Umbul Pelem Waterpark, Tempat Wisata Air di Klaten Pembawa Rejeki Nomplok bagi Warga Lokal

Umbul Pelem Waterpark, Tempat Wisata Air di Klaten Pembawa Rejeki Nomplok bagi Warga Lokal
info gambar utama

Klaten punya tempat wisata air bernama Umbul Pelem Waterpark yang belakangan ramai dibicarakan.

Umbul Pelem Waterpark jadi perbincangan karena statusnya sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang pengelolaannya sangat baik. Pendapatan yang diraih pun dinikmati oleh seluruh warga lokal.

Awalnya, ramai diberitakan bahwa Pemerintah Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, membagikan uang tunjangan hari raya atau THR kepada warganya sebesar Rp400.000 per keluarga. Nah, uang THR itu bersumber dari pendapatan asli desa (PAD) berupa pemasukan Umbul Pelem.

Lantas, seperti apa Umbul Pelem itu?

Menjelajah Langit Nusantara dengan Kereta Gantung TMII

Mengenal Umbul Pelem

Umbul Pelem berlokasi di Jl. Tegalgondo-Janti. Dari pusat kota Klaten, jaraknya sekitar 27 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 36 menit. Selain itu, tempat ini juga cukup dekat dengan Kota Solo karena hanya berjarak 24 kilometer.

Meski baru belakangan ini ramai dibicarakan, Umbul Pelem sebetulnya sudah eksis sejak puluhan tahun silam. Pada 2018, Umbul Pelem hadir dengan wajah baru setelah direnovasi besar-besaran.

Sebagai waterpark, sudah tentu Umbul Pelem menyajikan kolam renang berukuran besar sebagai daya tarik utamanya. Spesialnya lagi, air yang digunakan bersumber dari mata air alami dan tidak dicampur dengan kaporit, demikian sebagaimana dicatat dalam situs resminya.

Dengan sumber air alami, aliran air Umbul Pelem pun tidak pernah berhenti. Ini membuat air di sana selalu dikuras dan berganti sehingga kualitasnya senantiasa terjaga.

Kolam di Umbul Pelem punya kedalaman yang beragam, mulai dari 50 cm hingga 2 meter. Dengan demikian, Umbul Pelem cocok dikunjungi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Di samping kolam renang, ada pula wahana lainnya. Misalnya, ada flying fox, kolam terapi ikan, serta permainan perahu atau kano.

Tak ketinggalan, Umbul Pelem menyediakan restoran. Bagi para pengunjung yang ingin mengisi perut, Umbul Pelem siap menyediakan aneka santapan nan lezat.

Masyarakat yang ingin berkunjung ke Umbul Pelem bisa datang pagi-pagi sekali. Sebab, tempat ini sudah buka mulai pukul 05.00 dan tutup pada pukul 16.00.

Untuk tiket masuknya, pengunjung juga tidak perlu khawatir kantong bolong karena harganya sangat terjangkau, yakni hanya Rp 8ribu pada hari kerja dan Rp10 ribu pada akhir pekan.

Kawan GNFI tertarik berkunjung dan menikmati segarnya air Umbul Pelem?

Bikin Bangga! Dancing Fountain Tirta Cerita TMII Masuk 5 Air Mancur Terbaik di Dunia

Referensi:

  • https://umbulpelem.com/
  • https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/artikel/wisata-umbul-pelem-sensasi-berenang-di-mata-air-alami

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini