Nasab Alawiyyin Habib Hasan: Garis Keturunan hingga Nabi Muhammad SAW

Nasab Alawiyyin Habib Hasan: Garis Keturunan hingga Nabi Muhammad SAW
info gambar utama

Kabar duka datang di awal Ramadhan tahun ini setelah salah satu ulama ternama di Indonesia, yakni Habib Hasan tutup usia pada Rabu, 13 Maret 2024 lalu di usianya yang ke 47 tahun.

Habib Hasan bin Ja’far Assegaf atau yang biasa dikenal dengan nama Habib Hasan merupakan salah satu ulama sekaligus pendiri Majelis Taklim Nurul Musthofa yang ada di Jakarta Selatan.

Lahir di Kramat Empang, Bogor, pada 2 Februari 1977, Habib Hasan merupakan putra sulung.

Selain dirinya, Habib Ja'far Assegaf memiliki tiga putera lainnya, yakni Habib Abdulloh bin Ja’far Assegaf, Habib Musthofa bin Ja’far Assegaf, dan Habib Sami bin Ja’far Assegaf.

Salah satu fakta menarik yang mungkin belum Kawan ketahui adalah Habib Hasan memiliki garis keturunan langsung kepada junjungan umat Islam di seluruh dunia, yakni Nabi Muhammad SAW.

Garis keturunan ini bisa diketahui dengan melihat Nasab Alawiyyin yang dimiliki oleh Habib Hasan.

Sebelum mengetahui garis keturunan Habib Hasan, yuk, ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Nasab Alawiyyin itu.

Apa Itu Nasab Alawiyyin?

Untuk memahami pengertian dari Nasab Alawiyyin, Kawan bisa mengetahui arti dari dua kata asalnya, yakni 'nasab' dan 'Alawiyyin'.

Kata nasab bisa diartikan sebagai pertalian kekeluargaan yang berdasarkan hubungan darah, baik ke atas, bawah, maupun samping.

Sementara itu, Alawiyyin merupakan sebutan bagi keturunan Nabi Muhammad SAW yang memiliki pertalian darah melalui Alawi bin Ubaidillah.

Kelompok Alawiyyin ini dikenal juga dengan sebutan Ba'lawi atau Bani Alawi yang berarti keturunan Alawi.

Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa pengertian dari Nasab Alawiyyin adalah garis keturunan yang memiliki hubungan pertalian darah langsung kepada Nabi Muhammad SAW melalui Alawi bin Ubaidillah.

Pencatatan garis keturunan ini dilakukan oleh organisasi Rabithah Alawiyah yang sudah ada di Indonesia sejak 1928 silam.

Nasab Alawiyyin Habib Hasan

Nasab Alawiyyin Habib Hasan © Instagram @hassan_jafar_umar_assegaf
info gambar

Berikut garis keturunan Habib Hasan hingga Nabi Muhammad SAW jika dilihat dari Nasab Alawiyyin yang dimilikinya.

Al-Habib Hasan bin Ja’far bin Umar bin Ja’far bin Syekh bin Segaf bin Ahmad bin Abdullah bin Alwi bin Abdullah bin Ahmad bin Abdurrahman bin Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi bin Ahmad bin Alwi bin Syekh Abdurrahman Segaf bin Muhammad Mauladdawilah bin Ali bin Alwi Guyur bin (Al-Faqihil Muqaddam) Muhammad bin Ali bin Muhammad Shohib Mirbath bin Ali Kholi Qosam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-uraidhi bin Ja’far Sodiq bin Muhammad Al-Bagir bin Ali Zainal bin Al-Imam Husein Assibit bin Imam Ali Karramallahu Wajhah suami Fatimah Al-Batul Az-zahra binti Sayyidina Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam.

Itulah Nasab Alawiyyin Habib Hasan hingga Nabi Muhammad SAW. Semoga pribadi Habib Hasan bisa menjadi panutan bagi Kawan semua.

Sumber:

  • Maulana Sukarya. Skripsi: Kepemimpinan Habib Hasan bin Ja'far Assegaf Dalam Upaya Mengembangkan Pemahaman dan Perilaku Akhlak Jama'ah Majelis Taklim Nurul Musthofa, (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2010).

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini