Seusai Libur Lebaran Malah Stres? Kenali Post Holiday Blues, yuk!

Seusai Libur Lebaran Malah Stres? Kenali Post Holiday Blues, yuk!
info gambar utama

Libur lebaran telah usai. Momen sukacita di Hari Raya Idulfitri telah terlewati. Setiap yang mudik sudah mulai kembali. Beragam aktivitas sudah kembali digeluti. Namun, ternyata tidak semua orang bisa menyambut berakhirnya libur lebaran dengan hati riang dan gembira.

Ada loh, sebuah fenomena saat seseorang merasa sedih dan takut karena usainya libur lebaran. Fenomena ini disebut sebagai post holiday blues.

Post holiday blues terjadi ketika seseorang merasakan perasaan stres, resah, sedih, dan cemas serta kelelahan karena usainya libur yang menyenangkan dan harus kembali ke rutinitas normal.

Holiday Blues: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Usainya libur lebaran yang semestinya menjadi sumber kebahagiaan, berubah menjadi sumber kesedihan bagi sebagian orang karena perasaan resah, cemas, kesepian, dan tertekan yang dirasakan. Perasaan ini biasanya muncul tidak pandang bulu alias bisa siapa saja mengalami postholiday blues.

Jadi, apa yang kamu rasakan setelah libur lebaran tahun ini? Kalau kamu merasa terbebani dengan usainya periode libur lebaran yang membahagiakan atau kamu belum mengerti benar apa yang kamu rasakan, berikut 4 strategi untuk kamu untuk menghadapi postholiday blues. Biar Kawan bisa kembali menjalani rutinitas seharusnya dengan sukacita.

Menerima Apapun Perasaan yang Mampir ke Hati

Inilah kunci pertama yang harus kamu lakukan. Perasaan itu adalah bagian dari diri kamu. Di manapun dan kemanapun, perasaan kamu akan selalu lekat dalam diri kamu. Apapun itu yang kamu rasakan, terima saja, karena itu valid dan normal. Pun bisa terjadi pada siapa saja. Ingat-ingat juga, tidak ada benar dan salah tentang merasakan apapun itu.

Kamu bisa mengucapkan mantra-mantra pendukung atau biasa disebut dengan afirmasi positif.

Misalnya, “tidak apa-apa. Ini akan segera berlalu. Sedih yang aku rasain, cemas, stres juga resah adalah sementara dan semua akan berlalu segera,”atau dengan kalimat “it’s okay. Everything’ll be okay. This too shall pass,” dan lain-lainnya. Terima semua perasaan yang mampir ke hati dengan lapang dada agar kamu bisa merasakan legawa.

Liburan Lebih Panjang, Phuket Terapkan Sistem Baru secara Daring untuk Perpanjangan Visa

Meluangkan Waktu untuk Diri Kamu Sendiri (me-time mode on)

Selanjutnya yang penting dilakukan, kamu perlu meluangkan waktu buat diri kamu sendiri. Rawatlah diri sendiri baik fisik maupun mental. Di saat seperti ini, kamu bisa manfaatkan buat aktivitas yang kamu suka atau ingin dicoba. Mulai dari sekadar rebahan, yoga, meditasi, main game, scrolling sosial media, baca buku, nonton film, atau apapun aktivitas me-time, just do it!

Kegiatan merawat diri ini bisa membantu kamu mengurangi stres dan bisa meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh sehingga kamu bisa terbebas dari post holiday blues.

Olahraga dengan Rutin dan Tidur Berkualitas

Biasanya, libur lebaran adalah waktu andalan untuk begadang dan makan berlebihan. Olahraga jarang serta dikombinasi dengan jam tidur berantakan adalah perpaduan yang akurat menciptakan bom waktu untuk kualitas kesehatan yang menurun.

Ingat dengan istilah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.” Mengacu dari istilah tersebut, Kawan GNFI perlu menerapkan pola hidup sehat termasuk di dalamnya olahraga rutin dan jam tidur berkualitas biar post holiday blues tidak menyapa kamu.

Sebab, jika kita kurang tidur akan berisiko membuat stres lebih tinggi dan emosi-emosi lain seperti sedih akan mudah kamu rasakan.

Selain itu, dengan pola makan yang cukup rusuh saat libur lebaran, olahraga rutin menjadi penting dilakukan. Meskipun ada rasa malas hadir, jangan biarkan ia menguasaimu.

Karena, jika membiarkan rasa malas menguasai justru akan membuat suasana hati kamu semakin carut-marut. Kamu pastinya tidak mau hal itu terjadi, kan? Jadi, Kawan GNFI perlu menerapkan olahraga rutin dan tidur dengan jam tidur berkualitas agar terbebas dari post holiday blues.

Monday Blues: Fenomena Stres Kembali Bekerja di Hari Senin

Nah, sekarang Kawan sudah paham bagaimana agar terbebas dari post holiday blues bukan? Terapkan strateginya juga, ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini