Inilah Pesona 21 Desa Wisata di Sekitar Candi Borobudur

Inilah Pesona 21 Desa Wisata di Sekitar Candi Borobudur
info gambar utama

Desa wisata menjadi destinasi yang tumbuh dan berkembang sekaligus menjadi ciri unik pariwisata Indonesia. Inilah salah satu model yang berkembang di kawasan Destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP) Candi Borobudur.

Model wisata ini berbasis desa dan melibatkan warga dalam menggali keunggulan lokalitas. Di sekitar Candi Borobudur terdapat setidaknya 21 desa yang menggeliat mengiringi keberadaan candi tersebut.

Ada beragam potensi dengan kekhasannya masing-masing pada setiap desa di kawasan ini. Untuk mengenalinya lebih jauh, berikut perkenalan sekilas dengan 21 desa wisata, dilengkapi akun Instagram-nya masing-masing.

Pesona Wisata di Desa Wringinputih, Destinasi Tersembunyi sekitar Borobudur

1. Desa Bigaran

Desa wisata Bigaran terletak di Desa Bigaran yang berjarak sekitar 10 km dari Candi Borobudur. Warga Bigaran hidup bercocok tanam, mulai dari cabai hingga pohon mahoni dan jati. Selain potensi alam, produk lokal yang bisa dijumpai antara lain emping ketela, rengginang, dan criping telo.

Instagram: @desabudaya.bigaran

2. Desa Borobudur

Desa wisata Borobudur dikenal luas dengan produk kopi terbaik dari kaki Gunung Menoreh. Biji kopinya diolah dengan metode tradisional warisan leluhur. Jenis kopi yang tersedia, robusta maupun arabika. Itu sebabnya di desa ini bisa dijumpai banyak warung kopi.

Instagram: @desa.wisata.borobudur

3. Desa Bumiharjo

Bumiharjo menyajikan perbukitan Menoreh dan panorama alam yang menyegarkan. Hasil perkebunannya beragam, seperti sayuran, papaya, kelapa, jambu, rambutan, dan lainnya. Di desa ini ada Kampung Dolanan Nusantara, destinasi wisata hiburan dan edukasi buat anak-anak.

Instagram: @desa_budaya_bumiharjo

4. Desa Candirejo

Desa Candirejo juga menyuguhkan potensi wisata alam yang memikat. Di sini terdapat Waroeng Rejo, obyek wisata air di sekitar Kali Progo. Wisatawan yang suka tantangan, bisa berwisata rafting menggunakan gethek, sejenis rakit dari bambu, untuk menyusuri liku-liku jalur Sungai Progo.

Instagram: @candirejo.borobudur

5. Desa Giripurno

Di desa wisata Giripurno, wisatawan dapat air terjun yang tingginya tak lebih dari 100 m. Letak di sekitar perbukitan dan panorama yang indah. Pada pagi hari yang cerah, wisatawan dapat memandang Candi Borobudur dan gunung Merapi dilengkapi panorama sekitarnya yang eksotik. Wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Purworejo ini memberi iklim yang baik untuk mengembangkan (peternakan) kambing Etawa.

Instagram: @desa_budaya_giripurno

Pengembangan Baru Kawasan Wisata Borobudur, Makin Apik dengan Berbagai Daya Tarik

6. Desa Giritengah

Desa Giritengah agak unik dengan lokasi desa yang dikitari perbukitan yang seolah membentuk huruf U atau tapal kuda. Desa ini menorehkan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro (1825—1830). Beberapa lokasi persinggahan Pangeran Diponegoro masih terawat dan menjadi petilasan bersejarah.

Instagram: @desabudayagiritengah

7. Desa Karanganyar

Selain wisata alam yang menarik, desa Karanganyar dikenal dengan kerajinan atau produksi gerabah yang khas Borobudur. Jika berminat, wisatawan domestik maupun mancanegara bisa belajar membuatnya bersama pengrajin di desa tersebut.

Instagram: @desakaranganyarborobudur

8. Desa Karangrejo

Desa Karangrejo dikenal luas melalui obyek wisata Puthuk Setumbu tempat wisatawan menikmati matahari terbit. Destinasi viral sebab menjadi salah satu lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Selain itu, wisatawan bisa menjelajah Puthuk Cemuris, Sendang Widodaren, Sendang Puspitosari, dan Asam Pandawa Lima.

Instagram: @desaku_karangrejo

9. Desa Kebonsari

Warga desa Kebonsari dikenal sebagai penghasil cabai, ketela, pisang, rambutan, kacang panjang, dan lainnya. Makanan khas seperti gula jawa dan gethuk, bisa dijumpai di sini. Sementara itu, di desa ini berkembang kerajinan dari bahan bambu yang diolah menjadi oleh-oleh menarik.

Instagram: @desawisata_kebonsari

10. Desa Kembanglimus

Desa Kembanglimus merupakan desa wisata yang mengembangkan potensi wisata dengan dukungan teknologi digital, misalnya pemesanan tiket pesawat dan tiket kereta api. Fasilitas teknologi ini sekaligus mendukung kehidupan masyarakat desa Kembanglimus dan sekitarnya.

Instagram: @deswita_kembanglimus

11. Desa Kenalan

Desa Kenalan menempati lereng pegunungan Menoreh, berbatasan dengan Kabupaten Kulon Progo (Yogyakarta), dengan ketinggian 400 mdpl. Hamparan perkebunannya mencapai sekitar 22 Ha. Komoditas utama Desa Kenalan, salah satunya adalah pandan. Di sini wisatawan bisa membeli dan melihat proses pembuatan kerajinan berbahan dasar pandan.

Instagram: @desabudaya_kenalan

12. Desa Klipoh

Menilik sejarahnya, keberadaan Desa Klipoh berkaitan dengan perkembangan kerajinan gerabah. Itu sebabnya saat ini Desa Klipoh dikenal luas sebagai desa penghasil gerabah. Kegiatan pembuatan gerabah menjadi daya tarik khas yang bisa dinikmati oleh wisatawan di desa ini sambil berinteraksi dengan pembuatnya.

13. Desa Majaksingi

Desa Majaksingi menyuguhkan wisata alam yang eksotik dengan mata pencarian penduduk dari hasil alam. Lahan pertanian di desa ini memberi pemandangan tanaman padi, cabai, kunir, jahe, ketela, hingga kapulaga, albasia, jati, dan mahoni.

Instagram: @desabudaya_majaksing

14. Desa Ngadiharjo

Desa Ngadiharjo menghadirkan panorama bentang alam khas perbukitan Menoreh secara istimewa. Pegunungan Menoreh bisa dinikmati oleh wisatawan dari jarak relatif dekat. Itu sebabnya Ngadiharjo disebut-sebut sebagai desa yang menjadi Galeri Jelajah Menoreh. Panorama matahari terbit dan terbenam adalah suguhan istimewa di sini.

Instagram: @desabudaya.ngadiharjo

15. Desa Ngargogondo

Masyarakat desa Ngargogondo mengembangkan kreatifitas melalui kerajinan dan kesenian. Ngargogondo dikenal sebagai desa yang memberi perhatian pada usaha kerajinan Krombong Anyam Kepang sebagai cinderamata. Sementara untuk kesenian, dikenal sebagai 'Topeng Ireng' sebagai kepanjangan Tata Lempeng Irama Kenceng terutama untuk acara hajatan.

Instagram: @desawisata_ngargogondo

Sambut Hari Pariwisata Internasional, Borobudur Hadirkan Pengalaman Wisata Baru

16. Desa Sambeng

Selain pertanian dan perkebunan, warga desa Sambeng mengembangkan usaha industri rumah tangga, antara lain pembuatan emping telo. Proses produksinya masih tradisional. Sementara bentang alamnya menyuguhkan panorama cantik dan aneka tanaman sebagai mana pencarian warga Sambeng.

Instagram: @desawisatasambeng

17. Desa Tanjungsari

Desa Tanjungsari dihiasi panorama perbukitan Menoreh dan pesona alam yang menyegarkan. Warga desa hidup melalui pertanian dan perkebunan. Potensi pariwisatanya adalah wisata sejarah, sebab di Tanjungsari terdapat penemuan lima benda purbakala, antara lain arca Buddha terkait pemugaran Candi Borobudur pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Instagram: @desawisatatanjungsari

18. Desa Tegal Arum

Masyarakat desa Tegal Arum berkonsentrasi pada aktivitas pertanian dan perkebunan sebagai mata pencarian utama. Mereka menanam tembakau, cabai, rambutan, dan albasia. Kondisi alam desa yang alami menyuguhkan panorama yang memesona bagi wisatawan yang menyukai alam bebas.

Instagram: @desabudaya_tegalarum

19. Desa Tuksongo

Desa Tuksongo menghadirkan aktivitas wisata yang unik dan variatif, meliputi wisata seni, budaya, pendidikan, dan agrowisata. Keunikan desa wisata ini adalah mengombinasikannya dengan penerapan teknologi digital kekinian.

Instagram: @desawisatatuksono

20. Desa Wanurejo

Posisi desa wisata Wanurejo berada di antara kaki gunung Menoreh dan apitan sungai Progo dan sungai Sileng. Di desa ini terdapat Museum Gunoroso Pondok Tinggal. Di museum ini bisa dijumpai berbagai wayang khas Nusantara dan yang berasal dari luar negeri seperti Tiongkok, Kamboja, dan Turki.

Instagram: @wisata.wanurejo

21. Desa Wringinputih

Desa ini dikenal dengan tanaman bambu, sehingga mendukung perkembangan kerajinan yang menggunakan bahan bambu. Olahan secara tradisional ini menjadi daya tarik tersendiri, selain pesona alam berlatar perbukitan Menoreh.

Instagram: @desabudaya.wringinputih

Sumber:
https://balkondesborobudur.com/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini