Pemerintah Singapura Buka Beasiswa untuk Pelajar SMP dan SMA di Indonesia

Pemerintah Singapura Buka Beasiswa untuk Pelajar SMP dan SMA di Indonesia
info gambar utama

Pemerintah Singapura melalui Kementerian Pendidikan setempat membuka kesempatan kepada pelajar dari ASEAN untuk menempuh pendidikan setara SMP dan SMA di sasna. Setiap penerima beasiswa (awardee) nantinya wajib mengikuti kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Singapura.

Para awardee tak hanya menerima pelajaran di dalam kelas saja, karena mereka juga akan diberi kesempatan untuk memperluas wawasan dan mengembangkan keterampilan penting seperti kepemimpinan (leadership), komunikasi, dan bermacam keterampilan hidup (lifeskill) lainnya.

Kementerian Pendidikan Singapura mewajibkan kepada seluruh calon pelamar beasiswa belajar gratis di SMP-SMA negara pulau itu untuk mahir (proficient) berkomunikasi dalam bahasa Inggris, telah mengikuti ujian sekolah, dan memiliki catatan prestasi yang baik dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Selanjutnya, setiap penerima beasiswa nantinya akan menerima sertifikat A-Level GCE Singapore-Cambridge sebagai penanda bahwa mereka telah layak mengikuti pendidikan di Singapura. Karena itu, mereka nantinya wajib mengikuti ujian GCE Singapore-Cambridge O-Level dan A-Level

Program Beasiswa Unggulan 2024 Segera Dibuka, Apa Saja Persyaratannya?

Apa saja yang didapatkan dan bagaimana perysaratannya?

Kementerian Pendidikan Singapura juga telah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang sebagai penghargaan kepada awardee seperti akomodasi asrama, menerima tunjangan tahunan dan tunjangan menetap yang besarannya ditentukan kemudian, tiket pesawat pulang-pergi untuk kelas ekonomi, biaya sekolah, biaya ujian GCE Singapore-Cambridge O-Level dan A-Level. Penerima beasiswa juga bakal mendapatkan tunjangan kesehatan bersubsidi serta perlindungan asuransi kecelakaan.

Beasiswa ditawarkan untuk Secondary 1 yang berlaku bagi pelajar kelas 6 Sekolah Dasar atau kelas 1 SMP untuk masa sekolah selama 6 tahun. Pada Secondary 1 ini, hanya pelajar kelahiran 2 Januari 2016 hingga 1 Januari 2013 saja yang bisa melamar beasiswa.

Sedangkan beasiswa berikutnya diberikan untuk tingkatan Secondary 3 atau bagi pelajar kelas 2 dan kelas 3 SMP dengan masa pendidikan selama 4 tahun. Syaratnya, para kandidat adalah kelahiran 2 Januari 2008 hingga 1 Januari 2011.

Lalu apa saja persyaratannya untuk bisa mengikuti beasiswa khusus pelajar ASEAN dari Kementerian Pendidikan Singapura tersebut? Berikut ini selengkapnya:

  1. Menyiapkan nilai rapor sesuai tingkatan pendidikan yang akan diikuti.
  2. Data diri pelajar dan orang tua.
  3. Sertifikat pernah mengikuti organisasi kesiswaan.
  4. Sertifikat pernah menjuarai suatu lomba (jika ada).
  5. Dokumen yang menunjukkan hasil nilai ujian sekolah.
  6. Catatan keaktifan pelajar di kegiatan ekstrakurikuler.

Untuk jadwal lengkap tahapan beasiswanya yaitu:

  • Pendaftaran: 15 Februari--25 April 2024
  • Tes Akademik: Juni 2024 (waktu ditentukan kemudian)
  • Tes Wawancara: Juli 2024 (tentatif)
  • Pengumuman awardee: September 2024
  • Mulai sekolah: November 2024.

Seluruh pelamar beasiswa bertajuk Ministry of Education Singapore Tuition Grant and Scholarship (TG&S) ASEAN Scholarship 2024 tersebut diwajibkan melakukan registrasi secara daring. Terkait panduannya bisa dibuka di sini.

Sebagai catatan, Kementerian Pendidikan Singapura akan menggelar tes dan wawancara kepada pelamar yang lolos seleksi berkas di empat kota yaitu Jakarta, Bandung (Jawa Barat), Surabaya (Jawa Timur), dan Medan (Sumatra Utara).

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini