Mudik Asyik BUMN Sedia Kuota 80 Ribu dan 200 Tujuan, Ini Cara Daftarnya

Mudik Asyik BUMN Sedia Kuota 80 Ribu dan 200 Tujuan, Ini Cara Daftarnya
info gambar utama

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI menggelar program mudik gratis dengan tema “Mudik Asyik bersama BUMN 2024”. Sebanyak 84 perusahaan induk dan anak usaha BUMN turut berpartisipasi menjalankan program ini.

Mudik Asyik 2024 punya kuota lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. BUMN siap memberangkatkan 80.215 pemudik secara gratis menggunakan tiga moda transportasi. Ada 1.225 unit bus berkapasitas 55.607 orang, 60 unit kereta api untuk 18.998 orang, dan 15 unit kapal laut berkapasitas 5.610 penumpang. Program mudik ini menyasar lebih dari 200 kota tujuan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Mudik bersama BUMN telah menjadi agenda rutin BUMN. Hal ini sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” tutur Menteri BUMN RI Erick Thohir di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Kemenhub Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024, Pendaftaran Mulai 4 Maret

Kementerian Perhubungan RI memperkirakan akan terjadi peningkatan pemudik sampai 22 persen pada musim lebaran tahun ini. Maka dari itu, untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Erick bersama BUMN memastikan semua persiapan program mudik 2024 berjalan dengan baik. Mulai dari penyiapan armada transportasi, pengaturan rute perjalanan, hingga fasilitas dan pelayanan memadai selama perjalanan.

“Kegiatan Mudik bersama BUMN dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan BUMN dalam rangka membantu masyarakat yang ingin melaksanakan mudik ke kampung halamannya,” timpal Deputi SDM, Teknologi, dan Informasi, Kementerian BUMN RI Tedi Bharata.

Di samping itu, Mudik Asyik kali ini menghadirkan pelayanan khusus bagi pemudik disabilitas. BUMN telah menyiapkan bus khusus yang dilengkapi dengan fasilitas ramah disabilitas. Upaya ini dilakukan BUMN demi memastikan bahwa semua pemudik tanpa terkecuali dapat menikmati perjalanan pulang kampung dengan nyaman dan tanpa hambatan. Program Mudik Asyik 2024 juga diharapkan dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan inklusif bagi semua pemudik.

Pendaftaran Mudik Gratis 2024 Telah Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Cara daftar Mudik Asyik bersama BUMN 2024

Pendaftaran Mudik Asyik bersama BUMN 2024 telah dibuka sejak 1 Maret dan hanya dilakukan melalui platform masing-masing perusahaan BUMN. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai syarat daftar, tanggal keberangkatan, dan hal lainnya, masyarakat dapat mengakses situs resmi atau akun media sosial perusahaan BUMN.

Masyarakat yang mengikuti Program Mudik Asyik bersama BUMN 2024 tidak akan dipungut biaya apapun. Silakan pantau perkembangan program Mudik Asyik di akun media sosial Kementerian BUMN RI.

Okupansi Capai 90%, Tiket Kereta Api H-7 Lebaran Hampir Ludes Terjual

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini