehnya juga sangat unik. Jika kebetulan Kawan sedang ke Lombok, jangan ragu untuk membeli beberapa oleh khasnya. Beberapa yang begitu direkomendasikan yaitu:

Dodol dan Manisan Rumput Laut

Salah satu daya tarik utama dari pulau Lombok tak lain adalah keberagaman kuliner lokalnya. Dodol rumput laut dan manisan rumput laut adalah oleh-oleh khas yang wajib dicoba ketika Kawan sedang berada di pulau Lombok. Berbeda dengan dodol pada umumnya, dodol khas Lombok terbuat dari tepung rumput laut, gula, dan buah-buahan.

Dengan cita rasa yang kenyal dan manis, dodol ini cocok dijadikan sebagai makanan pencuci mulut. Bahkan, harganya sendiri tergolong murah yaitu hanya berkisar antara Rp10.000 sampai dengan Rp20.000 saja.

Keripik Ceker Lombok

Jika Kawan pecinta camilan gurih, keripik ceker Lombok adalah pilihan yang tepat. Terbuat dari kulit ceker ayam yang digoreng, keripik ini memiliki rasa gurih dengan tekstur yang sangat renyah. Untuk mendapatkannya, Kawan perlu merogoh kocek sebesar Rp30.000 sampai dengan Rp 65.000 tergantung ukuran kemasannya.

Manisan Tomat

Perlu Kawan ketahui bahwa manisan tomat Lombok sendiri, terutama yang menggunakan tomat ceri, memiliki rasa yang mirip dengan kurma. Sehingga jangan heran jika banyak orang yang tertarik untuk mencicipinya. Harganya sendiri juga bervariasi, mulai dari Rp30.000 - Rp120.000 tergantung jumlah atau berat manisa yang Kawan beli.

Abon Ikan Marlin

Abon ikan marlin, olahan dari ikan dengan mulut runcing seperti tombak bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Lombok yang tahan lama. Dengan rasa gurih disertai kandungan Omega 3 dan DHA, abon ikan marlin dihargai berkisar antara Rp20.000 - Rp100.000.

Sambal Encim

Salah satu keunikan dari sambal ini tak lain yaitu memiliki berbagai varian rasa, termasuk rumput laut. Dengan rempah-rempah tradisional khas Lombok, sambal ini dijual sekitar Rp30.000 - Rp72.000 per botolnya.

Kain Tenun Ikat

Tahukah Kawan? Tenun ikat khas Lombok ini merupakan identitas suku Sasak Sade. Dibuat dengan teknik mengikat bagian tertentu dari benang sebelum dicelup ke pewarna, kain ini memiliki motif yang begitu khas. Untuk harganya sendiri juga bervariasi, yaitu berkisar antara Rp200.000 hingga Rp4.000.000.

Cukli - Motif Hias dari Potongan Kulit Kerang

Cukli adalah potongan kulit kerang yang menjadi motif hiasan pada berbagai kerajinan kayu. Karena proses pembuatannya yang rumit dan juga motifnya yang unik, oleh-oleh khas ini banyak diminati oleh para wisatawan. Harganya sendiri dipatok mulai dari Rp350.000 per item tergantung jenis barang dan kerumitan motif.

Anyaman Ketak

Sebagai informasi tambahan, anyaman nyaman ketak adalah produk unggulan dari Desa Beleka, Praya Timur, Lombok Tengah. Mulai dari pajangan rumah hingga aneka tas, produk ini dijual dengan kisaran harga sekitar Rp15.000-an, tergantung jenisnya.

Dengan memilih rekomendasi oleh-oleh khas Lombok ini, tentunya Kawan tidak hanya membawa pulang kenangan indah dari liburan saja. Akan tetapi, Kawan juga bisa menghargai kekayaan kuliner dan kerajinan lokal asli Lombok yang yang begitu unik.

Sumber :
https://www.detik.com/bali/wisata/d-6375465/20-oleh-oleh-khas-lombok-yang-unik-dan-wajib-dibeli
https://www.selasar.com/oleh-oleh-khas-lombok/
https://kumparan.com/berita-hari-ini/daftar-oleh-oleh-khas-lombok-mulai-dari-makanan-hingga-suvenir-21kruoTH9CH/full
https://www.rukita.co/stories/oleh-oleh-khas-lombok#17_Keripik_ceker

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini