Kemenhub Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024, Pendaftaran Mulai 4 Maret

Kemenhub Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024, Pendaftaran Mulai 4 Maret
info gambar utama

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI kembali menggelar program Angkutan Mudik Gratis untuk Lebaran 2024. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, program ini tersedia melalui jalur darat, laut, dan moda kereta api.

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” kata Juru Bicara Kemenhub RI Adita Irawati di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Program Mudik Gratis Lebaran 2024 digelar Kemenhub RI untuk mengantisipasi lonjakan jumlah masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Adita mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor karena potensi bahaya kecelakaannya sangat tinggi.

“Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini,” tandasnya.

Begini Alasan Sebenarnya Orang Mudik, Rela Tempuh Jarak Jauh

Jadwal pendaftaran, kuota, dan tanggal keberangkatan

Jalur darat

Ditjen Perhubungan Darat akan mengadakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”. Pendaftaran program ini bakal dibuka pada 5 Maret—3 April. Masyarakat yang berminat bisa mendaftar melalui aplikasi Mitra Darat.

Selama arus mudik dan balik jalur darat, Kemenhub RI menyediakan 722 unit bus dengan kuota 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk mengangkut 900 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik darat akan dilaksanakan pada 5—7 April dan keberangkatan arus balik dilakukan pada 14—15 April.

Menilik Kembali Tradisi Mudik Zaman Dahulu

Jalur laut

Kemudian, Ditjen Perhubungan Laut siap menjalankan program "Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut". Pendaftaran akan dibuka pada 3—17 April dengan kuota 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor.

Kereta api

Terakhir, Ditjen Perkeretaapian (DJKA) akan menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api”. Tiket bisa dipesan mulai 4 Maret—18 April.

Untuk program mudik dengan moda kereta api, DJKA menyediakan kuota 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik kereta api akan dilakukan pada 2—8 April, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilangsungkan pada 13—19 April.

Okupansi Capai 90%, Tiket Kereta Api H-7 Lebaran Hampir Ludes Terjual

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini