Nuriah, Perempuan Muda Asal Indonesia Cetak Juara MTQ di Iran

Nuriah, Perempuan Muda Asal Indonesia Cetak Juara MTQ di Iran
info gambar utama

Indonesia kembali menyabet piala dalam ajang MTQ atau Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat internasional. Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) merupakan festival atau ajang perlombaan dengan membacakan dan melafalkan Al Qur’an menggunakan metode-metode tertentu.

Indonesia menjadi salah satu negara yang hampir tidak pernah absen membawa pulang medali. Sejak bertahun-tahun lalu, delegasi Indonesia selalu membawa pulang juara di ajang bergengsi ini. Ajang MTQ ke-40 yang diadakan di Teheran, Iran pada 15 – 21 Februari 2024 kali ini, seorang perempuan asal Kalimantan menduduki peringkat ke-3 di dunia.

Nuriah Jurian Arga mendapat juara 3 kategori Hafalan Al-Qur`an 30 Juz Puteri pada The 40 Th IRI Holy Qur`an Competition in 2024 (MTQ Internasional IRAN ke-40).

Sabet Perunggu, Indonesia Bersinar Lagi di Ajang MTQ Internasional

Tahapan Nuriah Mencapai Iran

Jalan Nuriah mencapai Iran tidak mudah. Sebelumnya, ia harus melewati berbagai tahapan seleksi secara regional di Indonesia.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty mengatakan bahwa Nuriah telah melewati babak penyisihan secara daring pada September dan Desember 2023. Hingga akhirnya, ia lolos mencapai fase final yang digelar secara luring di Teheran.

“Nuriah ini memiliki dua hal. Dia juara MTQ Nasional di Kalsel, juga memiliki kriteria dengan standardisasi yang tinggi,” ujar Rijal.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin mengungkapkan bahwa raihan Nuriah di tingkat dunia ini dinilai menjadi indikator membaiknya sistem penyeleksian, penyelenggaraan dan pelaksanaan MTQ Nasional.

Membanggakan, Hafiz Cilik Asal Indonesia Tampil di MTQ Moskow!

Tidak mudah puas dengan prestasi tersebut, Nuriah yang baru berusia 20 tahun itu mengatakan bahwa dirinya akan terus belajar bahkan menargetkan dapat menyumbang juara di bidang lainnya.

“Saat ini lagi giat berlatih mendalami Ilmu Tafsir Alqur’an dan semoga pada cabang ini kembali bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Kalsel.” Kata Nuriah, dikutip dari Kemenag Kalsel.

Nuriyah merupakan perempuan asal Kabupaten Banjar yang saat ini masih menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Ia telah mencatat berbagai raihan di bidang MTQ, di antaranya

  • Juara 1 Golongan Anak-Anak STQ Nasional di Jakarta (2015)
  • Juara 1 MHQ 5 Juz dan Tilawah MTQ Nasional di NTB (2016)
  • Juara 1 MHQ 20 juz STQ Nasional di Maluku Utara (2021)
  • Juara Harapan 2 MHQ 30 juz MTQ Nasional di Banjarmasin (2022)
Indonesia Borong Piala di MTQ Internasional 2019

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini