Mahasiswa Mulai Peduli Sampah, Ini yang Bisa Kita Lakukan

Mahasiswa Mulai Peduli Sampah, Ini yang Bisa Kita Lakukan
info gambar utama

Banyaknyaaktivitas yang dilakukan di kampus membuat para mahasiswamembutuhkanmakanan sebagaipenyumbangenergi. Ada beberapa dari mereka yang memilihuntukmembawabekaldarirumah. Namun, tidak sedikit juga yang tidaksempatuntuk membuatbekal di pagihari. Terutama para perantau yang hidupjauhdariorangtua.

Membelimakanan di kantin lazimnya merupakanpilihan para mahasiswaketikasedangmerasa lapar, entah sudah membawa bekal ataupun belum.

Kegiatanjualbelimakanan di kantinpastinya akan menghasilkanbanyak sampah plastik. Limbahyang dihasilkandarikegiatantersebutmerupakansalahsatu masalah yang ada di lingkungankampus. Setiaphari, pastiadasampah yang berserakan disekitarkantin atau tempat yang digunakanmahasiswauntuk berkumpul.

Seringkali, bekasmakanan yang sudah selesai dikonsumsiditinggalbegitusaja di atasmejaoleh para mahasiswa. Tempatsampah yang disediakanoleh pihak universitasjugaselaluterisipenuh. Bahkan cukup banyak yang tidaktertampungdanakhirnyatergeletak di sekitartempatsampahtersebut.

Fakta Menarik Aspal yang Terbuat dari 1000 Ton Sampah Plastik

Keadaansepertiiniakanmenjadilebihbaikjika kitabisalebihbijakdalamhalpengelolaansampah. Salahsatucontohnya adalah memilah ampas terlebihdahulusebelumdibuang.

Banyakmahasiswa yang langsungmembuangsampahtanpadipisahterlebih dahulu. Padahal, sebenarnyatempatsampah yang disediakan sudah ada 'fitur' pemilah sampah. Hal itumembuatsampah-sampah yang tadinyabisadiolahkembali agar menjadi sesuatu yang bergunamenjadikotordantidakbisa dimanfaatkanlagi.

Jikasampahsudah di pilahdariawal, limbah-limbah tersebutkemungkinanmasihbisa dimanfaatkan dan didaurulang. Contohnya, botolplastikbekas minumanbisa dimanfaatkanuntukbanyakjenis prakarya. Salah satukerajinanbotolplastik yang berguna adalah pot gantungatau tempatpensil. Mendaurulangsampahplastiksangat bergunauntukbumikarenaplastikmerupakan material yang membutuhkanwaktu lama untukterurai.

Selainmengolahsampahmmenjadibarang yang baru, solusi lain yang bisadigunakanadalahmembuat ecobrick. Pembuatanecobrickbukanlahsuatuhal yang sulit. Kita hanyaperlumengumpulkansampah-sampah yang sudahdibersihkankedalamsuatubotol plastik bekassampaiterisipenuhdanpadat.

Ecobrickininantinyabisadigunakanuntukmembuat kursiataupunmeja yang cukupkuat.

Memasukkansampahke bank sampahmerupakan alternatif lain jikakitatidakmemilikikemampuanatau waktuuntukmendaurulangsampah. Bank sampah menerima limbah-limbah kering keringsepertiplastik, kertas, logam, dankaca. Sampah-sampahtersebutnantinyaakan didaurulangmenjadibarang yang ekonomis. Di bank sampah,kitajugabisamenukarkan ampas yang sudah kitakumpulkan itu untuk menjadiuang.

Zero Waste Lifestyle, Bukan Hanya Soal Sampah Plastik

Mengurangipenggunaanbarangsekalipakaijuga merupakansalahsatuhal yang bisamembantuuntuk mengurangibanyaknyasampah. Membawabotolminum darirumahmerupakansatuhalkecil yang berguna.

Ketikamembawabotolminumisiulangsendiri, kita bisamenggunakannyauntukmembeliminuman. Denganbegitu, kitabisamengurangipenggunaan cup plastik sekalipakai yang biasanyadigunakan para penjual.

Tidakharuslangsungmengambillangkah yang besar. Hal-halkecil yang kitalakukannantinyajugaakan membuahkanhasiljikakitatekunmelakukannya.

Masihsedikitkesadaranwargakampusterhadap dampakburukdarisampah yang menumpuk. Oleh karenaitu, kitaperlumulaiuntukmenanamkan kesadaranpadadirikitasendiriuntukpeduliterhadap lingkungan.

Membiasakandiriuntukmelakukanhal-hal kecil yang akanmenghasilkansesuatu yang lebihbaik dikemudianhari.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini