5 Varian Oleh-Oleh dari Kota Medan Spesial Lebaran yang Tak Terlupakan

5 Varian Oleh-Oleh dari Kota Medan Spesial Lebaran yang Tak Terlupakan
info gambar utama

Menjelang momen lebaran, salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan yaitu tradisi membawa oleh-oleh sebagai buah tangan. Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasaan kuliner yang bisa menjadi referensi untuk oleh-oleh saat lebaran.

Medan, salah satu kota di Sumatera Utara ini menjadi pusat kuliner dan surga bagi para pecinta kuliner. Di baliknya gemerlapnya kota Medan ini tersimpan beragam kekayaan kuliner dan warisan budaya yang melegenda dari generasi ke generasi.

Kuliner khas Medan memiliki beragam jenis, mulai dari varian manis hingga asin yang menggoda untuk disantap. Berikut 10 varian oleh-oleh khas Medan yang bisa jadi pilihan untuk momen lebaran.

Lima Makanan Paling Dicari Selama Ramadan di Pontianak

Bika Ambon

Siapa yang tidak mengenal kue tradisional yang manis nan memikat yang satu ini? Kue lembut berbahan dasar tepung terigu, santan, gula, dan telur ini memiliki aroma dan rasa yang unik. Selain itu, proses pembuatannya yang melalui fase fermentasi yang cukup panjang juga menjadi keunikan tersendiri untuk kuliner khas kota Medan yang satu ini.

Kue ini cocok dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh lebaran. Di mana setiap gigitan bika ambon akan mengingatkan kita pada kehangatan kota Medan.

Bolu Meranti

Selain bika ambon, Medan juga terkenal dengan Bolu Meranti. Bolu ini memiliki ragam varian rasa mulai dari cokelat, vanila, keju, dan sebagainya yang sangat lembut dan memanjakan lidah. Tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke Medan tak akan melewatkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Kenali Brem, Makanan Khas Madiun yang Tak Boleh Dilewatkan!

Kue Lapis Legit

Kue lapis legit adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan memikat. Dikarenakan keunikan rasa dan bentuknya, kue lapis legit ini hadir dalam berbagai acara dan perayaan khusus. Makanan ini sering kali dianggap sebagai simbol keberkahan dan kebahagiaan.

Di balik rasanya yang nikmat, kue lapis legit ini memiliki proses pembuatan yang cukup rumit dan memakan waktu yang cukup panjang. Sehingga diperlukan ketelatenan, keahlian, serta kesabaran untuk membuat kue tersebut dengan tekstur yang sempurna.

Sambal Andaliman

Selain memiliki kuliner dengan varian manis, Medan juga memiliki kuliner dengan varian gurih maupun pedas. Salah satunya yakni sambal andaliman. Sambal andaliman menjadi salah satu sambal khas dari Medan yang terkenal dengan tingkat kepedasan yang tinggi dengan aroma yang cukup khas yang berasal dari rempah andaliman.

Untuk membuat sambal andaliman digunakan beragam bahan seperti cabai rawit, bawang putih, bawang merah, garam dan juga andaliman. Andaliman ini merupakan rempah khas Sumatera Utara yang tumbuh di daerah pengunungan. Sambal tersebut cocok dijadikan sebagai santapan lebaran seperti soto, ikan bakar, ayam goreng, dan berbagai menu lainnya.

Kopi Sidikalang

Selain ragam kuliner makanan, Medan juga memiliki kuliner minuman yang harus kawan GNFI coba. Kopi Sidikalang adalah salah satunya. Kopi ini bercita rasa yang khas dan aroma yang menggoda. Biji kopi yang tumbuh di ketinggian hingga 1.400 meter DPL ini membuat kopi Sidikalang memiliki karakteristik yang unik.

Untuk membuat kopi sidikalang ini dilakukan proses pengolahan yang teliti, mulai dari pemilihan biji kopi dengan kualitas tertentu, proses pengeringan yang sesuai standar, dan juga proses pemanggangan yang tepat.

8 Makanan Khas Sumatra Utara, Ada Apa Saja?

Hal ini membuat Kopi Sidikalang cocok menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Medan untuk dibawa sebagai hadiah.

Itulah 5 varian oleh-oleh khas Medan yang bisa menjadi referensi bagi Kawan GNFI. Tertarik mencobanya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

W
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini