RI Ekspor 500 Unit Bom Latih Produksi Malang untuk Militer Vietnam

RI Ekspor 500 Unit Bom Latih Produksi Malang untuk Militer Vietnam
info gambar utama

Indonesia berhasil mencatatkan ekspor 500 bom yang diproduksi PT Sari Bahari untuk Angkatan Udara Vietnam pada Agustus 2023 lalu. Bom berjenis P-100 Practice ini merupakan amunisi bom latihan untuk pesawat tempur.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (10/10), Direktur Utama PT Sari Bahari Ricky Hendri mengungkapkan bom tersebut digunakan sebagai alternatif untuk keperluan latihan rutin pilot tempur pesawat Sukhoi Su-30 Vietnam Air Defense Air Force (VDAF) atau Angkatan Udara Vietnam.

Hasil survei Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI menyatakan Bom P-100P merupakan bom latih dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 82,77 persen. Bom ini pertama kali diproduksi pada 2007, sebelum akhirnya dikembangkan bersama Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI AU.

Mengenal Defend ID, dan Impian Indonesia Jadi Pemain Penting di Industri Pertahanan Dunia

Kemandirian industri pertahanan

Sementara itu, Analis Kebijakan Madya Nir Militer Bidang teknologi di Direktorat Teknologi dan Industri Pertahanan di Kementerian Pertahanan, Kolonel (Tek) Anang Setiawan menilai ekspor Sari Bahari memiliki arti penting bagi Indonesia yang saat ini gencar memproduksi alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam negeri.

Capaian ekspor tersebut akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap industri pertahanan Tanah Air, khususnya soal bom. Sejauh ini terdapat 2014 industri pertahanan di Indonesia yang terdiri atas badan usaha milik negara maupun badan usaha milik swasta.

Kementerian Pertahanan menyatakan dukungannya untuk memajukan industri pertahanan dalam negeri melalui penerbitan regulasi kemandirian industri pertahanan. Sementara Sari Bahari, produsen alutsista ini disebut perlu mengembangkan bom untuk tipe tajam (live) sebagai langkah terobosan.

Dipilihnya alutsista Indonesia oleh pemerintah sosialis Vietnam bukan tanpa alasan. Atase Pertahanan RI untuk Vietnam, kolonel Laut Dian Tri Hutanto mengungkapkan bahwa bom latih buatan PT Sari Bahari telah sesuai dengan standar, di samping kerja sama pertahanan Indonesia dan Vietnam itu sendiri.

Kucurkan Rp67 Triliun, ini 5 Strategi Indonesia Perkuat Pertahanan dan Alutsista

Referensi:

Kompas.com. Industri Pertahanan dalam Negeri Ekspor 500 Ekspor 500 Unit Bom Latih untuk Militer. https://nasional.kompas.com/read/2023/10/07/16102821/industri-pertahanan-dalam-negeri-ekspor-500-unit-bom-latih-untuk-militer

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini