Jadi Destinasi Superprioritas, 7 Film Ini Lakukan Syuting di Danau Toba

Jadi Destinasi Superprioritas, 7 Film Ini Lakukan Syuting di Danau Toba
info gambar utama

Memiliki pemandangan yang luar biasa memanjakan mata, Danau Toba dipilih menjadi salah satu dari 5 destinasi wisata superprioritas oleh pemerintah Republik Indonesia. Hal ini ditandai dengan dilakukannya perbaikan infrastruktur di sekitar lokasi, sehingga Danau Toba nantinya dapat dijadikan destinasi wisata kelas internasional.

Tak hanya pemerintah yang getol mempromosikan tempat ini ke para wisatawan, para sineas film pun ikut ambil bagian dalam hal ini. Beberapa film Indonesia menjadikan Danau Toba sebagai lokasi syuting, sebab lokasinya yang indah dan cocok untuk jalan cerita yang diangkat dalam film tersebut.

1. Rokkap (2010)

Film ini menceritakan tentang Bow (Alex Abbad) yang jatuh cinta kepada Lingga (Kinaryosih), seorang pelukis yang tidak bisa melihat. Mereka bertemu ketika Bow yang merupakan fotografer asal Jakarta sedang melakukan pemotretan di Danau Toba, daerah asal Lingga.

Namun, kisah cinta mereka tak mendapat restu dari Ayah Lingga. Ditambah lagi, Bow saat itu masih memiliki kekasih yang tinggal di Bali, membuat hubungan mereka semakin rumit. Rokkap merupakan hasil kolaborasi dari 3 sutradara yaitu BM Joe, Ginanti Rona, dan Hendra Arifin.

5 Rekomendasi Wisata di Sekitar Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

2. Toba Dreams (2015)

Tak hanya ditampilkan dalam filmnya, tapi pemandangan Danau Toba sudah terpampang nyata ketika Kawan melihat poster film ini. Diangkat dari novel karya TB. Silalahi yang juga berjudul Toba Dreams, film ini bercerita tentang pensiunan tentara yang ingin menghabiskan masa tua di kampung halamannya yaitu Toba Samosir.

Namun, sang anak yang bernama Ronggur menentang keinginan ini dan memberontak karena ingin membuktikan bahwa pilihan dan ajaran Ayahnya salah. Ditambah lagi, kekasih yang dicintainya ternyata dijodohkan dengan pria lain, membuat hidup Ronggur semakin berantakan hingga ia memilih untuk menjadi mafia narkoba. Menggabungkan antara kehidupan gemerlap Jakarta dan ketenangan di Danau Toba, film ini berhasil memberikan banyak pesan positif dan nasihat hidup bagi hubungan antara Ayah dan anak.

Dibintangi oleh nama besar Indonesia seperti Vino G Bastian, Marsha Timothy, Mathias Muchus, Jajang C. Noer serta disutradarai oleh Benny Setiawan, Toba Dreams pun berhasil menyabet 5 penghargaan di beberapa festival film.

3. Cahaya Cinta Pesantren (2016)

Sama seperti Toba Dreams, Cahaya Cinta Pesantren juga diadaptasi dari sebuah novel. Film satu ini menceritakan tentang seorang anak nelayan di Danau Toba bernama Shila (Yuki Kato) yang terpaksa melanjutkan pendidikannya di pesantren. Di sana, ia menghadapi berbagai konflik mulai dari kesulitan beradaptasi dengan peraturan yang ketat, masalah persahabatan dan percintaan, bahkan hingga diancam akan dikeluarkan.

Beberapa scene di film ini menampilkan keindahan Danau Toba, seperti adegan Shila dan Ayahnya yang sedang mencari ikan saat langit di atas danau berwarna oranye. Ada pula pertandingan silat yang lokasinya sangat strategis, sehingga kita bisa menikmati pemandangan danau vulkanik terbesar di dunia itu dari atas.

Danau Toba Kawasan Memikat dalam Destinasi Pariwisata Superprioritas

4. Pariban: Idola Dari Tanah Jawa (2019)

Pariban: Idola dari Tanah Jawa menceritakan tentang pria Batak bernama Halomoan (Ganindra Bimo) yang telah sukses di Jakarta. Namun, ia dipaksa pulang oleh sang Ibu dan diminta untuk menikahi pariban atau sepupunya sendiri bernama Uli (Atiqah Hasiholan). Moan pun menuruti perkataan Ibunya dan pergi menemui Uli, hingga akhirnya tumbuh benih-benih cinta di antara mereka. Namun ternyata, Uli memiliki seorang sahabat sejak kecil yang juga menyukai gadis tersebut.

Dalam film ini, menampilkan kesederhanaan dan keseharian masyarakat di Pulau Samosir yang lokasinya berada di tengah Danau Toba.

5. Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Mendapat 2,8 juta penonton saat penayangannya, Menparekraf menyebut Ngeri-Ngeri Sedap berhasil mendongkrak kunjungan wisatawan ke Danau Toba. Pasalnya, hampir seluruh adegan di film ini diambil di sana. Film Ngeri-Ngeri Sedap menceritakan tentang sepasang suami istri yang tinggal di tepi Danau Toba. Mereka berpura-pura akan bercerai agar anak-anaknya yang sedang merantau mau pulang ke kampung halaman.

Beberapa adegan dalam film garapan Bene Dion Rajagukguk ini pun diambil di lokasi wisata terkenal seperti Bukit Holbung, membuat penonton terkesima melihat luasnya hamparan padang rumput yang hijau, ditambah Danau Toba dengan air berwarna biru di bawahnya.

6. Nariti: Romansa Danau Toba (2022)

Saat melihat judulnya, semua orang pasti langsung tahu di mana tempat yang dijadikan latar utama dari film ini. Mengisahkan tentang Riri (Zoe Jackson), seorang gadis yang tinggal di pesisir Danau Toba. Ia menjalin hubungan dengan teman sekolahnya bernama Jeffrey (Bastian Steel). Namun, selain hubungan yang tidak direstui orang tua, Riri juga ternyata menderita gagal ginjal akut dan harus menjalani operasi.

Di samping menjadi ajang promosi wisata Danau Toba, film ini juga dapat mengenalkan budaya Batak kepada remaja, agar mereka tidak melupakan adat-istiadat dari nenek moyang terdahulu.

Mengenal Danau Toba, Salah Satu Keindahan Indonesia yang Menakjubkan

7. Tulang Belulang Tulang (2024)

Memulai syuting pada Mei 2023, Tulang Belulang Tulang rencananya akan tayang tahun ini. Film ini bahkan sudah dipuji oleh Kemdikbud meski belum tayang di bioskop, karena jalan ceritanya yang unik dan mengangkat kebudayaan dan adat Batak Toba.

Tulang Belulang Tulang mengisahkan tentang sebuah keluarga yang ingin melaksanakan upacara Mangokal Holi yang merupakan tradisi pemindahan sisa tulang belulang dari leluhur yang sudah meninggal.

Namun dalam perjalanan, koper yang berisi tulang kakek buyut mereka hilang, padahal tetangga dan keluarga yang lain sudah menunggu dan siap untuk melakukan upacara adat di Danau Toba. Gak sabar ya, Kawan, menunggu film ini tayang di bioskop untuk tahu apakah mereka dapat menemukan koper berisi tulang-belulang itu?

Nah, itulah 7 film yang menjadikan Danau Toba sebagai lokasi syutingnya. Mana favoritmu?

Sumber :

  • https://hot.detik.com/premiere/d-1476309/rokkap-batak-dan-wajah-buruk-film-indonesia
  • https://batakcommunitycolorado.wordpress.com/2011/12/16/cuplikan-film-rokkap-2010/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Toba_Dreams#Penghargaan_dan_Nominasi
  • https://www.antaranews.com/berita/3531888/kemendikbud-film-tulang-belulang-tulang-cara-lestarikan-kebudayaan-ri

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini