Mengenal Danau Toba, Salah Satu Keindahan Indonesia yang Menakjubkan

Mengenal Danau Toba, Salah Satu Keindahan Indonesia yang Menakjubkan
info gambar utama

Kawan di sini ada yang sudah pernah belum berkunjung ke Danau Toba di Sumatera Utara? Di Danau Toba ada banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan. Menurut laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Danau Toba masuk ke dalam danau terbesar di negara Indonesia dan Asia Tenggara, Kawan.

Letak Danau Toba ada di tengah Provinsi Sumatera Utara. Danau ini merupakan kawah vulkanik, terjadi disebabkan hasil letusan supervulkan dari Gunung Toba yang sangat dahsyat berkekuatan Vulcanic Explotion Index (VEI) 8 terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu.

Pada waktu terjadinya erupsi gunung api purba, Toba telah melontarkan sebanyak 2.800 km kubik material vulkanik dan abunya menyebar sampai sejauh 9.000 km. Letusan supervulkan ini telah menyebabkan punahnya banyak makhluk hidup di Bumi. Hujan abu vulkanik tersebar ke seluruh dunia seperti Selatan Afrika dan India yang mengubah iklim dan menurunkan suhu bumi.

Danau Toba memiliki ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, serta titik terdalamnya mencapai lebih dari 505 meter. Fakta ini menjadikan Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di dunia dan danau terbesar di Indonesia.

Di tengah danau vulkanik terbesar di dunia, juga terdapat sebuah pulau yang berukuran lumayan besar bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir inilah Kawan, yang menjadi lambang keindahan Danau Toba yang juga sama-sama tempatnya berwisata.

Tingkatkan Potensi Pariwisata di Danau Toba, Toba Caldera Resort Dapat 2 Investor Baru

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dinikmati pada saat Kawan berkunjung ke Danau Toba. Destinasi liburan di Danau Toba yang kamu pilih karena mempunyai pemandangan yang luar biasa indah yaitu:

1. Museum Sejarah

Selain wisata alamnya yang sangat luar biasa indah, di sekitar Danau Toba ada 2 museum sejarah yang sangat kental akan pengenalan budaya suku Batak. 2 museum sejarah tersebut adalah:

a. Museum Tomok

Di Museum Tomok para pengunjung atau wisatawan bisa melihat-lihat rumah adat Batak Toba yang berusia ratusan tahun. Walaupun usianya sudah tua, rumah adat ini masih sangat kokoh dan aman dikunjungi.

b. Museum Huta Bolon

Pada museum ini terdapat ukiran-ukiran yang cantik dan bermacam-macam ornamen khas orang Batak.

2. Toko Oleh-Oleh Tradisional Khas Danau Toba

Di Danau Toba, ada juga Kawan, toko yang menyediakan oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh pengunjung. Ada banyak oleh-oleh khas Danau Toba yang dapat kamu beli seperti kaos khas Danau Toba, ulos, tas, dan pernak-pernik yang terbuat dari kayu asli.

3. Boneka Kayu Raksasa Sigale-gale

Adanya mitos terhadap boneka kayu raksasa Sigale-gale ini masyarakat lokal percaya boneka ini bisa menari sendiri tanpa adanya musik. Selain itu, orang banyak juga cerita tempat penyimpanan boneka kayu raksasa Sigale-gale ini di dalam peti.

Boneka kayu raksasa Sigale-gale juga seringkali dipakai dalam ritual upacara kematian keluarga di Pulau Samosir. Tarian Sigale-gale ini juga diyakini akan membawa roh ke tempat keabadian yang baik.

4. Pemandian Aek Rangat

Pada pemandian air panas ini, para wisatawan bisa memilih-milih tingkat kepanasan air yang seperti apa. Pemandian air panas ini perpaduan dari cantiknya tanah belerang Pusuk Buhit dan Danau Toba. Sumber Aek Rangat didapat dari bukit kawah yang airnya berwarna kuning kehijauan disebabkan tanaman lumut alami.

The Kaldera Toba Nomadic Escape, Destinasi Wisata Romantis

Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di Indonesia salah satunya Danau Toba ini. Dengan mengenal tempat wisata di Indonesia membuat kita makin tahu Indonesia termasuk negara yang kaya akan wisata alamnya, siapa saja bisa datang langsung menikmati bersama teman, keluarga atau siapa saja.

Setelah mengenal Danau Toba yang sangat menakjubkan pemandangannya yang menyegarkan mata dan pikiran, Kawan tentu tidak menyesal apalagi sudah datang langsung ke Danau Toba dijamin Kawan akan ketagihan untuk datang lagi.

#WritingCamp

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini