Indonesia Anugerahkan Tanda Kehormatan kepada Kepala Staf Angkatan Darat Italia

Indonesia Anugerahkan Tanda Kehormatan kepada Kepala Staf Angkatan Darat Italia
info gambar utama

Indonesia memberikan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Utama kepada Kepala Staf Angkatan Darat Italia. Acara Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Utama tersebut digelar oleh KBRI Roma di Ruang Garuda, Wisma Duta RI Roma (20/2).

Merujuk pada Kemdikbud, Bintang Kartika Eka Paksi Utama merupakan penghargaan yang diberikan kepada anggota korps di bidang militer Angkatan Darat yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa-jasanya yang luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan atau mengesampingkan tugas pokoknya.

Dalam hal ini, Letnan Jenderal Pietro Serino selaku Kepala Staf Angkatan Darat Italia dinilai memiliki jasa yang luar biasa terhadap kedua negara, Italia dan Indonesia. Letnan Jenderal Pietro telah menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan Indonesia, khusunya di sektor militer dan angkatan bersenjata.

RI Ekspor 500 Unit Bom Latih Produksi Malang untuk Militer Vietnam

Kerja Sama Indonesia – Italia di Sektor Angkatan Bersenjata

Kepala Perwakilan RI Roma (Kuasa Usaha ad Interim), Lefianna Hartati Ferdinandus yang menjadi perwakilan Pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa penyerahan tanda kehormatan ini menjadi simbol eratnya hubungan dan kemitraan Indonesia – Italia di berbagai sektor.

Utamanya di sektor militer yang memiliki hubungan baik antar angkatan bersenjata, ditandai dengan kegiatan saling kunjung antara pejabat tinggi angkatan bersenjata kedua negara.

Kunjungan dan pertemuan Kepala Staf TNI Angkatan Darat dengan Kepala Staf Angkatan Darat Italia pada 29 Mei 2023 lalu telah berhasil mencapai kesepakatan untuk menjalin kerja sama yang dapat ditingkatkan pada masa mendatang, di berbagai bidang yang potensial.

Pemberian tanda kehormatan ini juga merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo atas dukungan dan komitmen yang kuat dari Letnan Jenderal Serino terhadap peningkatan hubungan kerja sama angkatan bersenjata kedua negara.

Pemberian anugerah ini juga menandai pencapaian hubungan diplomatik antara Indonesia dan Italia yang pada 2024 ini telah berusia 75 tahun. Harapannya, kedua negara dapat terus menjalin ikatan persahabatan dan kerja sama konkrit yang semakin erat.

Menanggapi hal tersebut, Letnan Jenderal Serino menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Perwakilan RI di Roma, seraya menegaskan pentingnya hubungan Italia dan Indonesia yang selalu bercirikan kolaborasi kuat dan rasa saling menghormati yang mendalam.

TNI Bawa Kapal Korvet dan Heli Panther Latihan bareng 47 Negara di India

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini