Pesona Wisata di Desa Wringinputih, Destinasi Tersembunyi sekitar Borobudur

Pesona Wisata di Desa Wringinputih, Destinasi Tersembunyi sekitar Borobudur
info gambar utama

Mari kita berkenalan dengan Desa Wringinputih, sebuah destinasi tersembunyi yang mempesona. Tempat ini terletak hanya beberapa kilometer dari Candi Borobudur, salah satu keajaiban dunia. Tim KKN-PPM UGM berkesempatan melakukan pengabdian di desa ini.

Walaupun jaraknya dekat dari kawasan candi, desa tersebut masih menyimpan budaya tradisional. Secara bentang alam, desa Wringinputih pun masih sangat asri dan dikelilingi banyak vegetasi. Desa ini adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang merindukan ketenangan dari keramaian tempat wisata utama. Di sana, pengunjung bisa mengeksplorasi pesona wisata yang menyimpan keaslian budaya dan keindahan alam yang memukau. Berikut adalah lima pilihan destinasi rekomendasi TIM KKN-PPM UGM yang bisa kalian coba!

1. Balkondes Wringinputih

Balai ekonomi desa atau Balkondes Wringinputih terletak di Dusun Bojong, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur. Saat berada di balkondes ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah pegunungan Bukit Menoreh yang menjulang gagah di sebelah barat. Sedangkan di sebelah timur, tampak hamparan persawahan hijau yang menghampar luas.

Suasana tenang dan damai di balkondes ini menghadirkan kesempatan sempurna untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam Desa Wringinputih. Saat senja, pengunjung bisa melihat indahnya matahari terbenam di Balkondes Wringinputih ini.

Balkondes memiliki banyak fasilitas yang bisa dinikmati, seperti aula serbaguna, restoran, amphitheater, penginapan, wahana permainan paintball, jemparingan, dan lain sebagainya. Berkunjung dan berwisata ke Balkondes, sama artinya dengan turut serta berkontribusi pada perekonomian desa. Mari, datang dan nikmati keindahan Balkondes Wringinputih!

Kisah Mistis Perlintasan Mbah Ruwet hingga Dijaga Belasan Orang, Mengapa?
Desa Wringinputih cocok untuk liburan
info gambar

2. Wisata Kebun Kelengkeng

Edu Wisata Perkebunan Kelengkeng dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Wringinputih. Pengunjung dapat menikmati pengalaman memetik buah kelengkeng langsung dari pohonnya, sambil berkontribusi pada perekonomian lokal.

Suasana di perkebunan ini sangat asri dan segar. Karena pepohonan kelengkeng yang rimbun menawarkan naungan yang menyenangkan. Pengunjung bisa merasakan sensasi kenikmatan buah kelengkeng segar dan manis. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang proses perawatan kebun kelengkeng.

3. Borobudur Land

Taman wisata Borobudur Land menjadi salah satu alternatif menarik untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Taman ini menawarkan berbagai pilihan permainan dan wahana yang menyenangkan bagi semua usia. Lokasinya pun tidak jauh dari Candi Borobudur, akan tetapi wilayah di sekitarnya masih sangat asri dan sejuk.

Untuk pengunjung yang menyukai tantangan, terdapat perosotan panjang dan wahana spot foto yang menarik. Bagi yang ingin menikmati kesegaran, area permainan air dengan beragam permainan menyenangkan siap menyegarkan suasana. Pengunjung dapat merasakan kebahagiaan dan keceriaan bersama keluarga atau teman-teman di tempat ini.

4. Taman Parkir Al-Ikhlas Desa Wringinputih

Terletak strategis di pinggir jalan raya, taman parkir ini menawarkan lebih dari sekadar lahan parkir saja. Di sini, pengunjung bisa menemukan angkringan yang menjual beragam menu, tidak jarang pula ditemui pedagang kaki lima yang menjajakan jualannya. Seperti namanya, taman parkir memiliki beragam permainan seperti ayunan, jungkat jungkit, dan lain sebagainya.

Kisah Cinta Tragis yang Pisahkan Desa Golan dan Mirah di Ponorogo
Desa Wringinputih cocok untuk liburan
info gambar

5. Mangut Beong

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Desa Wringinputih tanpa mencicipi kuliner khasnya. Mangut Beong adalah tujuan kuliner yang wajib dikunjungi, menawarkan olahan ikan "beong" yang unik dengan cita rasa paduan santan pedas yang khas disebut 'mangut'.

Variasi mangut lele, mangut patin, dan mangut nila akan memuaskan selera dengan cita rasa autentik yang sulit ditemui di tempat lain.

Aneka mangut ikan di Desa Wringinputih
info gambar

Desa Wringinputih menyimpan pesona wisata yang menakjubkan dengan berbagai pilihan destinasi menarik untuk dieksplorasi. Dari keindahan alam di Balkondes Wringinputih, kenikmatan memetik buah kelengkeng di Edu Wisata Perkebunan Kelengkeng, hiburan seru di Borobudur Land, balon udara ikonik di Taman Parkir Al-Ikhlas, dan cita rasa kuliner khas di Mangut Beong.

Mitos Pengantin Dikutuk Jadi Batu hingga Larangan Nikah Antar Dua Desa

Pengunjung dapat menemukan pengalaman wisata yang tak terlupakan di Desa Wringinputih, yang tak hanya memikat hati, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mendekatkan diri dengan kekayaan budaya dan alam Indonesia yang mempesona. Selamat datang di Desa Wringinputih, destinasi tersembunyi yang akan merangkai kenangan indah dalam setiap langkah perjalananmu!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KB
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini