Sepak Terjang Dakwah Habib Hasan

Sepak Terjang Dakwah Habib Hasan
info gambar utama

Berita duka cita bagi umat muslim di Indonesia pada awal bulan Ramadhan ini. Habib Hasan bin Jafar Assegaf meninggal dunia di usianya yang ke-47 pada hari Rabu, 13 Maret 2024 kemarin.

Kabar tersebut diungkapkan juga oleh pihak keluarga melalui akun media sosial @habib_adcallah_bin_jafar.

“Berita duka cita. Telah wafat guru mulia kita Adda'iIllallah Al Mujahid Fi Sabilillah Akhinal Mahbub Al Habib Hasan Bin Jafar Assegaf pembina MajelisTaklim Nurul Mustofa Jakarta," ungkap akun tersebut.

Habib Hasan bin Ja’Far Assegaf merupakan sosok ulama dan tokoh agama Islam yang biasa dipanggil dengan sebutan Habib Hasan. Beliau lahir pada tanggal 26 Februari 1977 di Kramat Empang, Bogor.

Habib Hasan menempuh pendidikan awal dari ayahnya dan beliau juga belajar mengaji pada Syaikh Usman Baraja sewaktu kecil dan mempelajari ilmu-ilmu Islam pada ulama besar dan syaikh-syaikh lainnya sehingga beliau mepunyai bekal pengetahuan Islam mumpuni.

Beliau juga menempuh pendidikan seperti anak-anak umumnya dan kemudian melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di IAIN Sunan Ampel Malang.

Pada tahun 1977, Habib Hasan memulai dakwahnya di wilayah Sukabumi dan berhasil menarik minat jamaah-jamaah, kenudian setahun setelahnya beliau pergi berdakwah di wilayah Timor-Timor hingga lama kelamaan dakwah menjadi sesuatu yang utama dan penting bagi Habib Hasan.

Pada tahun 1999, beliau mulai menginjakkan kakinya di Jakarta untuk berdakwah, sejak saat itu, lama kelamaan jamaah Habib Hasan kian hari terus terus bertambah.

Tahun-tahun berlalu, Habib Hasan kemudian menikahi sosok perempuan yang merupakan seorang cucu putri keturunan Rasulullah SAW yaitu Syarifah Muznah binti Ahmada Al-Haddad (Al-Hawi) dan dikaruniai anak yairu satu orang putri dan enam orang putra.

Nasab Alawiyyin Habib Hasan: Garis Keturunan hingga Nabi Muhammad SAW

Jamaah Habib Hasan semakin lama semakin banyak dan akhirnya beliau mendirikan majelis yang dinamakan “Majelis Nurul Musthofa”.

Majelis Nurul Musthofa merupakan majelis yang mensyiarkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW serta mengenalkan pribadi Rasulullah SAW sebagai suri tauladan manusia.

Majelisi Nurol Mustofa hingga saat ini berhasilmenarik banyak jamaah kurang lebih sebanyak 50.000 orang untuk mengaji dan bersholawat Rasulullah SAW setiap minggunya.

Habib Hasan juga diketahui pernah berdakwah hingga ke Yaman, Abu Dabi, dan Arab Saudi.

Sepak Terjang Dakwah Habib Hasan memanglah bukan perjuangan yang mudah.

Ada banyak tantangan dan halangan yang harus dihadapi, tetapi hal itu tidak memutuskan semangat Habib Hasan.

Semoga pribadi Habib Hasan bisa menjadi panutan bagi kita semua.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FZ
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini