5 Rekomendasi Wisata di Sekitar Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

5 Rekomendasi Wisata di Sekitar Danau Toba yang Wajib Dikunjungi
info gambar utama

Saat Kawan GNFI sedang berlibur ke Sumatra Utara, lazimnya Danau Toba sebagai pilihan destinasi tujuan utama. Namun, area ini bukanlah satu-satunya tempat wisata di provinsi yang menyimpan beragam keindah alam yang eksotis.

Masih banyak tempat wisata lain di sekitar Danau Toba yang tak kalah menarik juga, loh. Berikut 5 rekomendasi wisata di sekitar Toba yang wajib kalian kunjungi!

Bukit Siadtaratas

Dok Unsplash/dunia traworld.
info gambar

Bukit Siadtaratas berada di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Di sini, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan rerumputan hijau alami. Selain itu, pengunjung dapat melihat kecantikan Danau Toba dari atas bukit yang tak kalah memukau.

Medan Kotaku, Fakta Menarik Hingga Destinasi Wisata Ibukota Sumatra Utara

Kawan GNFI juga bisa melakukan kegiatan menarik seperti berkemah di Bukit Siadtaratas, menyaksikan matahari terbit atau terbenam, duduk bersantai sambil menikmati pemandangan dari atas bukit, dan kegiatan seru lainnya.

Namun, pengunjung disarankan untuk berkunjung di musim cerah, supaya dapat menyaksikan pemandangan dengan jelas.

Tiket masuknya pun relatif terjangkau, yakni Rp 10.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 15.000 per orang untuk akhir pekan atau hari libur. Hanya saja, tiket tersebut sewaktu-waktu bisa berubah.

Bukit Holbung

Danau Toba yang sudah dikenal banyak orang memiliki banyak sudut yang menawan, salah satunya Bukit Holbung. Dok. Wikimedia Commons/ Mahmur Marganti.
info gambar

Bukit Holbung terletak di Desa Holbung, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Bukit ini juga dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies oleh masyarakat setempat. Sebab, bentuk dan pemandangannya yang menyerupai bukit di serial yang sangat fenomenal, Teletubbies.

Untuk tiba di puncak bukit, Kawan GNFI membutuhkan waktu sekitar 10—15 menit. Maka, dipastikan memiliki stamina yang fit jika memang ingin berkunjung ke sini. Namun, akan terbayar dengan pemandangan yang memukau dan dapat melihat keindahan Danau Toba dari atas bukit.

Di sini, pengunjung juga bisa mendirikan tenda, lalu berkemah. Biasanya, di hari Sabtu dan Minggu, akan ramai pengunjung, baik dari domestik atau turis mancanegara. Harga tiket masuk ke sini sangatlah murah, hanya Rp 5.000 per orang.

Air Terjun Sitamurun

Lokasinya di dinding tebing Danau Toba, yang berada di Desa Sitamurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Air terjun Sitamurun sangatlah unik, karena airnya langsung mengalir dan turun ke Danau Toba.


Selain itu, terdapat nama lain dari Sitamurun, yang disebut sebagai Air Terjun Binangalom. Sejarah ini berasal dari bahasa Batak, yaitu binaga yang berarti sungai dan lom yang berarti air penyejuk. Sesuai dengan namamya, air terjun tersebut memang bersifat menyejukkan bagi siapa pun yang mengunjunginya. Untuk tiket masuknya, gratis. Namun, penyewaan kapal akan dikenakan tarif dengan harga yang cukup mahal.

Keindahan Danau Toba Tidak Boleh Dilewatkan, Danau Terbesar di Indonesia!

Air Terjun Efrata

Wisata satu ini tak jauh dari Danau Toba, maka tak heran jika Air Terjun Efrata ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Air terjun Eufrat memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang akan membuat pengunjung terpesona akan keindahan alamnya. Dari kejauhan, wisatawan sudah dapat merasakan keindahan panoramanya. Perjalanan dari tempat parkir menuju air terjun saja, pengunjung akan melihat hamparan sawah yang luas dan hijau.

Taman Eden 100

Ilustrasi taman. Dok. Unsplash/ LEONG YEE FOON
info gambar

Destinasi wisata terakhir ialah Taman Eden 100, berlokasi di Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Sebuah taman dengan konsep pesona alam yang indah di lahan seluas 50 hektare, serta terdapat 100 jenis pohon.

Destinasi satu ini, cocok bagi Kawan GNFI yang sedang mencari hiburan edukatif, tetapi juga menyukai petualang. Wisatawan dapat melakukan kegiatan menarik. Misalnya berkemah, mendaki gunung, meneliti fauna dan flora. Asyik, kan? Di sini, tersedia beberapa paket wisata yang dapat Kawan pilih, salah satunya paket wisata Andaliman.

Itulah beberapa destinasi pilihan yang dapat Kawan GNFI kunjungi saat berlibur di sekitar Danau Toba. Bagaimana Kawan? Apakah sudah menemukan destinasi menarik yang akan menjadi daftar kunjungan di hari libur nanti?

Mengintip Objek Wisata Jembatan Akar Berusia 1 Abad di Sumatra Barat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini