Pemerintah Target Konser Ed Sheeran Beri Dampak Ekonomi Rp100 Miliar

Pemerintah Target Konser Ed Sheeran Beri Dampak Ekonomi Rp100 Miliar
info gambar utama

Musisi asal Inggris, Ed Sheeran, akan menggelar konser bertajuk Mathematics Tour di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (2/3/2024). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno berharap, acara ini dapat mendatangkan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Saya mengapresiasi karena PK Entertainment tahun lalu sukses dengan Coldplay. Sesuai janjinya di awal tahun langsung menggebrak lewat konser Ed Sheeran,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Sandiaga menargetkan jumlah penonton konser Ed Sheeran sebanyak 50.000 orang. Dengan begitu, maka dampak ekonomi bisa mencapai lebih dari Rp100 miliar.

"Tipikal spending wisatawan nusantara hingga 50 ribu penonton itu pengalihnya Rp2,7 juta, konservatif direct impact-nya Rp100 miliar lebih," tuturnya.

Spesial untuk Pecinta Jazz, Diana Krall Bakal Konser di Jakarta

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengungkapkan bahwa lokasi konser Ed Sheeran: Mathematics Tour 2024 yang awalnya di Stadion Gelora Bung Karno pindah ke JIS. Perpindahan itu terjadi lantaran GBK akan digunakan untuk persiapan pertandingan timnas Indonesia melawan Vietnam. Selain itu, Ed Sheeran ingin menghadirkan sensasi panggung 360 derajat ikonik dalam konsernya. Panggung 360 derajat itu pun menjadi yang pertama di JIS.

“Ini last minute pindah dari GBK ke JIS tentunya akan memungkinkan sebuah sensasi panggung 360 derajat yang ikonik,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Co-Founder dan COO PK Entertainment, Harry Sudarma, menyampaikan sejumlah persiapan konser Ed Sheeran. Dia bilang, panggung berkonsep 360 derajat itu sudah mulai dibangun sejak pekan lalu. Kemudian, demi kelancaran akses penonton menuju dan pulang dari JIS, pihaknya berkolaborasi dengan JIExpo dan Ancol untuk menyediakan area parkir tambahan. Di samping itu, bakal ada shuttle bus sebanyak 75 unit dari JIExpo dan 50 unit dari GBK.

Indonesia Ketiban Cuan Rp1 Triliun dari Konser Coldplay di Jakarta

“Untuk pembeli yang sudah membeli tiket sebelum diumumkannya perpindahan venue dan sudah telanjur booking hotel di dekat GBK dan lain-lain, kita sediakan shuttle dari GBK dan kita kerja sama dengan Blue Bird untuk menyediakan promo supaya bisa commute lebih nyaman dan JPO juga di JIS dari Ancol diaktifkan," jelas Harry.

Dia pun memaparkan kemungkinan dampak ekonomi secara langsung dan tidak langsung dari konser Ed Sheeran.

“Personel artisnya saja ada lebih dari 80 orang sehingga ada efek langsung ke hotel, katering, visa. Jadi, ini mungkin sudah menjadi dampak langsung. Dampak tidak langsungnya, kan, artis-artis dengan skala besar seperti Ed Sheeran harapannya pasti bisa memancing wisatawan yang mungkin tidak hanya lokal, tapi juga asing,” pungkasnya.

Konser Coldplay Picu Jumlah Penumpang MRT Terbanyak dalam Sejarah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini