Mengenal Budaya Indonesia dengan Pesona Keunikannya, Keren

Mengenal Budaya Indonesia dengan Pesona Keunikannya, Keren
info gambar utama

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak keanekaragaman budaya unik. Budaya adalah suatu cara hidup berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keberagaman budaya. Keberagaman suku, budaya, bahasa, kebiasaan dan tradisi telah menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata budaya yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang ingin memahami kekayaan budaya Indonesia yang unik.

Perlu Kawan GNFI ketahui budaya-budaya yang ada di Indonesia adalah asli dan unik. Tidak ada negara lain yang memiliki kekayaan tradisi seperti yang dimiliki oleh Indonesia. Budaya unik di Indonesia itulah yang menjadikan istimewa.

Sebelum Kawan GNFI memahami keberagaman budaya unik yang ada di Indonesia, terlebih dahulu Kawan dapat memahami arti budaya itu sendiri.

Kata budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi dan akal). Kata ini diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris kebudayaan disebut culture yang berasal dari kata Latin colere yaitu mengolah atau mengerjakan.

Ritual Tiwah - Kalimantan Tengah

Upacara kematian tradisional suku Dayak Ngaju dan sub-suku Dayak lainnya di Kalimantan yang disebut Tiwah atau Tiwah Lale adalah suatu ritual penting dalam agama Kaharingan. Upacara ini dilakukan untuk anggota keluarga yang telah meninggal dan telah dikubur selama 7 hingga 10 tahun.

Tujuannya untuk mengantarkan roh leluhur ke alam baka dengan cara menyucikan lalu memindahkan sisa jasad dari liang kubur ke sebuah tempat yang dikenal dengan sebutan sandang.

Masih Ada, Begini Ragam Ritual Pemakaman Adat sebagai Budaya Unik nan Sakral di Indonesia

Kebo-Keboan - Banyuwangi

Kebo-Keboan
info gambar

Kebo-Keboan adalah upacara adat Banyuwangi di mana manusia yang memakai properti kepala kerbau. Tradisi ini telah berlangsung selama 300 tahun yang lalu dan dimulai pada abad ke-18, biasanya dilakukan pada awal bulan Suro dalam penanggalan Jawa.

Tujuannya adalah untuk menyampaikan rasa syukur atas hasil panen dan untuk memohon kelimpahan dalam panen tahun depan. Kerbau dalam tradisi ini memiliki makna simbolis sebagai kekuatan bagi petani dalam pertanian.

Mapasilaga Tedong - Toraja

Mapasilaga
info gambar

Mapasilaga tedong atau dikenal sebagai tedong silaga adalah tradisi unik dari Toraja. Dalam tradisinya dilakukan upacara pemakaman orang yang meninggal beberapa tahun sebelumnya yang disebut rambu solo. Mapasilaga tedong memiliki arti adu kerbau. Kerbau yang diadu biasanya berasal dari jenis tedong pudu dengan kulit dan tubuh hitam tanpa corak.

Setelah pertarungan, kerbau-kerbau tersebut disembelih dan dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang telah membantu proses pelaksanaan rambu solo.

Kengerian Debus, Tradisi Ekstrim dari Indonesia

Pasola - Sumba Barat

Pasola
info gambar

Pasola berasal dari kata sola atau hola yang berarti lembing kayu yang dilempar dari atas kuda oleh dua kelompok yang berlawanan. Ini merupakan permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu. Pasola adalah bagian dari upacara tradisional masyarakat Sumba Barat yang diadakan pada empat kampung, yaitu Kodi, Lamboya, Wonokaka, dan Gaura.

Dugderan - Semarang

Dugderan
info gambar

Upacara dugderan sebuah tradisi yang diadakan secara berkala di Semarang, biasanya dilakukan menjelang bulan puasa Ramadan. Salah satu aspek yang menonjol dari ritual ini adalah kehadiran warak ngendok, makhluk khayalan yang menyerupai kambing dengan kepala naga dan bertubuh bersisik emas.

Tabuik - Pariaman

Tabuik
info gambar

Upacara ini adalah bagian dari kebiasaan yang diadakan oleh masyarakat di Pariaman untuk memperingati Asyura oleh komunitas Minangkabau di pesisir Sumatra Barat. Istilah tabuik digunakan untuk merujuk pada prosesi membawa jenazah dalam upaacara tersebut. Setiap tahun, pada tanggal 10 Muharram dalam kalender Islam untuk memperingati kematian cucu Nabi Muhammad, yaitu Husein.

Tradisi Unik Nikah 'Malem Songo' Masyarakat Tuban, Jawa Timur

Makepung - Bali

Makepung
info gambar

Makepung yang dikenal sebagai bapalan Kerbau dalam bahasa Indonesia adalah sebuah tradisi yang tidak terkait dengan upacara peringatan atau perayaan khusus. Pada awalnya, tradisi unik ini merupakan permainan yang dilakukan oleh para petani saat istirahat dari kegiatan membajak sawah selama musim panen.

Namun, seiring berjalannya waktu minat yang meningkat dari berbagai kalangan membuat makepung menjadi salah satu atraksi budaya yang menarik perhatian wisatawan.

Debus - Banten

Debus
info gambar

Debus adalah seni bela diri yang bertujuan untuk memperlihatkan kemampuan luar biasa manusia. Praktik ini dianggap ekstrem karena menampilkan kemampuan seseorang untuk menjadi kebal terhadap senjata tajam, zat kimia berbahaya dan tantangan lainnya yang menantang serta meningkatkan adrenaline bagi penonton.

Karapan Sapi - Madura

Karapan Sapi
info gambar

Karapan sapi bermula dari kondisi tanah Madura yang tidak begitu subur untuk pertanian, sehingga penduduknya beralih profesi menjadi nelayan di pesisir dan peternakan sapi untuk membantu pertanian terutama dalam membajak sawah atau ladang. Upacara ini rutin digelar setiap tahun pada bulan Agustus dan September.

Karapan sapi merupakan ajang pesta rakyat dan budaya unik bahkan dianggap bisa menaikan status sosial seseorang.

Tradisi Buka Puasa Bersama, Simbol Solidaritas dan Kedermawanan

Kasada - Bromo

Kasada | Foto: Wikimedia Commons
info gambar

Budaya unik di Indonesia terakhir ada ritual Kasada, merupkan ritual tradisionnal masyarakat Tengger menyajikan persembahan kepada Sang Hyang Widhi setiap bulan Kasada hari ke-14. Ritual ini merupakan ungkapan rasa syukur dan doa untuk mendapatkan panen yang melimpah serta kesembuhan dari segala penyakit bagi masyarakat asli Tengger.

Referensi:

  • https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailTetap=11
  • https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailCatat=324
  • https://www.pasuruankab.go.id/isiberita/yadnya-kasada-suku-tengger-di-tosari-ikuti-larung-hasil-bumi-ke-kawah-gunung-bromo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

VR
KO
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini